Jam Tangan MICRO BRAND VS MAINSTREAM BRAND ?? Pilih mana ??

HALOO BROOO

Hari ini gua keluar dahulu dari zona review, dan yang bakal gua bahas kali ini adalah satu topic yang lumayan sering ditanyakan sama subscriber gua, apa bedanya jam tangan microbrand dengan mainstream brand atau macrobrand terus apakah gua harus memiliki microbrand atau mainstream brand??. Nahh makanya di pembahasan kali ini gua bakal bahas langsung aja ua bakal ambil dari beberapa sudut pandang biar kalian bisa punya beberapa alternative alasan kenapa kalian harus memilih jam tangan microbrand ataupun jam tangan macrobrand.

 

Tapi sebelumnya gua harus mendefinisi microbrand & mainstream brand biar kalian paham dari awal, jam tangan microbrand adlah jam tangan yang didesign atau diproduksi oleh erorangan atau pun perusahaan skala kecil yang independent tidak terikat leh satu perusahaan atau group perusahaan lain apapun, perusahaannya Cuma ikelola oleh beberapa orang dalam satu tim atau perusahaan kecil dan skala produksinya pun terbatas sekitar 300-2000 pcs dalam satu tahun nahh embahasan detil tentang sejarah microbrand dan perkembangannya itu udah pernah gua bahas dipembahasan sebelumnya yaitu sejarah & fakta jam tangan microbrand. Sedangkan mainstream brand atau macrobrand adalah merk jam tangan yang diproduksi oleh perusahaan skala besar atau dimiliki oleh group perusahaan berskala besar dan pastinya skala produksinya pun juga sangat besar puluhan atau mungkin ratusan ribu dalam setahun, untuk bagian ini contohnya gampang ada merk SEIKO, CITIZEN, OMEGA, ROLEX, dll kalian bisa ambil contohnya dengan mudah karena memang merk ini adalah merk yang sudah sangat familiar yang sering kalian dngar.

 

Oke gua lanjut lagi, sebelum kalian memutuskan apakah kalian harus beli MICROBRAND atau jam tangan MAINSTREAM BRAND gua coba kasih 3 point utama yaitu yang kalian bisa jadikan pertimbangan yang pertama adalah

  • Pahami ide dan konsepnya.
  • Spesifikasi berbanding harga.
  • Target pasarnya.

 

Gua ambil contoh dari orang lain, yang masih temen gua juga temen gua ini line up koleksinya kurang lebih irip mirip padahal kita berdua tidak pernah janjian, tidak pernah saling ngasih advance dll coba bisa dilihat ada satu atau dua yang luxury swiss brand omega, lalu ada juga beberapa dive watch dari japan dimedium range dan beberapa microbrand nahh jadi jelas sekali memaang target pasar dari industry microbrand ini adalah bukan pemula, buka orang yang tidak tahu dunia jam tangan, dan bukan rang orang yang berorientasi fashion watch. Makanya saran gua secara pribadi adalah pertama alau kalian sama sekali tidak mendalami dunia horology atau tidak mau tau dan menilai jam tangan sebagai kebutuhan fashion semata jangan eli jam tangan microbrand, bahkan jam tangan mainstream brand tidak perlu, cari yang fashionable ovodable yang bisa ganti setiap hari, yang kedua kalau kalian pemula dalam dunia horologi dan mau beralih dari fashion watch ke mechanical watch, saran gua adalah pilih mainstreambrand karena itu akan lebih memudahkan kalian dalam branding didiri kalian atau atas jam tangan yang kalian pakai kalau temen kalian nanya jam tangan lu apa broo? Lalu kalian jawab SEIKO SKX broo abis itu titik, kalian tidak perlu lagi menceritakan tentang Seiko karena semua orang udah tau. Lalu saran gue yang ketiga adalah kalau kalian pemula dan pengen beda dari yang lain yaaa boleh lahh kalian mencoba jam tangan microbrand tapi kalian harus diskusi dulu sama ahlinya karena tidak semua jam tangan microbrand juga bagus dan sesuai dengan kriteria untuk pemula kalau udah oke kalian bersiaplah untuk menceritakan merk jam tangan microbrand yang kalian beli karena tidak akan anyak orang yang tau. Kemudian saran gua yang kempat adalah kalau kalian ada di level watch enthusiast microbrand sangat lahh layak untuk diperhitungkan spesifikasi tinggi harga bagus dan ada yang bisa kalian ceritakan dari jam tangan klian sebagai topic obrolan dengan temanteman selain itu gua saranin belinya beberapa merk mainstreambrand seperti SEIKO dikelas diver yang punya history kek misalkan SEIKO SKX, CITIZEN PRO MASTER ORIENT MACRO, dll. Dan saran gua yang terakhir adalah kalau kalian sudah berada dilevel high and swiss luxury brand sebenernya gua gabisa ngomong banyak tapi jam tangan microbrand yang bagus menurut gua perlu kalian perhitungkan untuk menyegarkan koleksi kalian banyak kok diluar sana yang trendnya seperti itu.

Oke broo gua rasa segitu aja dulu pembahasan gua kali ini semoga pembahan kali ini bisa kasiih kalian gambaran apa perbedaan prinsip antara microbrand denagn mainstream brand dan selain itu juga bisa memberikan kalian guidens untuk memutuskan yang mana yang harus kalian beli dilevel horology kalian, dan gua pribadi suka microbrand dan macrobrand dan semua itu tergantung kalian.

 

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk SOAL JAM TANGAN KAYU ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI