CREATE YOUR OWN BRAND

Saat ini, microbrand watches sudah menjadi sebuah industri dengan skala yang sangat besar. Dengan dibantu oleh banyak platform crowdfunding seperti Kickstarter, Indiegogo dan lain-lain, yang pada akhirnya berhasil menarik para creator untuk membuat merk jam tangan mereka sendiri, bersaing di pasar microbrand dunia dengan berbagai konsep. Mereka datang dari berbagai negara; Amerika, Eropa, Asia, Australia dan lain-lain. Namun jarang sekali creator jam tangan dari Indonesia yang mencoba bersaing di pasar dunia, karena memang tidak semudah yang dibayangkan untuk bisa membuat sebuah merk jam tangan. Banyak hal yang harus di pikirikan, di konsep dan diperhatikan dari sejak pembuatan design, technical drawing, 3D development, prototyping hingga produksi. 

Kendala terbesar yang dihadapi khususnya oleh kita di Indonesia adalah:

  • Keterbatasan watch designer yang mampu membuat sebuah konsep design jam tangan. Tentunya ini merupakan sebuah proses yang paling penting sebelum melangkah ke proses berikutnya. Tanpa sebuah design, tidak mungkin factory mampu memproduksi jam tangan.
  • Keterbatasan 3D developer yang khusus mampu membuat real texture jam tangan. Karena hal ini, pada akhirnya kita harus outsource ke pihak lain di luar Indonesia. Dan ini tidaklah murah disamping kesulitan sinkronisasi komunikasi untuk menyelaraskan konsep yang diinginkan.
  • Tidak ada atau kurangnya akses ke factory atau manufacturer. Rata-rata microbrand diproduksi di China atau Hong Kong. Dan untuk menemukan mereka, saat ini relatively mudah di era social media ini. Namun, untuk bisa mendapatkan manufacturer yang berkualitas tidaklah mudah. Benar-benar harus menemukan manufacturer yang komunikatif, capable, reliable, dan memiliki flexibilitas jumlah produksi dan harga yang relatively masuk akal.
  • Indonesia tidak bisa menjadi creator di mainstream crowdfunding platform seperti Kickstarter, Indiegogo dan lain-lain. Untuk sekedar mendaftar sebagai member saja, tidak masalah. Tapi untuk menjadi kreator, sayang sekali kita dari Indonesia tidak bisa. Harus memiliki perusahaan atau rekening bank di negara-negara yang terdaftar di platform tersebut. Sehingga diperlukan sebuah payung untuk bisa berada di platform-platform tersebut.
  • Kesulitan terkoneksi dengan mainstream youtube reviewer maupun watch publisher di luar Indonesia. Keterbatasan bahasa adalah salah satu kendala, namun lebih dari itu, untuk melakukan riset media exposure di luar sana juga tidaklah mudah.
  • Kebijakan import dan export yang tidak bersahabat. Kita harus akui, di Indonesia tidak semudah di negara-negara yang sudah maju. Import sebuah barang terutama jam tangan akan sangat memakan biaya, begitupun dengan export ke luar Indonesia. Maka diperlukan e-fulfilment center di negara-negara tertentu untuk bisa mengurangi biaya-biaya tersebut, sehingga secara bisnis lebih menguntungkan

Kami melalui itu semua dan sudah berhasil di project pertama kami yaitu MW Timepieces yang berada di bawah naungan PT Maestro Works Indonesia. Dan kami merasa sangat penting untuk membagikan pengalaman kami sehingga mampu mengajak kalian untuk memiliki merk jam tangan sendiri, dan bersaing di pasar microbrand dunia. Maka dari itu, kami sudah mempersiapkan semua yang diperlukan kalian untuk mempermudah dan mempercepat menghasilkan karya-karya jam tangan Indonesia yang mampu bersaing di pasar dunia:

  • Kami memiliki designer jam tangan yang memiliki pengalaman dalam dunia jam tangan dan memiliki banyak referensi
  • Kami memiliki team 3D developer sendiri yang mampu memvisualisasi design menjadi gambar juga video 3 dimensi, agar memudahkan proses technical dengan factory
  • Kami sudah memiliki beberapa list manufacturer di China dan Hong Kong yang memiliki kapabilitas, flexibilitas, dan kualitas yang sudah terbukti berhasil membuat jam tangan yang kami buat, begitupun dengan merk-merk microbrand lain di luar Indonesia.
  • Kami sudah memiliki payung perusahaan di Amerika yaitu HorologyStory LLC, untuk memfasilitasi merk-merk Indonesia yang mau bersaing di mainstream crowdfunding platform di luar negeri.
  • Kami memiliki media networks yang sangat mendukung untuk memberikan exposure yang tepat dan dapat disesuaikan dengan budget perusahaan.
  • Kami memiliki e-fulfilment center di China, Hong Kong dan Singapore untuk memfasilitasi pengiriman international.

Jadi buat kalian yang memiliki keinginan untuk memiliki merk jam tangan sendiri yang berkualitas dan mau bersaing di pasar microbrand dunia. What are you waiting for?

Start a discussion via whatsapp HERE

See our latest project HERE