Saya yakin kata yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu sebuah terminologi yang sering kita dengar yaitu kata ORI – BM.

Terminilogi ini sering dipakai oleh seller-seller dalam hal ini seller jam tangan, dan seringnya justru membingungkan bahkan berakhir menyesatkan, yang sering saya lihat di beberapa marketplace online terminologi ORI-BM ini terjadi di beberapa merek jam tangan, biasa nya di merek-merek mainstream, seperti G-Shock, Casio Edifice, Seiko Sevenfriday, bahkan merek-merek seperti merek-merek Alexander Christie, Daniel Wellinton, bahkan merek SKMEI sekalipun yang bisa di pastikan harga jual nya lebih murah atau bahkan jauh lebih murah dari harga resmi nya, atau harga retail nya.

Lalu apa itu definisi kata ORI-BM...

Secara harfiah harusnya ORI-BM ini kepanjangan dari ORIGINAL BLACK MARKET, yang seharusnya definisi nya adalah sebuah barang dalam hal ini adalah jam tangan original atau asli atau genuine yang dijual TIDAK melalui distributor resmi dari barang tersebut atau dari jam tangan tersebut.

Dan dalam dunia jam tangan khusus nya tidak semua merek jam tangan memiliki distributor resmi dari semua negara, dalam hal ini indonesia, dan tidak semua jam tangan memilih jalur distribusi tunggal (Sole distributor) misal nya merek CASIO, setahu saya di indonesia ada beberapa distributor resmi salah satu nya PT. GAP (Gilang Agung Persada), selain itu ada juga distributor-distributor lain nya.

Jadi seharusnya pengertian dari ORI-BM adalah misalnya dalam hal ini, jam tangan nya adalah CASIO maka CASIO yang dijual di Indonesia tanpa melalui distributor resmi nya di Indonesia, yang artinya garansi CASIO tersebut juga tidak dicover oleh distributor resmi nya, melainkan oleh penjualnya.

Dan itu adalah definisi ORI-BM yang seharusnya, Tapi pada kenyataan, berbeda jauh dengan definisi yang telah saya jelaskan diatas, ITS TOTALLY DIFFERENT.  Terminologi ORI-BM dari dunia jam tangan, sekarang ini sering dipakai oleh seller-seller untuk membungkus profile produk nya atau jam tangan nya yang sebenarnya TIDAK ASLI, ALIAS REPLIKA, ALIAS KW, ALIAS TIDAK ORIGINAL, yang kualitasnya mungkin paling tinggi, sangat mendekati asli nya, dari mulai dari fisiknya, fiturnya, kemasan nya juga dan kelengkapan dari jam tangannya.

Lalu mereka jual dengan harga yang lebih murah, atau bahkan jauh lebih murah dari harga resminya atau jauh dari harga pasaran nya, hal ini dilakukan untuk menarik para pembeli dalam hal ini para pencinta jam tangan, karena harga nya yang murah, ditambah lagi informasi dari penjual, bahwa produk yang dijual adalah produk original tanpa adanya garansi resmi, jadi menurut saya, kita harus hati-hati, lebih teliti lagi dalam memilih produk-produk dengan terminologi ORI-BM.

Nah di artikel ini saya akan coba buktikan, saya akan ambil secara acak salah satu iklan di platform marketplace, disini saya tidak akan menyebutkan indentitas penjual nya, bagi kebaikan bersama.

contoh yang pertama adalah jam tangan G-Shock Mudmaster GG1000, dan saya tahu sekali mengenai harga pasarnya sekitar 3 jutaan ke atas, lalu saya menemukan ini di judul nya tertulis, ORI-BM harga nya hanya 580rb dan di keterangannya dijelaskan, barang yang kami jual kualitas nya Ori, lalu dibawah nya ada tulisan lagi ORI-BM (Non Garansi), Harga resmi nya 3 jutaan lebih, yang katanya ORI-BM dijual 580rb, dan bisa dipastikan, yang infonya mengaku ORI-BM ini adalah TIDAK ASLI, yaitu tadi yang selisih harganya cukup jauh.

 

Sekarang saya coba yang selisih harganya nya tidak terlalu jauh, contoh yang kedua CASIO Edifice EQS 920 yang setahu saya harganya diatas 2 jutaan resminya, lalu saya menemukan ini, di judul nya tertulis ORI-BM harga nya 950 rb, tidak terlalu jauh dengan harga resminya, dan saya juga bisa pastikan, kalau Casio Edifice yang katanya ORI-BM ini adalah TIDAK ASLI.

jam tangan

Lalu contoh berikut nya, Terminilogi ORI-BM ini dapat juga ditemui di merek Sevenfriday, bahkan sempat heboh karena banyak, beberapa tahun kebelakang, misalnya Sevenfirday M-Series, yang setahu saya, harga resmi nya 15 jutaan lalu saya menemukan ini di judul nya ditulis NFC BM yang harganya 2,8 jutaan, dan diketerangan tertulis NFC ACTIVE, tulisan ini sering menyesatkan, karena seperti yang kita tahu Sevenfriday punya fitur NFC yang bisa di scan dan diregister di aplikasi Sevenfriday, juga di website nya Sevenfriday.

ganti

Sedikit cerita, waktu itu ada teman saya yang beli jam tangan ini dengan harga 5 jutaan, dan katanya produk ORI-BM ini NFC nya aktif, dan begitu di scan masuk ke website nya Sevenfriday dan masih bisa kedeteksi, ya betul kalau kita masuk ke webnya Sevenfriday, semuanya terdeteksi, tapi kalau kita masuk ke aplikasi nya Sevenfriday, yang Genuine atau yang asli, akan terdeteksi atau terbaca dan nomer seri nya pun akan sesuai.

tapi lain hal, jika kita gunakan Sevenfriday yang mengaku ORI-BM, begitu di scan pakai aplikasi Sevenfriday pasti akan ditolak, seperti yang bisa kita lihat di gambar dibawah.

Jadi harus pastikan di scan nya melalui aplikasi nya Sevenfriday, bukan hanya di website nya saja, dan bisa saya pastikan juga yang mengaku produk nya Original tapi black market (ORI-BM) adalah TIDAK ASLI atau PALSU dan hal ini, banyak bisa kita temui di market-market place. Dan saya juga yakin bahkan pasti ada yang punya pengalaman dealing dengan produk atau dengan jam tangan ORI-BM seperti yang telah saya jelaskan diatas.

ganti

Lalu Tips nya bagaimana, biar tidak terperangkap dengan kata ORI-BM tadi, Sederhana saja,

IF YOU THINK ITS TOO GOOD TO BE TRUE IT MIGHT BE…

Ya inti nya, jangan mudah tergoda oleh produk atau jam tangan dengan harga yang murah atau yang bahkan jauh lebih murah, lakukan riset secara mendalam.

Tulisan ini saya buat bukan untuk menjatuhkan pedagang-pedagang jam tangan yang suka menggunakan terminilogi ORI-BM. saya sebagai penulis hanya mencoba menjelaskan sebuah Terminilogi yang sering menyesatkan para pecinta jam tangan, bahkan sering menyesatkan juga teman-teman saya, dan buat para pencinta jam tangan tetap USE YOUR LOGICAL SENSE..

Untuk penggunaan kata ORI-BM nya sendiri, tidak ada larangan, tapi untuk hal ini sebaiknya kita jual dengan kondisi yang sebenarnya, Jika ASLI ya bilang ASLI, jika KW ya bilang KW, jangan di bungkus dengan terminilogi yang sering menyesatkan. Dan sedikit penjelasan mengenai kata 'KW', Kata KW ini diambil dari kata ‘kwalitas’ dan ini bukan kata baku, yang benar adalah ‘kualitas’ bukan ‘kwalitas’

Selamat menikmati jam tangan apa pun yang kalian punya and always a nice day