Merkur adalah perusahaan jam tangan mewah yang terjangkau dan muda yang berasal dari China meenyediakan jam tangan murah yang berkualitas tinggi dan bernilai tinggi untuk para pecinta jam tangan diseluruh dunia. Merkur juga memiliki tim Quality Control yang ketat untuk setiap jam tangan yang diprosuksinya, koleksi design yang luar biasa dari banyak designer di Shanghai dan Hong Kong sepenuhnya menunjukan keterampilan artistic dan kejelian sang designer, jam tangan dengan desain baru bahkan lebih mengagumkan. Bicara soal koleksi Merkur, kali ini kita kedatangan untuk model barunya dengan mengusung konsep jam tangan pilot yaitu Sector Dial.



Sector dial adalah jenis jam tangan yang memiliki dial yang dibagi menjadi beberapa sektor dengan lingkaran atau garis konsentris, biasanya dengan warna atau tekstur yang berbeda. Merkur mengeluarkan design Sector Dial di model Merkur Levee Red 12, Model ini sebenarnya memiliki 2 varian ada yang Silver dial dan Salmon dial. Jam tangan ini mengingatkan saya seperti jam tangan Longines Calatrava sector dial  sebuah merk jam tangan yang sangat terkenal yang diproduksi pada tahun 1938.



Merkur Levee Red 12 yang saya akan bahas ini adalah di model Salmon dial. Struktur design yang sangat rapih, terlihat seperti jam tangan mahal. Kombinasi antara dial dan casenya sangat merekat cocok untuk dipakai setiap situasi apapun, case untuk jam tangan ini berbahan High Quality Polished Steel dengan finishing brushed dibagian samping casenya, diameter 38mm dengan ketebalan 12mm tidak terlalu besar dan kecil untuk jam tangan ini sangat cocok dipergelangan tangan kita.



Bagian utama di jam tangan ini adalah dialnya, dengan konsep Sector Dial semuanya di applied dengan rapih bagian main dial dengan bahan yang berbeda logo yang diprint dan bertuliskan Merkur Levee yang sangat rapih dan tegas lalu sedikit design yang bergaris plus yang bertanda jam tangan pilot. Lalu untuk sector keduanya dengan finishing brushed dengan merker-marker stick yang tegas lalu untuk marker angkanya hanya 12, 3, 6, dan 9 yang membedakan dari yang lainnya itu adalah marker 12 yang berwarna merah karena itulah untuk model ini dinamakan Red 12 sedikit menonjol dan sangat rapih. Terakhir untuk sector selanjutnya di minute tracker pada dial jam ini diprint sangat rapi yang membentuk lingkaran dan stick yang menjurul keluar. Menggunakan leaf hand warna biru yang gelap seolah-olah warna yang match dengan dialnya dan terlihat sangat vintage.



Movement pada jam tangan ini menggunkan M01D Retro Manual Wind Mechanical Movement running di 21,600VPH 21 Jewels dengan mempunyai daya tahan hingga 42 jam. Jam tangan ini juga memiliki water resistant hingga 50M, sebuah movement jam tangan pilot yang sangat solid, dan durable. Solid caseback yang diemboshed sangat rapih disitu ada icon singa dan dibawahnya tertulis Design and Made Team Merkurwatch dan bagian samping casebacknya juga memiliki finishing touch brushed sangat rapih.



Strap Merkur Levee Red 12 berbahan Leather Strap dengan finishing furs turning sangat elastis dan kalau dipakai dipergelangan kita sangat nyaman, Merkur Levee Red 12 sangat cocok untuk kalangan muda saat ini atau Gen z, sangat cocok untuk dipakai segala situasi bergaya Casual, Luxury, dan Sporty. Jika kalian ingin mengoleksi jam tangan Merkur kalian bisa langsung kunjungi website resminya.