Jam tangan merupakan aksesori populer yang tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk melihat waktu, tetapi juga sebagai pernyataan gaya dan keindahan. Ada berbagai bentuk jam tangan yang dapat kita pilih sesuai dengan preferensi dan gaya kepribadian kita. Kali ini, saya akan membahas beberapa bentuk jam tangan dari yang paling umum hingga yang unik.

1. Bentuk Bulat (Round Shape)
Bentuk bulat adalah bentuk yang paling klasik dan umum dari jam tangan. Bagi mereka yang memilih design layar bulat yang memberikan tampilan yang elegan dan tradisional. Jam tangan dengan bentuk Round Shape atau bulat sangat cocok untuk di segala kesempatan, baik itu formal maupun kasual, dan terlihat sempurna pada pergelangan tangan siapa pun. contohnya seperti jam tangan Lucky Harvey di model Green Dragon dibawah ini



2. Bentuk Persegi (Square
Shape)
Jam tangan dengan bentuk persegi sama sisi yang memberikan tampilan yang lebih modern dan futuristik. Mereka menarik perhatian dengan sudut-sudut tegas dan garis-garis yang bersih. Bentuk persegi sangat cocok bagi mereka yang ingin tampil berbeda dan menunjukkan gaya yang lebih eksperimental. Contohnya seperti pada jam tangan TAG HEUR Monaco dibawah ini atau jam tangan Cartier Santos.



3. Bentuk Oval
(Oval Shape)
Bentuk oval adalah kombinasi yang elegan antara bulat dan persegi. Mereka memberikan kesan lembut dan rapi, yang menyempurnakan penampilan bagi penggunanya. Jam tangan dengan bentuk Oval Shape biasanya ditampilkan dengan desain yang minimalis, namun tetap terlihat istimewa pada pergelangan tangan. Contohnya seperti pada jam tangan Patek Philippe dibawah ini yang berbentuk Oval.



4. Bentuk Kotak dengan Sudut Melengkung (Rectanguler Shape)
Bentuk jam tangan ini memiliki sudut-sudut yang lembut dan melengkung yang agak memanjang. Mereka memberikan kesan yang lebih organik dan terlihat sangat estetis. Bentuk ini sangat cocok bagi pengguna jam tangan yang ingin terlihat bergaya dan eksentrik, contohnya seperti pada jam tangan microbrand De Guzman dibawah ini.



5. Bentuk Asimetris (Asymetrical Shape)
Jam tangan dengan bentuk asimetris adalah pilihan yang menarik bagi pengguna jam tangan yang ingin menunjukkan keunikan dan kepribadian mereka. Bentuk ini mungkin memiliki layar yang diposisikan di sudut atau desain yang tidak simetris secara keseluruhan. Bentuk asimetris memberikan tampilan unik pada pergelangan tangan. contoh jam tangan Asymetris ini dapat kita lihat di jam tangan Hamilton Ventura Elvis80 dibawah ini atau bentuk ini dapat kita kita temui di jam tangan Cartier.



6. Bentuk Carage Shape, bentuk jam tangan yang sangat tidak biasa, lingkaran bulat yang membesar ke samping, bentuk seperti ini biasanya digunakan di jam tangan - jam tangan luxury, contohnya seperti pada jam tangan Piaget Limelight dibawah ini.


Source picture : The Jewellery Editor

7. Bentuk Tank Shape, sesuai dengan nama nya yakni TANK, maka bentuk basik dari jam tangan berbentuk kotak kecil yang menyerupai bentuk TANK jika kita lihat dari atas, bentuk jam tangan ini biasanya mempunyai ukuran diameter kecil, dan biasanya juga digunakan pada jam tangan - jam tangan luxury seperti pada jam tangan Cartier Tank dibawah ini.



8. Bentuk Cushion Shape, Bentuk jam tangan ini juga bukan bentuk yang umum biasa dapat ditemui, bentuk bulat yang dikelilingi dengan bentuk kotak dengan sudut-sudut yang halus, bentuk seperti ini biasanya dapat kita temui pada jam tangan Panerai. berdiameter 40mm keatas dan ini menjadikan bentuk cushion shape ini sangat identik dengan merk Panerai. 



9. Bentuk Carre Shape, bentuk seperti ini mempunyai bagian atas yang melengkung, hampir menyerupai bentuk kotak, atau bentuk tank pada jam tangan Cartier, bentuk seperti ini biasanya berdiameter kecil, dan Carre shape seperti ini dapat kita temui pada jam tangan Fossil Zane Mens dibawah ini.



10. Bentuk Tonneau Shape, yang terakhir bentuk yang sebenarnya sering juga kita temui pada jam tangan Richard Mile, bentuk nya sangat khas dan bentuk shape seperti ini sudah menjadi identik dengan merk Richard Mille, ada beberapa produsen jam tangan yang mengikuti bentuk shape seperti ini merk jam tangan Tsar Bomba dibawah ini. 
 
 
Bentuk-bentuk jam tangan dapat mempengaruhi bagaimana penampilan keseluruhan dan mengekspresikan kepribadian penggunanya. Untuk itu sebaiknya pilihlah bentuk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan, baik itu bentuk bulat untuk kesan tradisional, atau bentuk persegi untuk tampilan yang modern atau bentuk lainnya yang mencerminkan kepribadian kita sebagai penggunanya. Dan hal yang perlu menjadi perhatian juga bahwa dalam memilih bentuk jam tangan, kenyamanan dan kepraktisan juga harus menjadi pertimbangan utama.
So bentuk jam tangan yang mana yang kalian pilih...??