Sejarah horology pun mulai berubah ketika mulai masuk ke tahun 1990-an, beberapa merek mulai berlomba mendesain jam tangan dengan dimensi besar dengan bentuk dan design yang diluar kelaziman jam tangan pada umumnya.
Inilah daftar 10 merek jam tangan yang diluar kelaziman tersebut yang berhasil merubah tren industri pada jam tangan sekaligus berhasil merubah perspektif dunia horology sejak tahun 2014 mundur ke era tahun 1900-an..


#1. APPLE WATCH FIRST GEN (2014), ketika brand ini muncul dalam bentuk jam tangan, banyak sekali pro dan kontra dalam dunia horology, terutama di kalangan watch making industries, ada yang bilang bahwa itu bukan jam tangan, itu hanya device yang terconnect dengan jaringan bluetooh, tapi ada juga yang menganggap apple watch ini adalah terobosan hebat dalam dunia horology, terlepas dari pro dan kontra, menurut saya jam tangan Apple watch ini merubah perspektif dalam dunia horology bahkan bisa mengancam tradtional watch making industry sampai dengan saat ini. Apple Watch sudah hadir dan diakui sudah merubah pandangan para pecinta jam tangan dalam dunia horology.



#2. BVLGARI OCTO FINISSIMO TOURBILLON (2014), Pada tahun 2000 BVLGARI mengandeng desainer besar yang juga mendesain PATEK PHILLIPE dan AUDERMARS PIGUET yang bernama Gerald Genta, dan hasilnya luar biasa, pada tahun 2014 BVLGARI berhasil unjuk gigi dengan mengeluarkan model OCTO FINISSMO TOURBILLON, sekilas desainnya biasa saja, tapi yang membuat geger dunia horology adalah ketebalan dari jam tangan ini, jam tangan ini sangat tipis, hanya mempunyai ketebalan 5mm, dan menjadikan jam tangan ini dengan movement automatic toubillon yang tertipis didunia, bahkan pada tahun 2018 dibuat jam tangan yang lebih tipis lagi yakni 3,95mm. Jam tangan ini mempunyai desain MULTISHAPE, ada yang berbentuk kotak, bulat, ada persegi, ada segi delapan. Jam tangan yang berdesain tidak lazim tapi sekaligus menjadikan jam tangan ini sangat menarik. dan hal inilah juga yang membuat jam tangan ini menjadi sangat terkenal dalam dunia horology.



#3. MB&F HM4 (2010), MAXIMILLIAN BUSSER
adalah foundernya, merupakan jebolan dari merek besar Harry Winston TimePieces, dia banyak berperan dalam pembuatan OPUS CONCEPT, yang merupakan edisi kolaborasi tahunan yang menghasilkan sebuah jam tangan yang sangat liar sekali, desainnya benar-benar keluar dari tradisi jam tangan pada umumnya, salah satu modelnya yaitu model HM04 yang dibuat pada tahun 2010, bentuknya tidak lagi seperti jam tangan, berdesain Science Fiction, futuristic, semua indikator nya di tempatkan di dial yang dibuat seperti bentuk teropong yang menghadap ke samping, dan diatas nya dibuat transparan menpertontonkan keindahan movementnya dibagian depan maupun dibelakangnya.



#4. URWERK UR – 103 (2003),
merek ini lahir sebagai merek yang luxury brand dari tahun 1997, merek ini langsung dikenal di para watch making industry, co-founder nya yang merupakan master watch maker, yang bernama FELIX  BAUMGARTNER, mengandeng desainer Martin Frei yang dikenal sebagai Watch Industries Resident Philosopher, nama mereknya juga unik UR adalah nama sebuah kota di SUMERIA tempat modern time keeping dimulai, dan WERK adalah terminologi german yang berarti kerja. Pada tahun 2003 merek ini sempat menguncang dunia horology dengan adanya model UR-103 SCI-FI DESIGN yang desainya sangat berbeda dengan yang lain, berkonsep SCI-FI design, Satelite Based Time Display, terinspirasi dari anti clock yang ditempatkan pada bagian bawahnya, posisi crownnya ditempatkan pada posisi atas, diantara lug, dan salah satu pertanyaan yang dia utarakan yang sekaligus memacu daya kreatifitas adalah "WHAT WE CAN DO DIFFERENTLY"



#5. ULYSSE NARDIN FREAK (2001),
merek jam tangan yang dikenal old fashion watch maker yang sangat nautically inspired ini mulai keluar dari zona nyamannya, terutama pada saat merek ini dibeli oleh ROLF SCHYNIDER yang menilai pentingnya keluar dari zona nyaman dan membuat sesuatu yang sangat berbeda, maka lahirlah model FREAK, yang betul-betul keluar dari tradisi desain yang sudah ada, bezelnya sangat unik tidak ada crown, minute handsnya bergaya skeleton dan ini sangat tidak biasa, dan uniknya main plate nya berputar seperti layaknya jam, hasilnya cukup mengegerkan, banyak pecinta jam tangan yang suka dengan desain FREAK ini.



#6. RICHARD MILLE RM001 (2001),
desain model TONEAU SHAPED pada jam tangan Richard Mille RM001 sempat mengegerkan watch making industry pada event BEZEL WORLD 2001, karena yang dibuat oleh Richard Mille sebagai sebuah desain yang eksotik, tidak hanya bentuknya saja yang berbeda dengan yang lain, tapi juga lengkungan-lengkungan nya yang dinilai cantik, sleek shape yang erotik, seperti desain mobil Ferrari 250 GTO, sangat kental dengan aksen otomotif. Desain Ricard Mille ini benar-benar mengubah perspektif desain dalam dunia horology, banyak sekali orang-orang yang suka dengan desainnya, dan brand ini dekat sekali dengan dunia racing dan dunia sport.



#7. F.P JOURNE CHRONOMETRE A RESONANCE (2000),
perancang jam tangan F.P Journe yang bernama FRANCOIS PAUL JOURNE, benar-benar dikenal sangat baik dalam dunia horology, terutama setelah dia membuat model CHOROMETRE A RESONANCE pada tahun 2000, desainnya hampir sama dengan A.Lange & Sohne Lange, ada beberapa dial dalam satu case, bedanya yang F.P Journe ini bentuknya jauh lebih simetris, dual time dengan dual main dial, dibawahnya overlapping satu sama yang lain, ada lingkaran kecil sebagai sub secondnya, inilah yang menjadi daya tarik dari jam tangan ini, tidak hanya desainnya yang menarik tapi secara mekanik juga sangat advance. Movementnya diberi nama RESONANCE MOVEMENT (Double Balance Wheel). Yg ditempatkan bersebelahan, movement ini juga diklaim bisa lebih akurat.



#8. VIANNEY HALTER ANTIQUA (1998),
Sebuah merek dari Prancis, merek ini memang tidak sepopuler seperti brand besar lainnya, tapi ada satu model yang sangat menarik perhatian, yaitu di model ANTIQUA, desainnya bergaya timpang dengan tiga dial dalam satu jam tangan, bentuk nya sangat aneh dan tidak simetris, tidak semua orang suka dengan desainnya, tapi build qualitas nya tidak main-main, harganya pun bisa mencapai $280.000 USD, kehadiran jam tangan ini berhasil menciptakan sebuah tren dunia horology, menciptakan tren yang tidak kaku dan kontemporer lagi.



#9. A.LANGE & SOHNE LANGE I (1998)
, merek dari German ini sampai sekarang masih bertahan di model clasic design, bentuknya bulat, tanpa ada ornamen yang aneh-aneh di bagian casenya, lewat model A.LANGE I, merek ini berhasil menunjukkan kreatifitas modern dalam bentuk case yang kontemporer, mereka lebih mempertahankan bentuk bulat dan bermain di dial, desain dial nya Asimetris atau Asymetrical time display, tetap ada main dial sebagai penunjuk waktu disisi sebelah kiri, ada grande date diatas kanan dial, ada subdial detik di kanan bawah, semuanya memang disengaja dibuat tidak simetris, tapi justru di model yang ini justru yang membuat jatuh cinta di kalangan para pecinta jam tangan. Model ini sangat digemari selama berpuluh-puluh tahun, model ini disebut juga sebagai LITTLE LANGE 1.



#10. AUDEMARS PIGUET ROYAL OAK OFFSHORE (1993)
, model ini dibuat oleh seorang desainer yang bernama EMMANUEL GUELT, jam ini ditujukan bagi eksekutif muda yang modern, model ini terinspirasi dari model sebelumnya yaitu ROYAL OAK, nama model nya pun sama, hanya ditambah Of Shore dibelakangnya, jam tangan ini dijuluki THE BEAST,



ukuran diameter 42mm, ketebalan 15mm, desain lebih sportidan vibrant, dan model inipun langsung masuk seketika ke hati para pecinta jam tangan, model inipun berhasil membuat jam tangan AUDEMARS PIGUET ini berhasil membawa brand AUDEMARS PIGUET ke level berikutnya. Mulai masuk ke dunia sport dan entertainment lewat model ini, sampai saat ini model ini masih sangat digemari terutama young buyer.