Semua jam tangan pasti membutuhkan perawatan agar jam tangan nya tidak rusak, dan mungkin tidak semua orang tahu mengenai bagaimana caranya merawat jam tangan secara proper, nah dalam hal ini saya persempit, khusus untuk jam tangan mekanik atau automatic.

Mau tahu bagaimana tips nya, yuuuu mariii kita simak....

1. READ MANUAL BOOK, Bacalah buku panduan yang biasanya disertakan dalam kotak kemasannya, dibaca secara baik dan dipastikan, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan maupun apa yang sebaiknya dihindari. dan pada buku panduan juga kita bisa mengetahui pengetahuan-pengetahuan tertentu untuk mengoperasikan fitur-fitur khusus pada jam tangan.



2. CLEAN YOUR WATCH OFTENLY, bersihkan jam tangan nya sesering mungkin, ini penting sekali, karena hal ini adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan, tapi bisa juga menjadi sulit untuk dilakukan jikakoleksi jam tangannya banyak, sebenarnya mudah, sebelum jam tangannya digunakan atau sesudah digunakan, sebaiknya kita bersihkan dulu jam tangannya dengan kain microfiber, kain yang memudahkan kita untuk membersihkan jam tangan atau device lainnya.



3. KEEP YOUR WATCH IN STORAGE, ya betul, hal yang sederhana namun sekaligus juga bisa menjadi hal yang krusial dalam hal merawat jam tangannya, jika jam tangannya sedang tidak digunakan sebaiknya jangan ditaruh tergeletak begitu saja /  ditaruh sembarang, maka sebaiknya jam tangan nya ditaruh di dalam sebuah kotak khusus / storage buat menaruh jam tangannya dengan aman. Selain itu memudahkan kita untuk mengambil nya kembali, anti lupa.



4. KEEP AWAY FROM CHEMICAL, Hindari jam tangan dari bahan-bahan kimia, Seperti minyak, cologne atau parfum, terutama parfum, karena cairan kimia dari parfum ini bisa membuat lapisan pada jam tangan menjadi pudar, Begitu pun dampaknya terhadap leather jam tangan, karena kekuatan kulitnya akan cepat menjadi rusak karena bahan kimia, kalaupun harus menggunakan parfum, tunggu sampai parfum tersebut kering dulu, baru digunakan.

5. KEEP AWAY FROM MAGNETIC FIELD, Hindari Magnet, karena Magnet akan membuat akurasi pada sebuah jam tangan menjadi kurang akurat, ini juga berlaku juga buat jam tangan yang Quartz, Kenapa bisa? karena hampir semua part jam tangan itu terbuat dari bahan metal, dan semua mekanisme gear-gear nya sudah bekerja secara sinergy, jika sebuah jam tangan masuk kedalam area magnet, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi mekanisme pada sebuah jam tangan yang berujung dengan akurasi pada sebuah jam tangan, terutama jam tangan mekanik. Hindari untuk menaruh jam tangan dekat dengan TV atau barang-barang elektronik lainnya, karena barang elektronik tersebut mempunyai daya magnet yang cukup besar.



6. KNOWING WELL YOUR WATER RESISTANT MEASURE, Ini termasuk hal penting, karena jika kita tidak memperhatikan berapa kekuatan sebuah jam tangan dapat menahan tekanan dari air, maka bisa dipastikan jam tangan tersebut bisa lebih awet, dengan catatan bahwa water resistant itu bukan berarti suatu ukuran ketahanan jam tangan terhadap kedalaman air, Dan ada beberapa activity daily watering, seperti cuci tangan, kena hujan, swiming dan ada juga diving, jika water resistant nya dibawah 50m2, sebaiknya jangan digunakan untuk diving, Ada pertanyaan? apakah jam tangan bisa digunakan untuk mandi, ya bisa, dengan catatan jangan digunakan jika mandi menggunakan air panas.



7. KNOWING YOUR WATCH CRYSTAL, jika crystal nya bukan saphhire yang scracth proof, maka sebaiknya hindari penempatan jam tangan pada saku celana, karena dikhawatirkan akan bergesekan dengan benda lain dalam saku. dan dimungkinkan bisa menyebabkan scracth, walaupun bahan crystalnya adalah sapphire crystal tetap jangan dibanting asal.



8. WEARER YOUR WATCHES DAILY, Gunakan jam tangan setiap hari, jika koleksi jam tangannya banyak maka pakailah secara bergantian, karena ini akan membuat mekanik pada jam tangannya akan bekerja secara normal, khususnya buat jam tangan automatic hand wound.

9. DO IT YOUR HAND WINDING BY YOUR SELF, lakukan hand winding secara berkala setiap 48 jam, jika jam tangannya tidak digunakan setiap hari, dan disarankan untuk tidak membeli watch winding karena, tidak memang tidak begitu efektif penggunaannya, terutama bagi jam-jam yang manual winding yang membutuhkan kita untuk melakukan manual windingnya, selain mendekatkan kita terhadap koleksi jam tangannya hal ini juga sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan khusus watch antusias yang memang sayang terhadap koleksi-koleksi jam tangannya.



10. PROFESSIONAL REGULAR SERVICE, Disarankan untuk mengecek jam tangan nya secara berkala ke tempat service jam tangan yang professional, Khususnya jam tangan mekanik, untuk jam tangan mekanik sebaiknya dikalibrasi secara berkala, minimal satu tahun atau jika merasa jam tangannya sudah tidak akurat dan biasanya pengecekan berkala ini sudah menjadi term of condition dari garansi pada jam tangannya. 

Selamat memberikan perawatan yang terbaik terhadap koleksi-koleksi jam tangannya.