Di era ini, perkembangan teknologi yang pesat juga memberi pengaruh besar pada industri jam tangan. Bahkan jam tangan masa kini juga dirancang sejalan dengan peningkatan kepedulian masyarakat mengenai gaya hidup sehat. Salah satu jam tangan populer yang banyak digunakan kaum milenial adalah jam tangan GPS.

Jam tangan GPS yang canggih biasa dikenal dengan fitur khusus olahraga yang mampu melacak setiap langkah di jalan, sehingga sering juga disebut sebagai running watch. Namun, kini jam tangan GPS dilengkapi dengan banyak fitur lain yang mendukungnya.

Fitur Jam Tangan GPS

Jam tangan GPS hadir dengan beragam fitur fungsional yang digunakan untuk menunjang gaya hidup penggunanya. Tentu, setiap jam tangan GPS dibekali dengan ragam fitur masing-masing yang mungkin tidak semuanya Anda butuhkan. Keberadaan fitur tersebut biasanya disesuaikan dengan jenis dan tujuan penggunaan jam GPS.

Altimeter, barometer, dan giroskop adalah fitur umum yang biasa muncul pada jam tangan GPS bagi pendaki dan trail runner yang memang butuh untuk mengawasi ketinggian dan tekanan udara, serta menavigasi rute baru di alam liar. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan jam tangan GPS dengan fitur dasar.

Anda yang membutuhkan jam tangan GPS untuk lari di jalanan hanya membutuhkan jam tangan dengan peta visual built-in untuk memandu Anda melalui jalur di lingkungan baru. Jam tangan ini juga berguna untuk melacak metruk lari dan merancang latihan Anda secara personal.

Ada pula jam tangan GPS yang dilengkapi dengan fitur penunjang gaya hidup, misalnya layanan seluler yang memberikan akses ke aplikasi smartpone Anda, streaming musik nirkabel, mematikan lampu rumah, serta kompatibilitas Wi-Fi.

Pertimbangan Membeli Jam Tangan untuk Para Runner

Perlu Anda ketahui, bahwa semakin banyak fitur pada jam tangan berarti akan semakin mahal harga jam tangan tersebut. Sebenarnya, harga yang mahal ini dapat diatasi dengan membeli versi refurbished atau memilih jam tangan model lama dari jam yang baru dirilis. Namun, salah satu cara yang paling direkomendasikan adalah mempersempit fitur sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Jam tangan dengan teknologi tinggi umumnya hadir dengan banyak fungsi dan fasilitas dalam mendukung gaya hidup. Di antara berbagai fiturnya, pasti ada beberapa fitur yang tidak Anda butuhkan, sehingga mungkin tidak akan Anda gunakan apabila memilikinya.

Bagi Anda yang menginginkan jam tangan running dengan harga yang terjangkau, pilih produk yang lebih sederhana dengan sedikit fitur. Pastikan pula bahwa meski memiliki sedikit fitur, fungsi-fungsi tersebutlah yang Anda butuhkan. Jam tangan dengan sedikit fitur umumnya lebih mudah digunakan.

Jam tangan GPS modern memiliki fungsi yang sangat kompleks, tentu diimbangi dengan harga yang mahal. Anda yang lebih mengutamakan kecanggihan pada jam tangan mungkin bisa memilihnya. Beberapa layanan cerdas yang biasa melengkapi jam tangan canggih, misalnya altimeter barometik, giroskop, kontrol aktivasi suara, pembayaran nirsentuh, layanan seluer LTE, dan fitur fungsional lainnya.

Jam Tangan Terbaik untuk Para Runner

Apakah Anda masih belum bisa memutuskan jam tangan mana yang menarik untuk dibeli? Berikut adalah beberapa jam tangan GPS terbaik untuk lari yang mungkin bisa membuat Anda tertarik.

1. Garmin Fenix 6 Pro

Fenix disebut sebagai salah satu jam tangan yang kokoh dan cocok untuk kegiatan lari lintas alam maupun dipakai sehari-hari. Baterai jamnya dapat bertahan hingga 15 jam dengan GPS dan musik yang menyala. Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan agar masa jam tangan dapat diperpanjang menjadi 120 jam untuk pelacakan lari. Jam tangan ini dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth Smart, ANT+ dan Wi-Fi.

Garmin Fenix 6 Pro adalah salah satu jam tangan dengan layar terbesar di antara jajarannya. Bahkan, layarnya mampu menampilkan hingga tujuh metrik berbeda pada satu tampilan. Salah satu fitur baru yang melengkapi Fenix 6 Po adalah PacePro yang menggantikan printed pace band lama Anda untuk perlombaan.

Jam tangan ini memiliki vitur Navigasi canggih yang mampu menunjukkan peta lengkap dengan nama jalan. Memudahkan para runner agar tidak tersesat, jam tangan ini juga dilengkapi dengan fungsi zooming dan planning untuk merencanakan jalur yang akan dilintasi.

2. Garmin Forerunner 945

Garmin Forerunner 945 adalah jam tangan Forerunner yang dilengkapi dengan fitur paling banyak. Jam tangan ini mampu melacak setiap langkah penggunanya saat berlari, maupun detak jantung saat tidur. Dengan kemampuan untuk memberikan profil lengkap ini, tak heran jika Garmin Forerunner 945 merupakan salah satu jam tangan yang diinginkan oleh seorang pelari atau atlet.

Hadir dengan model terbaru, jam tangan ini mendukung pemutaran musik dan mampu menyimpan hingga 1.000 lagu dari MP3 atau disinkronkan dari layanan musik yang Anda gunakan. Jam tangan ini juga dilengkapi fitur praktis peta warna yang sebelumnya eksklusif untuk seri Fenix. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menemukan jalan tanpa tersesat dan membuat perencanaan jalur pulang pergi dengan mudah.

3. Garmin Venu Sq

Venu Sq adalah jam tangan lari keluaran Garmin yang dibanderol dengan harga terjangkau. Jam tangan ini menyediakan pelacakan GPS yang akurat dengan berbagai sitem pelacakan lari dasar, HR optik, halaman data yang disesuaikan, perkiraan VO2 max, dan kemampuan untuk menandai putaran secara otomatis atau manual.

Garmin Venu Sq juga dilengkapi dengan sensor Pulse Ox yang mampu mengukur kadar oksigen dalam darah. Jam tangan ini tidak dapat memutar musik dan merekam interval. Meski demikian, Garmin Venu Sq cocok untuk Anda yang menginginkan jam lari dengan fitur sederhana.

4. Suunto 9

Suunto 9 adalah jam tangan GPS multi-sport yang banyak disukai para ultrarunners karena baterainya yang tahan hingga berhari-hari. Segala sesuatu pada jam tangan ini terbilang besar, bahkan layarnya. Namun, hal ini pula yang memungkinkannya memiliki baterai besar dengan kapasitas tahan lama dibandingkan jam tangan running lain. Jam tangan ini dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth Smart dan USB.

Suunto mengklaim bahwa Suunto 9 mampu bertahan hingga 120 jam dengan GPS aktif menggunakan pengaturan “Ultra” yang akan mencatat geolokasi Anda setiap dua menit. Menariknya, jam tangan ini juga dapat mendeteksi ketika baterai hampir habis untuk memberi pengingat bagi Anda agar beralih ke mode hemat daya.

5. Fitbit Ionic

Fitbit Ionic adalah jam tangan pelacak multi-sport yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang gaya hidup kelas atas. Jam tangan ini menggabungkan beberapa fitur penting, seperti monitor detak jantung optik, altimeter, akselerometer, giroskop, dan pembayaran NFC yang semuanya dikemas dalam interface pengguna yang kaya dan intuitif.

Fitbit membangun sistem operasinya sendiri untuk jam tangan pintar ini dengan beberapa aplikasi terbatas, seperti Starva, Pandora, serta Starbucks. Jam tangan ini mampu melacak beberapa aktivitas yang berbeda, termasuk berlari, bersepeda, hingga berenang. Salah satu fitur yang banyak disukai adalah Couch yang akan memandu penggunanya untuk melakukan latihan beban tubuh sederhana untuk meningkatkan rutinitas gym.

6. Fitbit Charge 4

Bagi Anda yang mencari jam tangan untuk pelacakan sepanjang hari dengan band yang ramping dan sederhana, Fitbit Charge 4 mungkin bisa menjadi solusinya. Jam tangan ini didesain klasik dengan kesan ramping yang nyaman dipakai.

Jam tangan ini mencatat semua aktivitas selama 24 jam dengan fitur pelacakan tidur yang sudah digunakan pada generasi jam tangan Fitbit sebelumnya. Dengan GPS built-in, jam tangan ini memiliki GPS yang sangat akurat dengan layar sentuh responsif, bahkan saat tangan Anda berkeringat.

Jam tangan ini memberikan pembacaan kecepatan yang andal saat berlari. Baterainya dapat bertahan hingga tujuh hari, namun dengan mode GPS jam tangan ini bertahan 5 jam. Fitbit Charge 4 bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan jam tangan lari dengan fitur dasar dan desain sederhana.

7. Polar M430

Sederhana dan cerdas adalah kata yang tepat untuk menggambarkan jam tangan Polar M430. Jam tangan pintar ini menawarkan penyesuaian yang nyaman untuk pelari dengan fungsionalitas tingkat lanjut. Tak hanya itu, Polar M430 juga memiliki fitur pelacakan kesehatan layaknya jam tangan kelas atas.

Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, jam tangan ini memiliki daya tahan yang baik dan pelacakan GPS yang lebih akurat. Polar M430 dilengkapi dengan lima tombol pengunci yang memudahkan pengoperasiannya dengan tangan bersarung tangan. Jam tangan ini juga kebal terhadap jeda yang sering kali tidak disengaja saat berlari.

Jam tangan ini dapat mengunduh latihan dan interval, memantau upaya penggunanya selama sesi latihan, serta membaca detak jantung. Pada jam tangan ini juga disertai pembaruan khusus, misalnya peningkatan integrasi Starva, mode GPS hemat daya, dan desain yang lebih nyaman di pergelangan tangan.

8. Polar Vantage V

Jam tangan keluaran Polar berikutnya yang masuk dalam daftar adalah Polar Vantage V. Jam tangan ini memiliki semua fitur yang Anda butuhkan dalam jam tangan multi-sport. Selain GPS, jam tangan ini juga memiliki fitur dasar lain, seperti monitor detak jantung, kecepatan, jarak, dan lainnya.

Polar Vantage V juga dilengkapi fitur bonus yang disukai para pelari, yaitu pengukur kekuatan lari. Jam tangan ini dibekali dengan konektivitas Bluetooth Smart yang memungkinkan Anda untuk menemukan data pada aplikasi smartphone Polar Flow dan memutar ulang kegiatan lari serta mempelajari statistiknya. Polar Vantage V adalah jam tangan yang tepat untuk meningkatkan pelatihan dan memotivasi diri dalam meningkatkan kecepatan berlari.

9. Polar Grit X

Grit X adalah model jam tangan keluaran merek Polar yang sesuai untuk aktivitas luar ruangan yang keras. Jam tangan ini dirancang untuk bisa menyaingi Garmin Fenix dan Suunto 9 yang memang menjadi jam tangan terbaik di kelasnya.

Jam tangan ini hadir dengan layar yang kecil dan memiliki konektivitas bluetooth dan USB. Meski didesain sederhana, peta yang intuitif serta fitur hill detection mode menjadi daya tariknya. Namun, jam tangan ini tidak dapat menunjukkan nama jalan.

Meski demikian, jam tangan ini mampu menampilkan jalur yang benar dengan garis hijau tebal. Sementara garis putih menandakan jalan yang pernah Anda lintasi. Dengan demikian, peta jam tangan ini lebih mudah diikui dibandingkan beberapa jam tangan lain yang hanya menggunakan satu warna.

Baterai jam tangan ini mampu bertahan selama 40 jam dalam mode GPS standar yang membaca posisi setiap detik. Namun, Anda bisa meningkatkan masa pakainya hingga 100 jam dengan mengurangi frekuensi pelacakan dengan mem-ping lokasi setiap dua menit dan menonaktifkan semua sensor lainnya.

Kemampuan ini mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi para pelari, namun sangat membantu Anda yang suka berpetualang selama beberapa hari karena tidak membutuhkan baterai eksternal untuk mendukung jam tangan tetap hidup.

Bila berbicara tentang navigasi, jam tangan ini memang dirancang untuk jalan setapak dan off-road. Fitur Hill Splitter yang dimiliki secara otomatis mampu mendeteksi saat Anda mulai mendaki atau menurun. Fitur tersebut juga menampilkan seberapa curamnya bukit dan berapa lama Anda telah berjalan. Dengan demikian, Polar Grit X sangat praktis untuk para runner yang suka melewati medan ekstrem.

10. Apple Watch Series 5

Apple Watch Series 5 memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh dari Seri 4. Sama-sama memiliki layar yang besar, jam tangan ini dibekali dengan sedikit perubahan yang meningkatkan kinerjanya. Salah satu yang paling menonjol adalah layarnya yang selalu aktif, sehingga Anda dapat melihat waktu atau metrik lari dengan sekilas.

Untuk memastikan tampilannya tidak menghabiskan banyak daya, layar jam tangan ini hanya akan di-refresh sekali per detik saat tidak aktif. Mengenai kinerjanya, akurasi GPS jam tangan ini sama-sama akurat seperti jam tangan running lainnya. Tentu, masa pakai baterai akan berkurang apabila semua sensor diaktifkan. Dengan menggunakan GPS, Bluetooth, dan sata seluler, jam tangan ini akan bertahan selama 3 jam. Fitur terbaik dari Apple Watch Series 5 adalah konektivitas seluler yang memungkinkan Anda streaming musik atau menerima panggilan telepon sambil meninggalkan iPhone di rumah.

11. Coros Pace 2

Coros adalah salah satu merek jam tangan GPS favorit karena selalu menghadirkan koleksi alternatif yang terjangkau dan tahan lama. Begitu juga dengan Coros Pace 2 yang disempurnakan untuk fokus pada pengalaman lacak lari yang ringan dan cepat bagi para road-runners.

Jam tangan ini hanya memiliki fitur-fitur penting mendasar yang dibutuhkan oleh para pelari. Dengan bobot 29 gram, jam tangan ini merupakan salah satu jam tangan GPS paling ringan di pasaran.

Salah satu aspek yang membuat jam tangan ini ringan adalah strapnya yang terbuat dari tali nilon yang nyaman dan mudah disesuaikan. Dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, jam tangan ini memiliki masa pakai baterai 30 jam dalam mode GPS.

12. Coros Apex Multisport Watch

Coros Apex Multisport Watch adalah jam tangan GPS yang digunakan untuk lari dan thriathlon dengan harga menengah. Jam tangan ini menghadirkan pelacakan GPS yang tepat dengan masa pakai baterai yang luar biasa dalam satu paket ringkas. Corox Apex adalah jam tangan multisport tingkat atas untuk pemula maupun elit.

Jam tangan ini masih mempertahankan kombinasi metrik yang tak terhitung jumlahnya di Pace, yang merupakan model jam tangan keluaran Coros sebelumnya. Memuat beberapa fitur baru yang menarik bagi para runner, salah satu kemampuannya yang menarik adalah masa pakai baterai hingga 35 jam dengan mode pelacakan GPS biasa yang bisa diperpanjang hingga 100 jam. Jam tangan ini juga memuat metrik baru yang disebut stamina untuk memperkirakan banyak energi Anda yang tersisa.

13. Amazfit Bip

Apakah Anda pernah dibuat kesal oleh jam tangan yang mudah kehabisan baterai? Amazfit Bip mungkin bisa menjadi solusinya. Jam tangan ini memiliki baterai yang bisa bertahan hingga sebulan setelah diisi penuh. Sehingga, penggunanya tidak perlu melakukan daya dua hari sekali seperti jam tangan GPS lainnya.

Selain baterai yang tahan lama, jam tangan ini juga memiliki pelacakan jarak yang akurat dan konektivitas Bluetooth. Jam tangan ini memiliki desain yang ramping, sehingga cocok digunakan pada acara formal maupun sesi trek.

Amazfit Bip juga dirancang sangat ringan, hanya dengan berat 1,1 ons. Mampu merekam data multi-sport, jam tangan ini cocok untuk para pelari maupun pengendara sepeda. Jam tangan ini juga akan memberi tahu penggunanya apabila menerima pesan, panggilan, maupun e-mail di ponsel.

14. Soleus GPS Sole

Soleus menghadirkan jam tangan olahraga biasa yang menghapus sebagian besar fitur yang tidak biasa digunakan oleh beberapa pelari. Dengan demikian, jam ini hanya memiliki fitur-fitur dasar yang kerap dibutuhkan pada jam tangan GPS untuk pelari. Jam tangan ini mampu melacak langkah, kecepatan, jarak, dan kalori yang terbakar.

Meski tidak dilengkapi dengan monitor detak jantung bawaan, Soleus ini dilengkapi dengan chest strap yang bisa membaca BPM dan mengarah ke kanan pergelangan tangan penggunanya. Jam tangan ini memiliki masa pakai baterai yang pendek, tapi lebih dari cukup untuk beroperasi harian singkat selama seminggu.

Display jam tangan ini bergaya retro, namun layarnya masih mudah dibaca. Jam tangan ini memiliki notifikasi bergetar untuk jarak mil yang membuat penggunanya tak perlu melihat jam tangan terus menerus untuk memeriksa jarak. Lampu latarnya otomatis menyala di malam hari dan dilengkapi dengan enam sesi latihan interval kustom dengan jarak dan kecepatan yang ditampilkan pada masing-masing sesi.

15. Timex Ironman GPS

Timex Ironman GPS adalah jam tangan yang mudah digunakan oleh para pelari. Jam tangan ini didesain sederhana dengan masa pakai baterai 12 jam. Jam tangan ini memiliki kemampuan untuk melihat metrik berenang, bersepeda, dan berlari ditambah waktu transisi.

Jam tangan ini tidak memiliki konektivitas nirkabel, sehingga penggunanya bisa menggunakan USB untuk pengisian daya. Pada dasarnya Timex Ironman GPS memang dirancang sederhana, hanya untuk memberi tahu waktu, melacak aktivitas, dan tambahan GPS. Memiliki fitur yang sederhana, jam tangan ini dibanderol dengan harga yang terjangkau.

16. Huawei Band 3 Pro

Huawei Band 3 Pro adalah jam tangan GPS yang unggul dalam hal akurasi dan dibanderol dengan harga terjangkau. Jam tangan ini telah diuji secara berulang dan terbukti bahwa akurasi pelacaknya terpercaya dan dapat diandalkan.

Fitur lain yang melengkapinya adalah sleep analysis yang dikembangkan dengan bantuan Harvard’s Center for Dinamical, pelatihan berbasis data, dan desain tahan air yang dilengkapi dengan pengenalan gaya berenang.

Melalui ulasan di atas Anda dapat memilih jam tangan yang kiranya cocok dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Sebaiknya sesuaikan jam tangan GPS dengan fitur yang memang Anda butuhkan. Namun, sah-sah saja jika Anda ingin membeli jam tangan dengan fitur lengkap dengan harga yang sepadan.