Tampilan dial pada jam tangan adalah salah satu hal yang patut diperhatikan ketika membeli jam tangan. Anda mungkin bosan dengan tampilan dial yang standar atau mungkin hanya memiliki satu warna saja. Jika demikian, mungkin Anda bisa melirik jam tangan dengan panda dial sebagai pilihan.

Pengertian Jam Tangan Panda Dial

Panda adalah salah satu hewan mamalia yang banyak disukai. Tampilan menyerupai beruang dengan warna hitam dan putih membuat panda tampak seperti bola bulu besar yang menggemaskan. Anda yang menyukai hewan panda mungkin juga akan menyukai jam tangan dengan panda dial.

Jam tangan panda dial adalah penunjuk waktu yang memiliki tampilan dua warna tertentu, yaitu hitam dan putih, mirip dengan panda. Desain jam tangan ini juga sering dikaitkan dengan fungsionalitas kronograf karena desainnya yang memerlukan sub-dial. Secara umum, jam tangan panda dial memiliki wana dasar putih dengan sub-dial yang memberikan sentuhan akhir warna hitam. Namun, ada pula jam tangan dial Reverse Panda yang pada dasarnya membalik skema warna tersebut.

Dengan tampilan menyerupai panda, tentu jam tangan jenis ini memiliki pesona yang menarik. Meski hanya dengan memperhatikan estetika sederhana, jam tangan dengan panda dial sangatlah unik. Berbeda dari hewan panda yang kikuk dan menggemaskan, jam tangan panda dial justru memancarkan aura yang percaya diri dan elegan. Namun, dalam hal visual, jam tangan ini sama-sama menawannya dengan hewan panda.

Jam Tangan Panda Dial Terbaik

Apakah Anda tertarik pada jam tangan panda dial? Berikut adalah daftar jam tangan panda dial terbaik yang bisa dipilih dan sesuaikan dengan budget dan selera gaya Anda.

1. Omega Speedmaster Tachymeter Watch

Omega Speedmaster Tachymeter Watch adalah jam tangan pertama yang masuk dalam daftar arloji panda dial terbaik. Bukan rahasia lagi bahwa Omega memang dikenal dengan koleksi jam tangannya yang ramah digunakan dan sangat bergaya. Salah satu jam tangan keluarannya yang hadir dengan tampilan panda dial adalah Omega Speedmaster Tachymeter Watch.

Jam tangan ini adalah koleksi Omega yang berfokus pada skema warna hitam dan putih dengan desain dial panda yang sempurna secara keseluruhan. Tak hanya tampak mewah, jam tangan ini juga ramping dan nyaman digunakan.

Salah satu detail paling penting pada jam tangan kronograf Omega ini adalah penggunaan bezel pulsometer. Secara keseluruhan, jam tangan Speedmaster ini memiliki getaran vintage. Casingnya terbuat dari baja berukuran 39,7 mm yang ramping dengan sentuhan akhir disikat dan dipoles secara bergantian. Jam tangan ini dilengkapi dengan jarum jam berbentuk Alpha yang menonjol.

Omega Speedmaster Tachymeter Watch dilengkapi dengan gerakan otomatis yang sangat akurat. Kacanya terbuat dari kristal safir anti gores yang kuat dan tahan lama. Jam tangan ini didukung dengan ketahanan air mencapai 100 meter yang membuatnya aman digunakan untuk berenang.

2. Seiko Solar Chronograph (SSC446)

Seiko memang tak pernah mengecewakan dalam menghadirkan jam tangan yang fungsional dan juga stylish. Salah satu contohnya adalah Seiko Solar Chronograph (SSC446) yang tersedia dalam desain panda dial. Jam tangan ini menggabungkan pesona trendi pada dial dengan sedikit perubahan yang memunculkan kesan mewah.

Seiko Solar Chronograph (SSC446) adalah salah satu jam tangan panda dial yang memiliki desain tweak paling sederhana dan terkesan efektif, apalagi dengan aksen emas yang melengkapinya. Dengan demikian, jam tangan ini memiliki kesan mewah dan dapat diandalkan.

3. Citizen Promaster Tsuno Chronograph Racer

Jam tangan panda dial terbaik berikutnya hadir dari merek Citizen, yaitu Citizen Promaster Tsuno Chronograph Racer. Jam tangan racer ini lebih fokus pada fungsionalitas, namun memiliki pesona estetika yang kuat. Citizen Promaster Tsuno Chronograph Racer memiliki penampilan yang berani dengan fitur mengesankan.

Casing jam tangan ini terbuat dari bahan stainless steel warna perak dengan ukuran 45 mm. Ukuran casing yang besar dan kuat semakin dinamis dengan dial warna gading dan detail hitam yang menakjubkan. Arloji kronograf ini menggunakan kulit asli pada strap yang membuat tampilannya semakin bergaya. Desain panda pada dial semakin sempurna bagi para penggemar jam tangan petualang.

Selain tampilannya yang menawan, jam tangan ini dilengkapi dengan serangkaian fitur mengesankan, seperti fungsionalitas kronograf, takimeter, jendela tanggal, alarm, instaneous fly back, serta teknologi Eco-Drive yang menjadi andalan Citizen. Diperuntukkan untuk aktivitas luar ruangan, jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 200 meter.

4. Invicta Speedway

Invicta Speedway adalah jam tangan yang patut dilirik bagi Anda yang menginginkan jam tangan panda dial dengan tampilan stylish namun terjangkau. Jam tangan keluaran Invicta ini memiliki casing berdiameter 39,5 mm yang ramping dengan bahan stainless steel. Gelangnya juga terbuat dari bahan stainless steel dengan detail gesper pengaman lipat.

Casing ini dilengkapi dengan penutup kaca berbahan kristal mineral yang tahan terhadap goresan. Panda dialnya menggunakan sekrup yang membantu meningkatkan ketahanannya terhadap air hingga 200 meter. Jam tangan ini menggunakan mesin quartz Jepang Calibre VD53B-14 sebagai penggeraknya dengan tampilan dial analog.

Jarum dan penanda jamnya didesain bercahaya untuk visibilitas yang lebih baik di lingkungan yang minim cahaya. Serangkaian fitur penting yang melengkapinya adalah bezel stasioner dan sub-dial kronograf yang melacak 24 jam, 60 menit, dan 60 detik.

5. Stuhrling Formulai 891

Jam tangan terbaik berikutnya dengan panda dial adalah Stuhrling Formulai 891. Jam tangan ini bergaya sporty yang menarik perhatian. Tampilan dialnya dieksekusi dengan sangat baik, namun tetap hadir dengan harga yang wajar dan terjangkau.

Stuhrling Formulai 891 memiliki bezel PVD yang dipoles cermin dengan takimeter berdetail ukiran laser yang membuat tampilannya semakin mengesankan. Secara keseluruhan, jam tangan ini didesain dengan estetika yang ergonomis. Casing dan gelangjam tangannya terbuat dari stainless steel yang nyaman dipakai.

Jam tangan ini menggunakan mesin jam tangan kronograf Seiko yang menjamin ketepatannya. Stuhrling Formulai 891 merupakan arloji kronograf yang mengesankan dengan tampilan panda dial yang melengkapinya. Tak hanya menarik dari segi visual, jam tangan ini juga didukung kinerja yang memuaskan.

6. Bulova Marine Star (96B255)

Berbeda dengan jam tangan panda dial lainnya yang secara tegas mengombinasikan latar putih dengan sub-dial hitam, jam tangan Bulova Marine Star (96B255) menggunakan desain panda dial dengan pendekatan yang lebih lembut. Jam tangan ini memiliki dasar putih dengan aksen warna perak yang membuatnya lebih berkelas.

Casing jam tangan ini terbuat dari bahan stainless steel berukuran 43 mm. Dialnya memiliki banyak fungsi dengan dilengkapi desain kronograf yang menarik. Jam tangan ini menggunakan mesin quartz yang membuat jam tangan panda dial keluaran Bulova ini dapat diandalkan dalam hal ketepatan waktu. Tak hanya memancarkan kesan percaya diri dan berkelas, jam tangan ini cocok untuk para profesional dan eksektif.

7. Zenith Defy El Primero 21 Panda Dial Watch

Zenith Defy El Primero 21 Panda Dial Watch adalah jam tangan dengan panda dial berikutnya yang masuk ke dalam daftar. Jam tangan ini hadir dengan dua variasi, yang pertama adalah panda dial dengan latar putih dan sub-dial hitam, yang kedua adalah panda dial reverse dengan latar hitam dan sub-dial putih.

Jam tangan ini adalah salah satu koleksi andalan dari Zenith, dengan desain sempurna dan bahan kelas premium. Arloji mewah ini memiliki casing 44 mm yang terbuat dari bahan baja titanium PVD hitam dengan dipadukan strap karet yang kokoh dan nyaman dilengkapi gesper pengunci.

Dialnya dilindungi oleh kaca safir anti gores yang dibekali lapisan anti silau. Tampilan jam ini sangat estetik dengan detail aksen warna perak yang memberikan kesan santai dibandingkan jam tangan mewah lainnya.

8. IWC Ingenieur Chronograph Automatic (IW380801)

IWC Ingenieur Chronograph Automatic (IW380801) adalah jam tangan panda dial berikutnya yang eye-catching dan mewah. Produk ini merupakan arloji balap sejati dan merupakan bagian dari seri IWC Racing Team. Jam tangan olahraga ini memiliki desain klasik dan menjadi salah satu jam tangan paling dicari oleh para kolektor, karena hanya diproduksi sebanyak 176 model saja.

Tak hanya didukung dengan estetika dari tampilan panda dia, jam tangan ini juga memiliki casing belakang unik dengan bagian bawah transparan menyerupai rem cakram. Dialnya berlapis perak dengan sub-dial warna hitam yang menyempurnakannya. Pada bezenya terdapat takimeter yang melengkapinya. Model khusus ini memiliki aksen emas yang mengaburkan garis antara jam tangan olahraga dan kemewahan.

9. Audemars Piguet AP Royal Oak Chronograph

Jam tangan Audemars Piguet AP Royal Oak Chronograph adalah koleksi merek Audemars Piguet yan dirilis untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke-20 di industri. Didesain khusus, jam tangan dengan panda dial ini memiliki tampilan yang menakjubkan.

Audemars Piguet AP Royal Oak Chronograph adalah “Greatest Hits” dari merek Audemars Piguet. Jam tangan ini memiliki tweak desain vintage yang mengombinasikan koleksi klasik perusahaan dari tahun 1930-an hingga 1960-an. Arloji ini didukung oleh mesin Calibre 2385 milik Audemars Piguet yang memiliki konstruksi 37 permata dan peringkat 21.600 VPH. Jam tangan ini juga menawarkan cadangan daya hingga 40 jam.

10. TAG Heuer Heritage Chronograph Watch (CBE2110.FC8226)

TAG Heuer Heritage Chronograph Watch (CBE2110.FC8226) adalah jam tangan berikutnya yang tampil dengan panda dial. Jam tangan ini masuk dalam koleksi Heritage yang merupakan seri jam tangan perdana dari TAG Heuer. Dengan demikian, bentuk, bahan, serta desainnya hadir dengan kualitas terbaik.

Jam tangan Heritage ini menggunakan desain panda dial yang populer dan stylish yang memberikan daya tarik positif pada arloji kronograf ini. Layaknya semua jam tangan dalam seri Heritage, jam tangan ini juga mengambil model tradisional dengan mesin jam otomatis yang berputar sendiri.

Casingnya terbuat dari stainless steel yang sudah dipoles dengan ukuran 42 mm dan menggunakan strap kulit anak sapi asli berwarna coklat. Kombinasi ini memberikan pesona yang kokoh pada jam tangan. Jam tangan ini menggunakan mesin jam kronoraf Calibre Heuer 02 khas TAG Heuer yang memiliki tingkat akurasi 28.800 VPH.

11. Montblanc Timewalker Chronograph (118489)

Jam tangan Montblanc Timewalker Chronograph (118489) adalah arloji berikutnya yang masuk dalam daftar jam tangan panda dial terbaik. Seri Timewalker sendiri dinilai menjadi salah satu koleksi Montblanc yang paling menarik.

Jam tangan mewah ini merupakan jam tangan kelas atas yang fokus dalam menghadirkan tampilan kokoh daripada estetika elegan khas jam tangan mewah lainnya. Montblanc Timewalker Chronograph (118489) memiliki tampilan yang profesional dengan sentuhan modern.

Montblanc Timewalker Chronograph (118489) menggunakan mesin Calibre MB 25.10 sebagai penggeraknya. Casingnya terbuat dari baja dengan ukuran 43 mm yang tahan lama. Konstruksi jam tangan ini terbilang mengesankan, salah satunya karena menggunakan beban osilasi monoblok yang terbuat dari tungsten berlapis rhodium.

12. Longines HydroConquest Automatic Chronograph

Longines HydroConquest Automatic Chronograph adalah salah satu produk jam tangan selam yang paling mengesankan di pasaran. Jam tangan ini bahkan berhasil bersaing dalam segi estetika di antara jam tangan selam lainnya. Arloji ini memiliki desain yang cukup tradisional, namun mendapat sentuhan trendi yang halus dari palet warna panda dial.

Jam tangan ini menggunakan casing stainless steel dengan diameter 41 mm dan dilengkapi bezel searah yang menjadi fitur utama pada jam tangan selam. Longines HydroConquest Automatic Chronograph diperkuat dengan kaca kristal safir anti gores yang juga tahan lama. Secara fisik, jam tangan ini telah dilengkapi dengan fitur utama pada jam tangan selam. Apalagi jam tangan ini memiliki ketahanan air mencapai 300 meter seperti jam tangan selam papan atas lainnya.

13. Orient Neo 70’s Solar Panda Watch (WV0041TX)

Salah satu jam tangan mewah dengan panda dial yang dibanderol dengan harga terjangkau adalah Orient Neo 70’s Solar Panda Watch (WV0041TX). Jam tangan ini merupakan salah satu koleksi Orient yang paling mengesankan. Desainnya yang menakjubkan bisa didapatkan dengan harga mid-range yang wajar.

Jam tangan ini hadir dengan dial berwarna putih susu yang dilengkapi sub-dial warna hitam. Dengan tampilan ini rasanya tidak berlebihan jika Orient Neo 70’s Solar Panda Watch (WV0041TX) cocok disebut sebagai alternatif yang bagus untuk Rolex Daytona.

Jam tangan keluaran Orient ini menggunaka slick skeleton-style hand dan sub-dial ekstra untuk menampilkan tanggal. Tampilan kontrasnya dengan bezel hitam membuat desain jam tangan ini semakin menarik secara keseluruhan.

Tak hanya dari segi tampilan, Orient Neo 70’s Solar Panda Watch (WV0041TX) juga memiliki fungsionalitas yang menawan. Jam tangan ini menggunakan mesin jam solar Seiko dengan presisi tinggi yang tak hanya andal, namun juga tahan lama.

Jam tangan ramah lingkungan ini mampu bertahan hingga 6 bulan denga sekali pengisian daya. Apalagi muatan jam tangan ini dapat menggunakan berbagai jenis cahaya, baik alami maupun buatan.

14. Bremont ALT1-C Watch

Di antara jam tangan panda dial yang sudah disebutkan dalam daftar, sebagian besar hanya menggunakan palet warna saja pada dialnya. Lain halnya dengan Bremont ALT1-C Watch, jam tangan ini bahkan menangkap tampilan panda dengan lebih jelas. Jam tangan ini tampak seperti panda dengan latar dial warna putih dilengkapi aksen bercak hitam seperti mata untuk sub-dialnya.

Secara keseluruhan, Bremont ALT1-C Watch adalah salah satu jam tangan yang berhasil merangkum visual panda yang mempesona secara sempurna. Casingnya terbuat dari hardened stainless steel yang dilengkapi DLC tahan gores. Jam tangan mewah ini menggunakan mesin Calibre 13 BE-50AE otomatis dengan insets 25 permata yang bekerja dengan akurasi 28.800 VPH yang mengesankan.

Mesin jam tangan menggunakan per utama Nivaflex 1 dan dilengkapi dengan kemampuan cadangan daya hingga 42 jam. Melengkapi fungsionalitasnya, jam tangan ini memiliki sub-dial yang melacak jam dan menit serta jendela tanggal pada pukul 6. Fitur penting lain pada jam tangan ini adalah jarum dan marker Super-Luminova C1 yang mendukung visibilitasnya pada lingkungan minim cahaya.

15. Breitling Superocean HERITAGE II Watch

Breitling Superocean HERITAGE II Watch mungkin merupakan jam tangan dengan panda dial paling tahan lama dan fungsional dalam daftar ini. Superocean Heritage II sendiri adalah salah satu model utama keluaran Breitling.

Jam tangan selam ini hadir dengan estetika luar biasa yang berbeda dari jam tangan panda dial lainnya. Alih-alih menggunakan palet warna putih dan hitam, jam tangan ini menggunakan perpaduan warna perak dan hitam.

Superocean Heritage II adalah jam tangan keluaran Breitling yang dikenal karena daya tahannya. Latar dialnya hadir dengan warna perak yang elegan dan disempurnakan dengan warna hitam pada sub-dial. Arloji ini menggunakan desain 3-6-9 tri-compax untuk tiga sub-dial-nya.

Sementara untuk penggeraknya, jam tangan ini menggunakan mesin Calibre-301 milik Breitling yang eksklusif dan telah menerima banyak penghargaan serta pujian atas performanya. Mesin ini memiliki cadangan cahaya 70 jam yang menjadi salah satu daya tariknya.

16. Rolex Cosmograph Daytona

Jika berbicara mengenai jam tangan panda dial, Rolex Cosmograph Daytona tentu tak boleh terlewat dalam daftar. Arloji ini merupakan salah satu arloji perdana dalam kategori jam tangan panda dial.

Sesuai dengan reputasi Rolex sebagai merek jam tangan mewah papan atas, bisa dibilang jam tangan ini juga merupakan salah satu produk teratas dalam kategori tersebut. Tentu hal tersebut juga sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Menariknya, Rolex Cosmograph Daytona juga menjadi jam tangan kronograf otomatis in-house pertama dari Rolex, karena dilengkapi dengan mesin jam Calibre 4130. Selain tampilan dial panda, salah satu poin yang menonjol dari jam tangan ini adalah penggabungannya dengan bezel keramik.

Secara spesifik, Rolex menggunakan jenis keramik bernama Cerachrom yang memiliki tampilan semir berlian khas, anti gores, dan tidak pudar.Rolex Cosmograph Daytona hadir dengan casing Oystersteel 40 mm yang tahan lama.

Didukung oleh mesin Calibre 4130, jam tangan ini tak hanya memiliki tingkat presisi yang sempurna, namun juga cadangan daya yang mengagumkan hingga 72 jam. Jam tangan kosmograf ini hadir dalam dua variasi, yaitu panda dial standar dengan alas putih dan aksen hitam, serta panda dial reverse dengan alas hitam dan aksen putih.

Secara estetika, tentu jam tangan panda dial memiliki keunggulan karena memberikan kesan berkelas yang khas pada jam tangan. Tampilannya juga tidak membosankan, apalagi Anda bisa memilih dari dua variasi panda dial yang biasa tersedia, yaitu panda dial standar dengan latar putih dan sub-dial hitam atau panda dial reverse dengan dasar hitam dan aksen putih.

Lantas, bagaimana pendapat Anda pada jam tangan Chronograph panda dial? Tentu, jam tangan ini patut dijadikan salah satu koleksi jam tangan untuk menunjang penampilan dan aktivitas. Bagi yang tertarik memilikinya, daftar di atas telah memuat berbagai koleksi jam tangan panda dial dengan spektrum harga luas yang bisa disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki.