Pada saat penggunaannya jam tangan, biasanya ada beberapa hal yang secara tidak sengaja membuat jam tangan yang kita punya menjadi baret misalnya kepentok meja, kepentok dengan tembok, jatuh, kepentok dengan metal yang ada di saku celana dan lain-lain. Apakah tetap dibiarkan? Ya ini kembali ke masing-masing, bisa di perbaiki atau bisa juga di biarkan begitu saja, bahkan ada juga yang sengaja dibaret-baretkan untuk menambah kesan vintage dari jam tangan yang digunakan.



Tapi kebanyakkan orang ingin membersihkan baret-baret pada jam tangannya. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan sendiri tapi saran saya kalau tidak ada pengalaman, sebaiknya diberikan kepada ahlinya saja. Sebelum kita masuk ke tips, sebaiknya kita mengetahui ada beberapa hal penting sebelum kita memutuskan untuk melakukannya sendiri :
  • Kenali Finishing material jam tangan nya, misalnya ada yang finishingnya polished, ada juga yang finishing brushed, ada juga yang finishing nya sun blasted finish.
  • Kenali bentuk case pada jam tangannya, ada yang flat, ada yang cembung, ada juga yang bersudut, atau ada juga yang cekungan pada casenya, maka sebaiknya kita mengenali bentuk shape nya.
  • Kenali kadar Scratch pada jam tangannya, apakah itu hair scracth (baret halus), apa itu goresan yang dalam, atau goresan yang dalam sekali (deep scratch), kita kenali dulu, baru setelah itu putuskan kita kerjakan sendiri atau diberikan kepada yang ahlinya.
  • Kenali material dari jam tangan yang kita punya, kita perlu mengetahui beberapa bahan material dari jam tangan yang kita punya, misalnya ada yang berbahan STAINLESS STEEL. TITANIUM, CERAMIC, FORGED KARBON
  • Lakukan riset yang mendalam, cari panduannya, cari alat yg dibutuhkan, pahami semuanya sebelum mencoba untuk melakukannya sendiri, dan siapkan dalam kondisi yang terburuk sekalipun.
Baik kita langsung saja, inilah 5 tips menghilangkan baret pada jam tangan….
  1. Yang pertama, kita dapat menghilangkan baret pada jam tangan dengan cara, Cape COD, Polishing Cloth, Cape Cod ini sudah banyak menggunakannya, bahkan sudah banyak yang merekomendasikan para pengguna Rolex untuk membersihkan baret hair scratches. Dan bisa digunakan di jam tangan lainnya. dengan catatan hal ini hanya dapat dilakukan di jam tangan yang difinishing polished. Jangan digunakan di jam tangan yang finishingnya sun blasted, bahan ini dapat dibeli di toko-toko online, warna nya pink karena sudah diberikan cairan polished, dapat digosok dengan arah yang random tidak perlu satu arah, hal ini perlu waktu yang lama, dan hanya dapat dilakukan di sracth yang ringan saja. Tidak dapat digunakan di baret yang dent scratch atau deep scratch, karena bahan ini hanya untuk menghilangkan scracth yang ringan saja. 
  2. Yang kedua dapat menggunakan bahan Scotch brite (warna hijau), yang mudah didapat kan di mini supermarket, yang berwarna hijau, lalu potong jadi kecil, lalu gosokkan bagian yang kena scratch nya dengan hati-hati, gosok dengan satu arah (one direction), jangan lakukan dengan random arah, cara ini dapat dilakukan dengan case jam tangan yang berbahan stainless stell, yang di finishing brushed, jangan lakukan terhadap case yang di finishing polished. Dengan catatan jika scracth nya termasuk scratch yang ringan saja. Dan ini akan makan waktu yang cukup lama, tidak sebentar. 
  3. Hal berikutnya yang dapat kita lakukan dengan menggunakan bahan amplas yanng halus dan basah, cara menggunakan sama dengan waktu menggunakan bahan scotch brite, hanya berbeda alat gosoknya saja. Ingat hanya bisa dilakukan di jam yang finishing nya brushed, gosok satu arah, menggunakan ampelas halus dan basah.
  4. Yang keempat, untuk menghilangkan baret pada jam tangan dapat juga menggunakan POWER tools, untuk cara ini saya sarankan sebaiknya jangan lakukan sendiri, karena resiko nya terlalu tinggi, sebaiknya diberikan kepada yang ahlinya saja. Karena ini tidak semudah seperti yang kita pikirkan. Alatnya juga tidak murah. 
  5. Berikutnya, ya sebaiknya kita berikan saja ke yang ahlinya, jangan lakukan hal diatas tanpa skill, tanpa riset dan tanpa tools yang mencukupi. Karena untuk menghilangkan baret pada jam tangan tidak semudah seperti yang kita bayangkan.
Pada dasarnya cara nya ada dua, yang pertama dengan cara BUFFING, ini adalah alat yang khusus, dengan gear yang dilapisi dengan bahan yang khusus, dan membutuhkan teknik yang tidak mudah karena harus mempertahankan bentuk casenya, jadi treatment nya berbeda-beda biar tidak merusak shapenya, lalu yang kedua, POLISHING / BRUSHING, hal ini dilakukan dengan gear yang berbeda, dengan lapisan yang yang berbeda juga, dan hal ini tidak mudah juga karena harus sesuai dengan finishing aslinya, POLISHED atau BRUSHED. Yang pasti hal ini tidak mudah untuk dilakukan dan kesabaran yang tinggi

Dalam melakukan hal ini tetap membutuhkan SKILL & PENGALAMAN, RISET YANG CUKUP dan TOOLS YANG MEMADAI.

Semoga bermanfaat