Ingin tahu brand jam tangan yang Lume killer? Ada satu brand yang nama brandnya tidak terlalu terkenal tapi fitur lumenya sangat terang dan tahan lama, nama brand nya adalah HEMEL, HEMEL adalah sebuah brand mikrobrand dari Amerika, brand yang tidak terlalu agresif, tapi setelah saya perhatikan lebih model-modelnya, ternyata jam tangan ini cukup menarik juga, da salah satu lineupnya yaitu AIR WING yang merupakan pembaharuan atau modifikasi dari model AIR FOIL 42mm, yang ukuran dimensinya dibuat lebih kecil yakni hanya 40mm.
 
Pada model Air Wing ini ada yang tidak biasa dari jam tangan chronograph pada umumnya, kalau biasanya jam tangan Chronograph itu identik dengan dunia racing dengan tachymeter bezelnya, pada brand Hemel ini malah memilih dunia aviaton, dengan bezel 12 nya yang bisa difungsikan sebagai dual time, makanya model ini diberi nama Air Wing dengan chronograph dual sub dial register, yang biasa disebut dengan BI-Compax style, sebuah karya jam tangan yang berkonsep Retro Chronograph dalam kemasan yang lebih modern.



Untuk yang satu ini, saya yakin bukan hanya saya saja yang jatuh cinta sama warna dialnya, warna cream yang dikemas dengan sangat cantik dengan finishing matte yang sedikit bertekstur dan dial yang sudah dilapisi luminous yang membuat jam tangan ini menjadi bersinar.

Marker-markernya dibuat negatif berwarna hitam, begitu pun dengan sub dialnya yang dibuat kontras, hasilnya member jam tangan ini sangat legible, walaupun menurut hemat saya, biasanya Chronograph watches itu biasanya tidak terlalu legible, tapi beda pada jam tangan satu ini, paduan warna dial yang tegas, logo Hemel nya dibuat negatif dieksekusi dengan sangat baik begitupun pada tulisan BI-COMPAX yang ditempatkan pada bagian dial bawah yang juga dieksekusi dengan sangat baik, semua markernya diprint timbul berwarna hitam dengan perpaduan angka numerik dan segitiga penunjuknya.



begitupun dengan minute tracker di bagian terluarnya yang juga berwarna hitam dipadukan dengan marker 60, yang ukurannya sangat kecil tanpa adanya fitur tanggal. lalu sub dial yang dekat dengan angka 9 adalah indikator detik, warnanya hitam dengan garis dan marker marker berwarna cream, selaras dengan warna dialnya. sementara sub dial yang ada di dekat angka 3 adalah minute counter yang akan bergeser setiap stopwatchnya berputar 1 menit, semua marker sub dialnya berwarna cream dipadukan dengan garis cream dan merah.

 

semuanya dibuat dengan sangat rapi dengan desain dan pemilihan warna seperti ini hasilnya jam tangan yang satu ini menjadi kelihatan sangat legible, selain itu warna dialnya yang juga menarik sekali, handsnya bergaya syringe hands, frame warna putih dan bagian dalamnya dibuat bertekstur dan sudah dilapisi luminous.

sementara pada bagian cristalnya, HEMEL memilih flat sapphire crystal yang tentunya sudah dilapisi anti reflektif sehingga dialnya tetap kelihatan legible, tidak banyak terdistorsi karena cahaya dan tidak hanya bagian depannya yang pakai saphhire tapi bagian belakangnya pun juga menggunakan saphhire crystal. bezelnya berbahan 316L stainless steel, sangat solid dengan gerigi bergaya Queen Edge yang dieksekusi dengan sangat bagus.

 
Pada geriginya tidak ada aksen yang tajam, bezelnya solid, tidak ada bouncing, sementara buat bezel insert nya HEMEL memilih ceramic bezel insert buat model yang satu ini dengan marker 12 yang di ingrave dengan sangat baik, ditambah dengan lapisan luminous yang beraksen cream selaras dengan warna dialnya, tapi sayangnya, aksen putar bezelnya menurut saya, sedikit agak keras mungkin karena masih baru.



Sekarang kita lihat pada bagian casebacknya, HEMEL memilih display caseback atau exhibition cashback dengan sapphire crystal, mempertontonkan movement Seagull hand wound yang sangat menarik untuk dilihat, sementara di sekeliling casebacknya di ingrave dengan spesifikasi dan nama modelnya.

 
Lalu pada bagian strapnya, Hemel memilih Distressed Tan Leather strap yang warnanya match sama dialnya, style strapnya nya tidak terlalu vintage, mereka kasih padding di bagian atas dan juga dibuat full stichting kualitasnya bagus, walaupun saya nilai strapnya agak sedikit kaku mungkin karena ada paddingnya, lalu strapnya dikasih tank bukle dengan 2 logo di atas dan di bawah juga tidak ketinggalan ada Quick release mechanism untuk mempermudah ganti pada strapnya.

 
Sekarang ke bagian movementnya, buat model ini HEMEL memilih SEAGULL ST1901 mechanical Chronograph sebagai movementnya, dan movement besutan China ini memang sudah mulai banyak digunakan sama brand-brand microbrand lainnya, bahkan sekelas BALTIC saja menggunakan SEAGULL ST1901 di salah satu modelnya.
movementnya running di 21.600vph, hound wound movement, 19 jewels, power reserve 51 Hours dan water resistant nya pada kedalaman 100m.
Walaupun menurut saya, ini bukan genre jam tangan diver, akan tetapi yang paling menarik dari model yang satu ini justru adalah bagian luminousnya, asli ini keren sekali, apalagi buat lume freak, it's fully lume dial, pada hands nya juga ada luminous, dan bezel marker dilapisi oleh superluminova yang saya yakin ini menggunakan C3 atau ultradium yang hasilnya sangat terang dan sangat durable.

 
Lalu bagaimana dimensinya??,
diameter jam tangan ini adalah 40mm dengan ketebalan 13mm, lalu lug tip to lug tip nya 47mm, lebar lug nya 20mm, tempering down ke 18mm, dengan bobot real 85gr.
inilah penampakan nya kalau dipakai di tangan dengan lingkar 17cm, dial nya eye catching, dimensinya juga pas, tebalnya juga pas dan strapnya juga lumayan nyaman.



Sebuah karya jam tangan dengan desain Retro dengan sentuhan modern ditambah dengan luminous yang sangat playfull dan spesifikasi yang tinggi, jam tangan ini dibanderol harga $500 atau setara 7 jutaan.
Ya memang tidak bisa dibilang murah tapi ini sangat sepadan dengan suguhan desain warna nya, spesifikasi dan kualitas pada jam tangannya.