Topik kali ini, adalah mengenai fitur water resistant pada jam tangan yang biasanya dapat kita temukan tulisannya dengan jelas di jam tangan yang kita gunakan, khususnya untuk jam tangan-jam tangan type diver.
sebenarnya apa itu water resistant?? dan apakah angka yang tertulis di dalam jam tangan itu mengambarkan fungsi yang sebenarnya.. mari kita bahas..


Saya mulai dari definisi water resistant, water resistant adalah Tulisan atau stamp yang ditulis pada dial jam tangan yang menandakan berapa takaran air yang bisa ditahan oleh jam tangan itu sendiri. bukan kedalaman airnya tapi lebih ke tekanan airnya, makanya satuan yang sering digunakan adalah satuan tekanan yaitu ATM yang kepanjangannya adalah atmosfer atau satuan bar, keduanya adalah satuan tekanan air atau water pressure.
satuan tersebut jika dibandingkan dengan kedalaman air yang biasanya adalah feet atau meter, maka dalam kondisi air yang normal, tekanan air satu atm atau satu bar itu sama dengan sepuluh 10 meter jadi kalau 10 atm atau 10 bar itu setara dengan 100 meter, lalu apakah jika tertulis 100 meter itu artinya jam tangan tersebut bisa dipakai menyelam sampai dengan 100 meter?

Lalu apa bedanya water resistant dengan waterproof, waterproof itu sendiri artinya tahan terhadap air dalam kondisi apapun dan di kedalaman berapa pun. Sejak dive watch ini mulai dibuat dan digemari, terminology yang biasa ditulis di jam tangan adalah waterproof seperti di model lama jam tangan TIMEX dan jam tangan merek DREFFA. 



tapi sejak tahun 1990 organisasi international untuk standarisasi atau biasa disebut ISO, melarang semua merek jam tangan untuk menggunakan terminology waterproof, karena tidak ada satupun jam tangan yang waterproof, jam tangan pasti ada limit tekanan air dan kedalaman tertentu untuk bisa bertahan, makanya diganti istilahnya menjadi water resistant.



Sebuah jam tangan bisa mencantumkan kemampuan water resistantnya melalui sebuah standart yang ditetapkan oleh organisasi international untuk standarisasi atau ISO,
ada dua jenis ISO yang dijadikan standart untuk sebuah jam tangan bisa mencantumkan water resistant,
  • yang Pertama adalah ISO 2281 sejak tahun 1990
  • yang Kedua adalah ISO 6425 yang mulai diberlakukan sejak tahun 1996.
Lalu apa bedanya antara ISO 2281 dengan ISO 6425..??
sebuah merek jam tangan bisa mencantumkan sebuah angka water resistant pada jam tangannya melalui tes standarisasi yaitu water pressure, mengetes ketahanan terhadap kadar garam, perendaman atau immerson dan pengetesan temperatur atau temperatur shock testing, ISO 2281 ini adalah standarisasi yang paling ringan, cukup ditest dengan water pressure chamber tanpa harus dilakukan tes immersion atau direndam sampai di kedalaman tertentu dan tidak harus juga dilakukan pengetesan untuk ketahanan dalam temperatur dan ketahanan terhadap kadar garam, bahkan water pressure test juga disyaratkan cukup 10 menit saja, setelah itu merek jam tangan atau pabrik jam tangan tersebut sudah bisa menuliskan water resistant pada jam tangannya.



sedangkan ISO 6425 ini lebih spesifik sebagai sertifikasi jam tangan diver, dmana tes nya lebih ketat dan minimun water resistant jam tangan yang bisa disertifikasi ISO 6425 ini adalah 100 meter water resistant, kalau tadi di ISO 2281, water pressure nya boleh 10 menit, kalau di ISO 6425 ini, water pressure tesnya wajib 2 jam. Terus juga dilakukan tes water immersion atau perendaman lalu juga dilakukan tes untuk ketahanan kadar garam dan dilakukan tes untuk bertahan didalam temperatur tertentu atau temperatur shocking test, tidak hanya itu saja, ISO 6425 juga mensyaratkan pengetesannya harus lolos dalam kadar 125%, misalnya untuk tes jam tangan diver 100 meter harus lolos water pressure 125 atm atau 125 bar, dan lolos test perendaman atau water immersion sedalam 125 meter.



Hal ini dibuat karena pengetesan dilakukan didalam lab dengan kondisi air yang normal, sedangkan pada kenyataanya, pada kedalaman air di laut, kondisinya tidak seperti air normal, biasanya jam tangan yang bersertifikasi ISO 6425 ini, mencantumkan kata diver sebelum angka water resistantnya, seperti contohnya yang ada pada jam tangan SKX ini, seperti yang dapat kita digambar dibawah ini ada tulisannya divers 200 meter.



Kemudian muncul pertanyaan, Apakah kedalaman yang tertulis pada jam tangan itu merupakan cerminan kedalaman yang sebenarnya?, untuk jam tangan diver yang bersertifikasi ISO 6425, saya bisa katakan iya, karena jam tangan nya sudah melalui tes yang ketat, dan tidak semua merek jam tangan diver bisa lolos.

Berikut adalah klasifikasi untuk jam tangan yang bersertifikat ISO 6425.
  • Pertama Divers 100 meter, ini adalah minimun standar ISO 6425, sudah bisa menyelam sampai dengan 100 meter, tapi tidak memenuhi syarat untuk saturation diving.
  • Yang kedua adalah Diver 200 meter s/d 300 meter, ini sudah bisa dipakai untuk scuba diving pada kedalamannya, tapi tetap tidak memenuhi syarat untuk saturation diving.
  • Dan yang ketiga adalah Diver 300 meter plus for mix Gas diving, untuk yang ini sudah memenuhi syarat untuk saturation diving, selain scuba dive,
sedangkan buat jam tangan yang mengikuti aturan ISO 2281, kedalaman yang tertulis adalah bukan cerminan kemampuan sebenarnya, jadi kalau kita lihat dijam tangannya ada tulisan water resistant 50 meter bukan berarti jam tangannya mampu menyelam sampai dengan 50 meter tapi dibawah dari yang tertulis, karena tes yang dilakukan tidak seketat ISO 6425, dan pengetesannya atau water pressure testnya dilakukan dalam kondisi air yang normal dalam lab, makanya seharusnya manufaktur jam tangan atau perusahaan jam tangan mencantumkan panduan buat resistant pada buku panduannya.
 
Berikut klasifikasi, mengenai tulisan water resistant pada jam tangan..
  • Yang pertama adalah water resistant 3 atm atau 30 meter, kalau kita punya jam tangan yang ada tulisan 30 m water resistant. saran saya lebih baik jangan dianggap itu sebagai water resistant, karena sama sekali jam tangannya tidak bisa dipakai diving, jangankan diving berenangpun tidak disarankan. Cuman buat daily watering, seperti cuci tangan atau kena hujan.
  • Yang kedua adalah water resistant 5 atm atau 50 meter, kalau kita punya jam tangan yag ada tulisan water resistant 50 meter, kita bisa pakai untuk mandi dan aktivitas ringan didalam air lainnya. Tapi tetap tidak bisa direkomendasikan buat snorkling apalagi diving,
  • kemudian yang ketiga adalah water resistant 10 atm atau 10 meter, kalau kita punya jam tangan yang ada tulisan water resistant 100 meter, kita bisa pakai buat renang, snorkling dan aktifitas olahraga air tapi tetap tidak rekomendasi buat diving.
  • kemudian yang ke empat adalah water resistant 20 atm atau 200 meter lebih, walaupun tidak bersertifikat ISO 6425 kalau kita punya jam tangan yang memiliki water resistant 200 meter. kita bisa gunakan untuk diving ringan atau snorkling, aktifitas olahraga air, dan aktifitas marine profesional.
  • Kemudian yang kelima water resitant 30 atm plus atau 300 meter lebih, kalau di jam tangannya memiliki water resistant 300 meter atau lebih seperti 500 meter atau 1000 meter, walaupun tidak bersertifikat ISO 6425, jam tangannya sudah bisa dikategorikan sebagai true dive watch, jam tangannya bisa pakai untuk scuba diving dan aktifitas lainnya tapi belum bisa dipakai saturation diving.

 
KESIMPULAN
Kesimpulannya, kalau menurut pendapat saya, water resistant pada ISO standart 2281 adalah menghitung tekanan air, bukan kedalaman, jadi yang tertulis, berapa meterpun itu bukan untuk ukuran kedalaman yang bisa dipakai untuk jam tangan tersebut, silahkan mengacu ke klasifikasi yang tadi saya sebut untuk ISO 2281.
Lain cerita kalau jam tangan kalian sudah bersertifikat ISO 6425, karena sudah dilakukan tes dengan baik dan sangat ketat.

Semoga bermanfaat..