Bicara soal jam tangan sporty otomatis saat ini kita akan selalu di berikan banyak pilihan oleh brand ternama SEIKO dengan lineup Seiko 5 Sportsnya, sedangkan merk raksasa CITIZEN pendiri dari Miyota, yang juga berasal dari negara yang sama yaitu jepang memang lebih di kenal oleh model Eco-Drive yang mampu bertahan selamanya. 

Citizen saat ini sedang berkolaborasi dengan La Joux-Perret, dengan mengembangkan Caliber 0200. Movement yang menggabungkan antara 2 negara raksasa di dalam pembuatan jam tangan yaitu Swiss dan Jepang, dengan tingkat akurasi Chronometer (-3/+5 detik per hari). untuk spesifikasi lengkap dan seperti apa kekuatan Movement ini bisa kalian lihat di video Horologystory.



Citizen memang terkenal dengan pembuatan jam tangan Eco-drive yang harganya murah, namun perlu di ketahui Citizen adalah merk raksasa yang mungkin tidak jauh berbeda dengan LVMH group atau Swatch group, pada tahun 1950an merk ini mendirikan sebuah movement terbesar di dunia. yaitu Cal. Miyota yang harganya terjangkau untuk merk kecil dan masih di pakai sampai saat ini. Citizen juga merupakan sebuah merk yang merubah industri jam tangan pada masa itu dan sangat berpengaruh sama seperti Seiko. pada era Quartz-Crisis yang berlangsung di tahun 1970-1980an. dan pada tahun 1995 Citizen mengeluarkan sebuah inovasi Movement dengan tenaga cahaya yang paling efisien yang pernah di buat yaitu Eco-Drive, dan seri 0100 adalah movement paling akurat di dunia dengan +/-1 detik/tahun.

Di model terbaru mereka yaitu Citizen Tsuyosa jam tangan ini hadir dengan konsep Sport Automatic, dengan harga yang murah namun tetap terlihat elegan. model yang saya review kali ini adalah Tsuyosa dengan nomer reference NJ0151-88X dengan warna dial Teal yang memukau.



Case diamter jam tangan ini adalah 40mm dengan ketebalan hanya 11.7mm berbahan Stainless steel dengan kombinasi Polish di bagian ring bezelnya dan brushed. keseluruhan casenya solid dan sangat menawan. sekilas memang mengingatkan kita dengan Rolex di model datejustnya. 



Bezelnya static dengan finishing polish, dengan sapphire crystal di permukaan kacanya, dan ada Cyclops di bagian datenya di posisi angka 3, stick marker terlihat simple di lapisi dengan luminous, baton hands dengan keseluran index dan handsnya berwarna putih. ada logo Citizen di posisi jam 12 dan hanya terdapat tulisan automatic di posisi jam 6. warna dialnya teal dengan efek sunburst akan terlihat lebih biru muda ketika terkena cahaya, simple dan elegan. 
Crown pada jam tangan ini berada di posisi jam 4 dan ini menjadi hal yang lumrah untuk merk Citizen. terlihat sejajar dengan casenya, dan ini menurut saya adalah sebuah cons karena kenyataannya pada saat kita mengatur crownnya akan lebih sulit dari jam tangan kebanyakan. mungkin itu adalah sebuah harga dari desain yang ingin mereka buat presisi.
Strap yang mereka pakai bergaya President style, dengan double push deployant dan kualitas braceletnya terbilang cukup oke dan cukup nyaman di pakai, untuk urusan ini saya yakin kita semua sudah tau bagaimana kualitas bracelet di jam tangan keluaran Citizen.



Exhibition caseback dengan mempertontonkan movement Citizen Cal. 8210 Automatic, yang running di frequensi 21,600vph, 21 jewels dan mempunyai daya taha selama 40 jam. hal ini lumrah mengingat jam tangan ini juga di banderol dengan harga yang cukup murah. dan jika kita tau, bahwa mesin Citizen sudah terkenal dengan ke akuratannya, sekalipun movement entry-level mereka. ada aksen Gold di movementnya dan menurut saya ini terlihat cukup cantik, material casebacknya berbahan stainless steel dengan aksen polish dan water resistance pada jam tangan hanya sedalam 50 meter.



Bicara soal lume di jam tangan ini, citizen memakai lume buatan mereka sendiri yaitu Natulite semua marker dan handsnya di applied luminous, daya tahan yang terbilang cukup mengingat ini bukan jam tangan diver. 
Jika berbicara soal jam tangan Citizen, kita akan di temukan dengan sebuah jam tangan yang presisi dan akurat. dan tidak pernah meng anak tirikan meskipun di model affordable mereka sekalipun, itu yang membuat merk yang satu ini mampu bertahan sampai saat ini. mereka tidak di tinggalkan sekalipun, meskipun kita banyak di temukan oleh pilihan merk jam tangan yang makin banyak di pasaran saat ini. saya memberi Nilai 8/10 untuk model Tsuyosa ini, dengan kelebihan dan kekurangan yang sudah saya sampaikan di atas.
Jam tangan ini bisa anda dapatkan di sini.