Merek yang satu ini berasal dari negara tirai bambu, Negara China, Merek ini bernama PROXIMA, Saya tahu PROXIMA ini sebenarnya sudah cukup lama, ini merupakan merek atau pemain lama dari negeri China sana, yang perkembangan nya menurut saya tidak terlalu masif seperti merek-merek China yang bermunculan sekarang.

Dulu merek Proxima ini focus buat buat jam tangan yang berkonsep Lazy Homage nya SEIKO model-model yang ikonik seperti SUMO, 62MAS Turtle, Tuna dan lain-lain.

jam tangan automatic proxima omnion

Tapi belakangan ini mereka sepertinya ingin membuat jati diri mereka sendiri, dengan membuat jam tangan yang konsep nya tidak menyontek dari model-model jam tangan yang sudah ada, nah strategy nya adalah mereka buat subbrand atau merek baru di bawah management yg sama, salah satu nya adalah merek OMNION di model Phantom automatic, OM16 yang jujur saja saya pribadi kurang mengerti, konsep apa yang ingin mereka bangun tapi ok lah mari kita cek lebih detail jam tangan nya..

jam tangan automatic proxima omnion

FIRST IMPRESSION

Kalau kita bicara soal kotak atau kemasan nya, menurut saya ini biasa saja, sebuah kotak Generic tools box yang sering dipakai oleh merek-merek china lain. Dan My First impression, ketika pertama kali melihat dan pegang jam tangan ini adalah seperti dejavu ya, desain nya ini mengingatkan saya ke sebuah merek, yakni merek HORAGE

Transparan Dial, berkonsep sporty dress watch dengan date windows yang terekspos. Sebenarnya ini bukan selera saya, tapi ini lumayan cukup menarik dan kelihatan sekali kalau merek ini, ingin membuat jati diri mereka sendiri melalui merek OMNION ini, disisi lain strap nylon nya juga terkesan biasa saja, warna nya match dengan dial nya yaitu biru, sayang nya tidak dikasih opsi bracelet.

jam tangan automatic proxima omnion

Selanjutnya yang membingungkan juga adalah desain dari logo nya, atau font dari merek nya, saya pikir tadi nya dibaca merek Orrion atau Onion, tapi ternyata pas saya tanya sama yang punya, dibacanya OMNION, saya tidak mengerti kenapa begini, tapi ok lah, mungkin mereka punya filosofi yang tidak mau dibicarakan soal desain logo dari merek ini.

jam tangan automatic proxima omnion

SPEKSIFIKASI TEKNIS

Jam tangan OMNIOM 16 ini ada dua varian, yang pertama adalah Phantom Automatic OEM 16D, Dial yang warna biru, dan yang kedua adalah OM 16J yang warna dial nya dan juga strap nya olive green, B for BLUE, G for GREEN dan model jam tangan ini. kalian bisa pilih untuk movement nya juga bisa dipilih. ada 2 opsi pilihan, pertama adalah yang movement nya adalah PT5000, mereka pilih yg gold plate bukan yang stainless steel.

Nah buat jkalian yang belum tahu apa itu PT5000 movement, ini adalah movement kloningan nya ETA 2824 yang dibuat oleh HK Precision Teknology maka nama nya PT5000, running di frekwensi 28800 vph, 25 jewels, power reserve sampai 38 jam dan buat jam tangan ini water resistant nya adalah 200m, selain itu kita juga bisa memilih yang movement SW200, tentu nya dengan harga yang lebih mahal, yang gunakan movement PT5000 di bandrol di 3,3 jutan, sedangkan yang gunakan movement SW200 dibandrol 5 jutaan.

jam tangan automatic proxima omnion

kalau hanya dilihat dari movement dipilih oleh mereka, harga segitu kalau menurut saya ini masih masuk akal, dan ini secara lengkap spek teknis nya, berdiameter nya 42mm, dengan ketebalan 13mm, include crystal nya, lalu lug tip to lug tip 49mm, dengan lebar lug 20m, Sapphire cystal dengan blue anti reflective coating, begitu juga dengan Crystal dibagian case back nya juga berbahan Sapphire Crystal, case material 316 stainless steel, strap nya berbahan high density nylon strap dan movement nya kalau yang ini pakai yang PT5000, seperti yang tadi sudah saya jelaskan.

Balik lagi setelah spek teknis nya lebih detail nya lagi, harga 3jt an atau 5 jt an untuk movement SELLITA SW200, kalau menurut saya, sangat masuk akal, walaupun ada beberapa hal yang bisa saya highlight nanti setelah re shoot.

jam tangan automatic proxima omnion

Inilah tampilan nya kalau dipakai di tangan saya yang lingkar pergelangan tangan nya 17cm, kelihatan bagus dial nya walaupun dimensi agak sedikit kebesaran di tangan saya, lug to lug terlalu pas, dan sayang nya strap nya kalau menurut saya biasa saja, lebih baik ganti saja strap nya pakai rubber atau yang pakai yang kulit.

Pocket shoot, kelihatan lumayan manis dan kelihatan beda dari jam tangan pada umum nya, memang bukan selera semua orang, termasuk bukan selera saya, tapi saya yakin banyak juga yang suka desain dressi semi-semi sporty seperti yang ini.

HIGHLIGHTS

Ok ada beberapa hal yang bisa saya highlights dari jam tangan ini baik itu dari segi positif maupun yang negatif.

Yang Pertama yang saya highlights, adalah bagian case nya, saya tidak bicara soal build quality, karena kalau saya nilai ini bahan nya sangat solid, polishing nya juga sangat ok, hanya saja kenapa polish semua, ini high polish sekali, dan ini membuat terlalu kinclong kalau menurut saya, seandainya di bagian case-case tertentu nya menggunakan finisihing satin brush misalnya, maka ini akan kelihatan menjadi lebih menarik. tapi ya, mungkin karena mereka mau memperlihatkan aksen dressy nya maka nya dibuat glossy, kalau soal ini tentu nya kembali lagi ke selera masing-masing.

jam tangan automatic proxima omnion

Lalu yang kedua, yang bisa saya highlights adalah bagian dial nya yang sangat menarik kalau menurut saya, buat kalian para pecinta transparan dial, saya rasa jam tangan ini cocok buat kalian, main dial nya dibuat transparan berwarna biru, sehingga bagian-bagian movement nya semua terekspos, lalu semua marker nya dibuat applied bergaya stick marker yg kalau menurut saya, eksekusi nya cukup ok.

Lalu logo Omnion nya diprint putih dibagian atas dial diatas dial yang transparan, sementara dibagian dial bawah nya juga di print nama model nya, yaitu PHANTOM AUTOMATIC, cukup rapi tulisan phantom nya agak timbul berwarna merah lalu disisi terluar dial nya, adalah chapter ring dengan minute tracker yang cukup rapi kalau saya lihat, dan di posisi angka 3 ada date windows yang dikasih frame warna putih untuk membedakan dengan angka-angka tanggal lain yang sebenarnya semuanya kelihatan, karena dibuat transparan dial nya.

ide dial nya sih cukup menarik kalau menurut saya, terutama buat kalian yang suka dengan konsep-konsep transparan dial seperti ini. bezel nya static berbahan polish stainless steel crown nya ditaruh di posisi angka 4 tanpa crown guard.

jam tangan automatic proxima omnion

Dan ini terkunci atau screwdown crown, posisi pertama seperti biasa buat hand winding, kalian bisa putar untuk mengisi power, lalu di posisi kedua buat setting tanggal, kalian bisa sesuaikan dengan tanggal yang seharusnya, dan di posisi crown terluar seperti biasa buat setting jam nya. 

sudah mendukung hack mechanism dengan movement PT5000, yang di expose di bagian belakang atau bagian caseback.

Nah ini adalah hal ketiga yang mau saya highlights, bagian caseback nya dilapisi saphire crystal yang dikasih printing art works dari bagian bawah, dan gambar art nya lumayan membuat saya senyum kalau menurut saya, ini seperti gambar sebuah bukit atau batu diatas laut, bagian bawah air nya kelihatan dibatasi dengan garis yang pada akhir nya, bagian ini pas sama dengan rotor nya.

Lalu diatas bukit tersebut ada gambar beruang, nah saya tidak tahu kenapa gambar beruang kutub, sedangkan nama nya adalah Phantom seperti tidak ada keterkaitan, antara gambar beruang kutub dengan nama Phantom.

jam tangan automatic proxima omnion

Tapi ok lah, spek-spek lain nya diprint berwarna hitam di sekeliling caseback dan movement PT5000 yang mereka pilih adalah yang yang gold plate bukan yang silver, mungkin biar kelihatan lebih mencolok, ok lah kita tinggalkan bagian caseback nya sekarang saya masuk ke hal ke 4 yang bisa saya highlights adalah bagian strap nya yang kalau menurut saya ini sangat biasa saja.

jam tangan automatic proxima omnion

Strap nya berbahan nylon canvas, flat berwarna biru kualitas nya lumayan walaupun bukan yang terbaik dan agak ketolong sama Mechanism quick release di strap nya. walaupun ini sudah bukan menjadi fitur andalan lagi di jaman sekarang. Kalau menurut saya, jam tangan ini bakalan akan lebih ok lagi kalo strap nya ini misal nya diganti dengan mesh bracelet atau bracelet yg lain nya lah. Bukan canvas seperti ini jadi kalau kalian beli jam tangan ini, sebaiknya pakai strap yang lain.

OK, terakhir, hal lain yang mau saya highlights, hal kelima yang bisa saya highlights adalah bagian luminous nya menggunakan SUPERLUMINOVA BGW9, warna nya biru dan kalau menurut saya, qualitas nya bagus untuk jam tangan yang bukan dive watches, sangat responsif dan sangat durabel.

jam tangan automatic proxima omnion

VERDICT

Ok, saya rasa itu saja review singkat saya, soal sebuah merek jam tangan dari China yang masih jadi satu brand atau satu managemen dengan Proxima yaitu merek Omnion, di model PHANTOM AUTOMATIC OM16b yang desain nya kalau menurut saya, cukup menarik, secara build quality dan speksifikasi cukup advance untuk sebuah jam tangan yang dibandrol 3 jutaan, movement nya juga sudah hybrid walaupun PT5000 ini memang belum terlalu populer tapi at least sudah masuk di kaliber corner.

Setelah mempertimbangkan konsep desain, build quality, speksifikasi dan hal-hal lain yang lain baik positif maupun negatif, saya mungkin bisa kasih rating jam tangan ini di score 4 kurang.

Score diatas 3,5 dan tidak mencapai score 4 kalau menurut saya, dengan mempertimbangkan poin-poin yang tadi saya bahas.

tapi semua berasal dari penilaian saya secara pribadi dari berdasarkan perspektif dan referensi yang saya punya yang mungkin berbeda dengan pendapat kalian, ya jadi jangan ditelan mentah-mentah. Semua orang berhak punya pendapat..

Ok saya akhiri sampai disini saja, selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya. 

And always a good day...

 

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/timeindo/etalase/my-collections

Aliexpress: https://s.click.aliexpress.com/e/_DDbGoML