Tennet Watches adalah sebuah microbrand yang berasal dari Singapore yang masih sangat baru dan di tahun 2023 kemarin mereka launching model perdananya mereka yaitu Somerset. Co-foundernya Royce Wee ia adalah seorang lawyer yang bekerja dibidang teknologi untuk membantu pemerintahan. Tennet adalah perusahaan jam tangan independen yang percaya pada prinsip-prinsip utama dalam menciptakan jam tangan yang baik dan dapat diandalkan: desain berkualitas tinggi yang dipasangkan dengan mesin jam yang luar biasa. Tennet didirikan atas dasar keyakinan bahwa jam tangan bukanlah sekedar objek keinginan. Tapi Jam tangan yang diinginkannya itu adalah mesin yang memadukan estetika klasik dengan penguasa mechanical modern.


Nama Tennet itu sendiri diambil dari kata yang artinya adalah prinsip hanya saja mereka ditambah N satu lagi jadi Nnya ada dua tujuannya untuk menyeimbangkan logonya kalau saja baca tiga huruf utamanya adalah TEN dan tiga huruf terakhir kalau dibaca dari belakang juga TEN itu alasannya keseimbangan konsep yang diambil dari jam tangan yang mereka buat.



Untuk model perdananya yang Somerset, Tennet secara formal membuat 3 varian yaitu Onyx, Moon, dan Lagoon. Diameter pada jam tangan ini adalah 38mm dengan ketebalan 9.5mm (diluar crystal), lug to lugnya 46mm, dimesi bertema retro cocok sekali untuk laki-laki dan cocok juga untuk perempuan perpaduan profile case yang tipis dan ditambah lagi lugnya yang tapring langsung menekuk kebawah dan sangat mengikat pergelangan tangan kita. Dialnya terlihan elegan, formal, dan sporty selain itu strapnya juga sangat nyaman untuk dipakai dipergelangan tangan.



316L Stainless Steel case, Sapphire Crystal dengan 6 layer lapisan anti-reflective, push pull crown, multi layer sector dial tanpa tanggal dan strapnya berbahan calf skin leather strap buatan Delugs artisan strap yang cukup terkenal di Singapore, exhibition caseback dengan movement yang terlihat hand-wound buatan Swiss-made yaitu Selita SW210-1 Running di Frequency 28,800vph manual wound mechanism, 19 jewels power reserved hingga 42 jam dan untuk jam tangan ini water resistantnya 200meters, spesifikasi yang teknis cukup sangat bagus dan ini pas sekali untuk kalian pada Watch Enthusiast.



Untuk bagian dial ada banyak hal menarik dibagian dialnya, bergaya sector dial, dialnya terbagi beberapa bagian atau beberapa sector. Sector yang paling dalam finishingnya circular brush yang dikasih efek sunburst ini berhasil memberikan efek dinamis ketika berhadapan dengan angle cahaya yang berbeda-beda, untuk varian Onyx ini waranya bukan hanya hitam pekat tapi lebih ke grey tepatnya, sementara untuk yang biru sangat bagus untuk finishingnya. Untuk dibagian atasnya hanya saja bagian logo yang di tempatkan dibagian atas inner dial applied logo yang shapenya seperti logonya Lemania jama dulu, dibagian bawahnya polos simple dan elegan.



Lalu untuk bagian dial yang kedua adalah yang diluar atau tempat index jamnya bagian ini pun dibagi dua lagi dibagian dalamnya dibuat bertektur yang sangat unik finishingnya rapih dan dibagian luarnya dibuatlah pattern garis dengan warna yang kontras sangat menarik, dinamik untuk dialnya dan finishingnya juga sangat rapih sekali, jam tangan ini tidak punya tanggal dialnya benar-benar clean markernya semua applied berwarna silver didominasi bentuk stick marker hanya untuk marker 3,6,9, dan 12 dibuat bentuk seperti water drop yang melambangkan air tentunya sebagai symbol keseimbangan pada jam tangannya. Tdak hanya itu shap pada jarum dan handsnya juga dibuat water drop dibuat semi skeleton dan dilapisi luminous.



Untuk luminousnya secara keseluruhan aplikasinya sepertinya tidak biasa cenderung ke simple dan tapi ada satu hal yang berbeda jarum menit dan marker 12 kalau kalian perhatikan luminousnya berwarna orange ini berbeda dengan luminousnya berbeda dengan warna lain yaitu biru dan ini tujuannya untuk memudahkan indicator timing dalam kondisi gelap, seluruh luminous ini berbahan superluminova yang biru BGW9 sementara yang orange adalah superluminova OL-Orange Glow kadar lapisannya juga bagus, terang, responsive, dan sangat durable.



Yang menarik dari jam tangan ini juga ada dibagian case dan bezelnya, untuk bezelnya ini bukan bezel pada jam tangan pada umumnya untuk bezel ini berbentuk cekung bukan cembung tujuannya adalah untuk menampilkan aksen glossy yang lebih baik dari pada yang cembung selain itu ini terlihat secara estetik kalau dilihat dari samping dan untuk casenya terlihat sangat ramping dan tipis. Untuk bagian case memiliki finishing sunblasted sangat halus dan sangat rapih sekali ini juga sangat kontras dibagian bazelnya. Profile crownnya sangat tipis tapi ini sangat bagus dan kalau griginya juga sangat solid gampang diputar dan tidak terasa tajam.



Terakhir untuk casebacknya sangat cantik, exhibition caseback yang memperlihatkan movement selita SW210-1 manual wound finishingnya sangat bagus, material casbacknya sangat premium dan ini sangat layak untuk diperlihatkan. Sementara di sekeliling casebacknya seperti biasa ada beberapa tulisan yang di inggrave sangat rapih.



Jam tangan ini dapat disimpulkan walaupun jam tangannya simple tapi designya benar-benar sangat difikirkan dengan matang, tidak sekedar bikin asal-asalan finishing juga difikirkan baik-baik, dan warar saja jam tangan ini bandrol early bird pricenya adalah $800 atau setara 12,5jt ini sebenarnya masih harga early bird karna nanti setelah bulan februari harganya dibandroll jadi $1200 atau setara 18,8jt. Jika kalian ingin mengoleksi jam tangan ini kalian bisa langsung kunjungi website HOROLOGYSHOP.