Kembalinya CIRCULA watches ke pasar horology saat ini perlu di perhitungkan, bagaimana tidak jam tangan yang sudah ada sejak tahun 1955 oleh Heinz Huber family asal jerman ini sudah bergelut di dunia Horology industry sejak dahulu, sebut saja model Supersport dan Aquasport yang kini di perbarui oleh penerus generasi CIRCULA watches, Cornelius Huber yang merupakan cucu dari Heinz huber. yang terjun langsung sejak 2018 silam.



Jam tangan asal jerman sudah tidak di ragukan lagi dan CIRCULA membuktikan eksistensinya sejak dahulu, masih layak di perhitungkan saat ini. Jam tangan Aquasport II adalah versi dari model aslinya Aquasport yang rilis di era 70an, dengan membuat sebuah evolusi dari model sebelumnya. kini hadir dengan tampilan yang estetik, sporty dan elegan tentunya dengan harga yang terjangkau. Saat ini banyak kita temukan jam tangan vintage dan re-issue model yang bertebaran di pasar horologi, banyak industri jam tangan yang kini mulai melihat versi retro dari jam tangan mereka dengan memperbarui designnya. 

Sekilas perubahan dari model CIRCULA AquaSport antara seri sebelumnya tidak begitu terlihat, tetapi nyatanya mereka membuat jam tangan ini lebih funky dari sebelumnya dan dengan detail yang menarik. ukuran Case di jam tangan ini adalah 40mm dengan ketebalan 13,4 mm lebar lug 46mm. Berbahan 316l stainless steel dan saya suka bagian dialnya. 



Dial pada jam tangan ini mencuri perhatian saya, warna biru dengan motif ombak dan aquamarine yang akan berubah warna antara biru-hijau ketika terkena cahaya dari berbagai sisi selaras dengan aksen warna orange di sekeliling dialnya, markernya berwarna putih dengan outline warna orange bergaya stick marker. Kaca yang mereka pakai adalah domed sapphire crystal, dengan lapisan anti reflective.

Bezel di jam tangan ini berwarna hijau tuadan biru muda dengan marker 60 menit  dipisahkan dengan line berwarna biru di marker 20menit yang di lapisi oleh sapphire crystal. Bezelnya uni-directional 120-klik terasa sangat solid saat di putar tanpa backplay, crownnya di beri aksen orange dan menurut saya keseluruhan tampilan depan jam tangan ini sangat indah.



Mesin yang di pakai adalah SW200-1, dan pilihan ini tepat mengingat jam tangan ini mempunyai tingkat akurat yang bagus. running di frequensi 28,800vph dengan power reserve hingga 38jam. casebaknya solid dengan engrave penyelam bergaya mural art, tanpa exhibition. kalau saja jam tangan ini semi- exhibition mungkin akan terlihat lebih fun.



Untuk bagian lumenya no issue, durable mengingat lume yang mereka pakai adalah Superluminova BGW9 dan Swiss Super-LumiNova C3 XI di handsnya keseluruhan marker dialdan bezelnya di berikan lume dan jujur ini tampilannya sangat fun dan kualitas lumenya terbilang sangat baik. Mereka memberikan 2 strap yang pertama adalah tropical ruber dan stainless steel bracelet berbahan 316l dengan gaya bead of rice. dan di pakainya sangat nyaman. karena ini merupakan jam tangan diver, water resistance dari jam tangan ini adalah 200m/20ATM.



Harga yang di banderol di website resminya adalah EUR 799 atau setara dengan IDR 13jutaan tidak murah dan tidak mahal, namun dengan spesifikasi yang advance dan design jam tangan yang memukau jam tangan ini masih terbilang worthy.



Aquasport II nyatanya berhasil membawa jam tangan ini berevolusi dari seri sebelumnya. membawa tema Vintage di jaman sekarang ini, dan berhasil membuat terpukau bahkan orang yang belum mengenal merk CIRCULA sebelumnya saya yakin akan mudah jatuh cinta dengan jam tangan ini. so, tertarik ? dapatkan jam tangannya di sini