MERK TERTUA DI JEPANG SETELAH SEIKO
Kita semua tau bahwa Seiko adalah salah satu merk tertua dalam industry horology jepang sebuah berdiri sejak 1881 dan tapi tidak banyak yang tau kalau setelah Seiko, Orient lah merk mengikuti jejak Seiko sejak 1901. Merek jepang lainnya seperti Citizen lahir ditahun 1918, lalu Casio di tahun 1948, kembali ke Orient pada tahun 1901 seorang watch maker bernama Shogoro Yoshida membuka Tokyo jam di Tokyo dan setelah beberapa decade mengimpor juga menjual jam di sana akhirnya ia pun memutuskan untuk mecoba membuat casing jam dan jam dinding pada tahun 1920, lalu ia melegalkan perusahaannya yang bernama Toyotoke Factory.



Pada tahun 1934 perusahaannya mulai membuat jam tangan yang diproduksi di hino factory, lalu pertengahan 1940 hino factory mencoba menghidupkan kembali factory nya tapi gagal dan ditutup secara permanen. Karena prospeknya dinilai bagus para teknisi di hino factory bergabung dan membuat perusahaan manufacturing jam tangan yang bernama Tama Keiki Company pada tahun 1950, yang setahun kemudian Namanya di rubah menjadi Orient Watch Company pada tahun 1951.



Dari sini lah cerita Orient ini dimulai dan dikenal sebagai modern watch making company di Jepang. Produksinya dimuali masal dan focus untuk membuat jam tangan mekanik yang bagus tapi harganya terjangkau hingga saat ini. Nama Orient sendiri diambil Bahasa Latin yaitu Oriri yang artinya To Rise, untuk Terus Naik Terus Bersinar.

ORIENT SEMPAT MEMILIKI 3 LINI
Pada tahun 1950, Orient adalah branding awalh yang di cap sebagai Logo di jam tangannya, setelah itu Orient merasa perlu untuk menjangkau menengah keatas, maka dibuatlah orient Star sejak tahun 1951, kemudian pada tahun 1957 Orient merasa perlu untuk menaikkan kelasnya lagi, maka dibuat lah Orient Star Dynamic. Melihat perkembangan yang sangat positif, Orient Watch Company memutuskan untuk menjangkau pasar Luxury Watches, maka dibuatlah Royal Orient sejak tahun 1959, sejak itu Royal Orient yang punya jewel paling banyak dimovementnya, jumlah jewelnya sekitar 100pcs termasuk dekorasi di sekeliling movement dan juga rotornya.



Saat ini Orient Star banyak dibicarakan oleh kalangan watch enthusiast karena Orient sendiri kurang terlalu di develop kecuali lini dive watchnya, Orient Star Dynamic sepertinya Sudah tidak di produksi lagi, sementara Royal Orient sempat mati, dan di hidupkan kembali di tahun 2004 sampai tahun 2016, dan sepertinya sudah di Discountinued.

LOGO BARU ORIENT PUNYA ARTI YANG SANGAT DALAM
Logo Orient, Orient Star, dan Royal Orient mengalami perubahan dari sejak dibuat pertama kali. Untuk Orient yang keluar di tahun 50-60an, Logonya hanya tulisan simple biasa. Kemudian berubah menjadi tulisan Orient dengan logo 2 singa yang mengenggam perisai sejak tahun 1970 hingga saat ini. Orient Star juga sama, Sementara Royal Orient diketahui memiliki Logo Sejak kehadirannya.



Lebih dekat ke logo Orient yang baru, ada 2 singa yang saling berhadapan menggenggam perisai, dimana perisainya ada mahkotanya, dan di dalamnya ada huruf O, untuk dibawahnya ada tulisan Orient. Kalau bicara arti dari logonya sangatlah dalam, Singa yang di posisi kiri melambangkan Orient Sebagai Merk, lalu Singa posisi kanan melambangkan Orient distributor atau dealer yang bekerjasama dengan Orient. Lalu lingkaran didalam prisai melambangkan inisial Orient yang juga melambangkan costumernya Orient. Sementara perisai dan mahkotanya melambangkan Orient yang sangat mendahulukan customer, berorientasi kepada customer adalah Raja.

Bicara soal filosofi logonya sangat dalam dan logo ini menjadi identitas merk Orient hingga hari ini, walaupun tidak semua orang suka dengan logo tersebut yang terkesan ramai.

NICK NAME ORIENT BUKAN RESMI DIKELUARKAN OLEH ORIENT


Model-model jam tangan Orient biasanya hanya kombinasi huruf dan angka saja tapi beberapa model jam tangan Orient punya nickname khususnya yang lini dive watchnya. Nick name Ray, Mako, Ray II, Mako II, Kanno, Kamasu, Atau yang bukan divernya seperti Bambino, dan itu juga bukan nama resmi yang dikeluarkan oleh Orient Watch Company, melainkan sebutan atau nickname yang dibuat oleh Orient watch Nerd, atau Orient Enthusiast yang menjadi lazim disebut kalangan komunitas pecinta dan pengguna jam tangan merk Orient.

ORIENT WATCHES 100% IN HOUSE


Sejak awal berdiri, Orient membangun seluruh jam tangannya sediri alias In House, sampai ke movementnya pun In House saat ini. Banyak movement buatan Orient yang paling tentunya hanya dipakai dengan merk Orient, sebut saja yang paling popular adalah Calibre 46, ada juga caliber 55, caliber F6N, caliber F4, Calibre YN dan lain-lain. Semuanya didevelopoleh orient. Orient sempat mengalami masa sulit di tahun 1990, lalu Seiko Epson menyelamatkan, sehingga Orient pun bernaung di bawah Epson Sejak saat itu, maka Movement yang dibuat oleh Orient sejak pertama dulupun pada akhirnya manufacture oleh Epson. Pertanyaanya adalah apakah Orient dibawahnya Seiko?

ORIENT TIDAK DIMILIKI OLEH SEIKO
Seperti yang kalian tau Seiko Group terdiri dari 3 perusahaan utama yaitu Seiko Instrument, Seiko Holding Corporation, dan Seiko Epson Corporation. Ketiga perusahaan tersebut berjalan masing-masing tidak berada di bawah kendali salah satu diantaranya.



Jam tangan Seiko berada di bawah Seiko Holding Corporation, lalu sejak tahun 2001, Seiko Epson memiliki saham mayotitas merek Orient yaitu 52%, dan sejak tahun 2009 Seiko Epson memiliki seluruh sahamnya Orient. Jadi Seiko berada di bawah Seiko Holding, sementara Orient berada di bawah Seiko Epson. Keduanya tidak saling kenal secara alur produksi, berjalan masing-masing dengan kebijakan masing-masing, mungkin lebih teptnya Orient adalah Sister Company nya merk Seiko.

ADA MODEL ORIENT YANG SEOLAH DIHAPUS DARI SEJARAH ORIENT
Ketiga merek Orient ini lah yang kalian sudah tidak bisa temukan lagi silsilahnya di website Orient. Seolah Orient tidak mengakui kehadiran model yang dikenal dengan Orient Submariner ini, Designnya sangat mirip dengan Rolex Submariner 16610 yang mulai keluar sejak tahun 1988 hingga tahun 2010. Dive watch Orient yang paling popular adalah Mako yang keluar sejak 2004, ada juga Orient Ray, Orient Kamasu. Tapi tidak pernah disebutkan Orient yang sekarang.



Model ini memang sudah tidak diproduksi lagi, bahkan Orient model ini sempat bersinggungan dengan ROLEX, sempat di tuntut dengan Rolex karena benar-benar mirip, dan tidak hanya mirip, sepertinya mulai dari parts nya pun Interchangeable, missal bzel insertnya yang katanya sama persis dengan Rolex Submariner 16610 yang sudah discountinued sejak tahun 2010. Walaupun rumornya ini dari Orient Enthusiast.



Orinet mengeluarkan model submariner ini sekitar ditahun 2010, jadi seperti kita lihat Orient ingin mereplace Rolex 16610 yang doscountinued di tahun tersebut. Dan diketahui Orient sempat membuat 2 generasi untuk model Submarinernya, untuk generasi yang pertama dengan model reference 2ER00002D0, lalu di perbarui di generasi kedua yaitu dengan model reference CER000080. Secara spesifikasi sama, movementnya juga sama yaitu menggunakan Orient Calibre 48743 Automatic 21600 VPH.



Yang membedakan dari kedua model ini hanya beda detail dialnya saja, di generasi kedua logo Orientnya sudah pakai yang baru, begitupun beda di bagian detail bawahnya, untuk spesifikasi lainnya sama, crystalnya mineral, screw down crown, movementnya sama, water resistantnya sama, dan semuanya sama. Orient yang satu ini tentunya sudah tidak diproduksi lagi, statusnya tidak diketahui benar atau tidak atau dikarenakan Rolex menuntut Orient, tapi Orient Submariner ini sekarang sangat dicari oleh para Kolektor Orient, Harganya juga jadi mahal dibandroll sekitar 10 juta dan bisa lebih. Mungkin karena itu orient juga tidak pernah menceritakan model ini dalam penggalan sejarah mereknya, seolah-olah tidak diakui.