What is your honest opinion about Homage Watches? Sebenarnya dari dulu tidak ada masalah dengan Homage Watches atau Lazy Homage, namun biasanya karena ingin memakai jam tangan yang berbeda dari orang lain, maka jam tangan tersebut jarang dipilih banyak orang.

Tetapi, khusus jam tangan yang akan dibahas kali ini sepertinya kalian harus mempertimbangkannya. Sebelumnya, kami sudah membahas keindahan dial dari salah satu Swiss Brand yaitu Zenith: Lebih Tua dari Rolex! Zenith The Brand Savior

Dimana pembahasan Homage Watches kali ini, ada hubungannya dengan brand tersebut. Merk ini berasal dari China, yaitu Sugess yang berada dalam 1 grup bersama Seestern.

jam tangan automatic china

First Impression
Harus diakui build quality series jam tangan ini bagus, memiliki 4 varian sejauh ini dan semuanya mengacu pada Zenith Chronomaster Revival. Contohnya sebagai berikut:

1. Blue

Mengacu pada Zenith Chronomaster Revival A3818

Mix colour sub-dials

Mengacu pada Zenith El Primero Revival A3817

2. Panda dial

Mengacu pada Zenith El Primero Revival A384

jam tangan automatic china

3. Green

Mengacu pada Zenith Chronomaster Revival Safari, dimana tidak menggunakan case yang sama yaitu black.

Tentunya, tidak sepenuhnya sama persis dengan semua model tersebut. Bentuk case, desainnya bisa dikatakan mirip sekali, beserta dimensinya. Namun, susunan sub-dialsnya berbeda dengan inspiratornya, karena movementnya juga berbeda. Kalian juga jangan berharap spek movementnya juga akan sama.

Tidak mungkin series Sugess menggunakan High bit Automatic Chronograph Movement dan sayang sekali untuk model yang Canvas strap kualitasnya agak kurang, biasa saja seperti strap jam tangan China pada umumnya. Untungnya, mereka memberikan opsi strap bracelet yang sangat solid, walaupun desainnya tidak sama dengan Zenith.

jam tangan automatic china

Technical Specs

Pertama-tama, seperti yang dikatakan sebelumnya untuk jangan berharap series Sugess ini menggunakan movement yang sama dengan inspiratornya. Sugess El Primero Wanna be ini menggunakan movement Seagull Mechanical Chronograph yaitu caliber ST1902—yang sudah advance dengan regulator leher angsa atau swan neck, lebih stabil dan realible.

Seperti yang kalian tahu, movement tersebut menggunakan blueprint Venus 175, running di 21.600 vph, 22 jewels, 42 hour power reserve. Mendukung 3 sub-dials Chronograph.

  • Sub-dials di angka 9: second hand
  • Sub-dials di angka 3: thirty minute counter
  • Sub-dials di angka 6: 12 hour tracker, yang sepertinya useless karena sama dengan penunjuk jam yang ada di dial utama.

jam tangan automatic china

Tanpa fitur tanggal dan sama seperti jam tangan Chronograph pada umumnya untuk pengoperasiannya. Harap diingat, movement yang dipakai adalah hand wind movement atau manual winding movement—artinya benar-benar hanya mengandalkan power dari hand winding. Kalau digoyangkan dan digerakkan tidak akan berpengaruh pada powernya.

Tapi, ada satu kelebihan lagi dari movementnya yaitu dekorasinya yang cantik.

jam tangan automatic china

SPESIFICATION

Case Diameter: 37mm
Thickness: 14.5mm
Bezel: Static Bezel



Case Material: 316L Stainless Steel Brused
Dial: 3 sud-dials (second, minute, 12 hour)
Strap: Stainless-Steel bracelet, Canvas Strap with Quick Release Mechanism
Crystal: Domed Sapphire Crystal



Caseback    Blue steel screws (swan neck) and Exhibition Case Back Cover
Movement    Sea-gull ST1902 movement, manual winding
Function: 12 Hours and seconds Indicator, 30 Minutes Chronograph
Water Resistance: 5 ATM / 50 Meters

 

HIGHLIGHTS

  1. Case finishing

Di luar dugaan ternyata Sugess El Primero ini memiliki finishing yang bagus, very solid case dengan 316L Stainless Steel dengan brushing yang rapi, tidak ada side edges sama sekali yang biasanya ditemukan di China Watches.

jam tangan automatic china

  1. Dial

Kalau soal warna memang kembali ke selera, tapi yang ingin disampaikan di sini adalah di beberapa model inspiratornya ada sub-dialsnya yang berbeda ukuran antara sub-dials yang 3 dan 9, dibandingkan sub-dials di angka 6.

Ada pula di beberapa varian Zenith, sub-dialsnya bersentuhan satu dengan yang lain, seperti di Zenith A3817. Tentunya ini tidak sama dengan line up di Sugess El Primero dengan sub-dials yang semua sama tidak bersentuhan satu sama lain.

jam tangan automatic china

  1. Bracelet atau strap

Untuk canvas strap not the best, dengan bahan yang kaku. Namun, dilengkapi dengan quick release. Berbeda dengan bracelet-nya yang solid, berbahan 316L Stainless Steel, finishing brushed yang rapi, dilengkapi double locking clasp—sayang tidak menggunakan quick release mechanism.

jam tangan automatic china

  1. Luminous

Tidak bisa diharapkan memang untuk jam tangan yang bukan dive watch. Tetapi, series Sugess ini tidak melupakan bagian luminousnya, berbahan Superluminova C3 berwarna hijau, cukup terang dan durable.

jam tangan automatic china

VERDICT

Secara mengagetkan kualitasnya memang bagus sekali. Dibanderol dengan harga yang tidak terlalu murah dibandingkan dengan China Watches lainnya, walaupun masih di bawah Rp 4 Juta. Namun, melihat dari spek dan build quality-nya sangat worthy.

Rating yang dapat diberikan untuk series Sugess El-Primero wanna be ini adalah 4/5.

Untuk mendapatkan jam tangan Sugess El-Primero Homage, silahkan mengklik tombol berikut:

Tokopedia Horology Store