Seiko Astron Solar merupakan jam tangan yang memadukan tenaga surya dengan keakuratan penunjuk waktu GPS, dan telah menjadi yang terdepan dalam inovasi pembuatan jam tangan selama lebih dari setengah abad.

REVOLUTION

Dimulai pada tahun 1959, ketika Seiko meluncurkan proyek untuk mengembangkan jam tangan quartz. Teknologi quartz dipandang sebagai masa depan ketepatan waktu, karena menawarkan tingkat presisi yang jauh melampaui jam tangan mekanis. 

Setelah satu dekade penelitian dan pengembangan, Seiko berhasil menciptakan jam tangan kuarsa pertama di dunia, yang dirilis sebagai Quartz Astron 35SQ pada tahun 1969. Jam tangan ini merupakan produk revolusioner yang mengubah sejarah ketepatan waktu. memiliki akurasi ± 5 detik per bulan, yang sekitar 100 kali lebih baik daripada jam tangan mekanis. 

Pada tahun 2012, lebih dari 40 tahun setelah revolusi Astron pertama, Seiko memperkenalkan produk terobosan lainnya: Seiko Astron GPS Solar. yang merupakan jam tangan surya GPS pertama di dunia, jam tangan yang dapat menerima sinyal GPS dan mengidentifikasi data zona waktu, waktu dan tanggal menggunakan jaringan satelit GPS global. memiliki sel surya yang dapat mengubah sumber cahaya apa pun menjadi energi listrik untuk menyalakan jam tangan. yang berarti jam tangan selalu dapat menunjukkan waktu lokal yang akurat, di mana pun berada, tanpa memerlukan penggantian baterai atau penyesuaian manual. Seiko Astron GPS Solar dipuji sebagai penanda "revolusi Astron kedua" oleh banyak penggemar jam tangan.



Seiko Astron GPS Solar telah berevolusi selama bertahun-tahun, tidak hanya dalam hal fungsionalitas tetapi juga dalam hal desain. 
Saat ini Seiko melanjutkan tren kontemporernya dengan memulai debut serangkaian jam tangan yang menampilkan design subdial off-center dan casing sudut dan mempertahankan mekanisme GPS surya.
menampilkan estetika yang lebih kontemporer yang mencerminkan identitas dan warisan Astron GPS. Casenya telah disempurnakan menjadi lebih tipis dan lebih ringan berkat material titaniumnya.
Seri baru ini mencakup empat jam tangan yang akan menjadi koleksi Astron, dengan model SSJ013, SSJ014, SSJ015, dan SSJ017. Keempat jam tangan tersebut akan tersedia di seluruh dunia mulai Juli 2023.

THE DESIGN

Casenya berbentuk Octagon segi delapan, hal ini menjadikan case Astron terbaru ini terlihat kokoh, dengan memakai bentuk geometri, materialnya berbahan titanium dengan lapisan super keras untuk bertahan dari goresan. Berdiameter 41,2mm dengan ketebalan 12mm, dengan lug hamper 48,6mm.




Patern Dial di jam tangan berbentuk grid, dan jujur design tahun ini memang lebih fresh, memang bukan original design karena bentuknya mengingatkan kita dengan royal oaknya AP dan luxury model yang beredar di pasaran, namun tidak di pungkiri design Astron di tahun ini sangat baik dan fashionable tentunya dengan beberapa pemilihan material dan patern yang baik.
Seiko mengklaim motif dan patern grid ini terinspirasi Quartz Crystal yang membentuk osilator frekuensi tinggi yang ditemukan di jam tangan Quartz Astron pertama mereka, yang di keluarkan di tahun 1969.
GPS Astron baru tersedia dalam empat warna. Tiga adalah varian regular: dengan warna dasar biru (SSJ013), abu-abu dengan bezel berlapis rose gold(SSJ014), dan hitam (SSJ015). Dan model terakhir adalah limited edition dengan dial abu-abu, yang berbentuk garis horizontal (SSJ017).




Semua modelnya memiliki desain dan layout yang sama. Dialnya memiliki sub-dial soliter di poisi jam 8, yang berfungsi untuk menunjukkan status sinkronisasi satelit GPS dan power reserve, dan terdapat date window di posisi jam 3.
Jam tangan baru ini didukung oleh movement GPS Solar yang baru, yaitu Calibre 3X62, dengan tenaga surya dan masa waktu baterai yang berjalan enam bulan dalam operasi reguler (mencapai hingga 2 tahun dalam mode hemat daya), Caliber ini menawarkan penerimaan GPS yang lebih baik dari generasi sebelumnya. dan dengan water resistance sampai 100meter.



GPS akan mencari sinyal selama dua kali per hari ketika jam tangan mendapat asupan daya dari sinar matahari yang akan mempertahankan akurasi ±1 detik setiap 100.000 tahun. dan jika jam tangan tidak dapat menerima sinyal GPS maka, gerakannya menyesuaikan dengan akurasi hingga 15 detik per bulan. Jam tangan ini memiliki perpetual kalender yang akurat dengan 28 Februari 2100, dan menerima detik kabisat tambahan.



Seiko Astron Solar GPS SSJ013 dan edisi terbatas SSJ0017 dijual seharga $ 2.000. SSJ014 di banderol dengan harga $ 2.100 dan SSJ015 seharga $ 2.200. jam tangan ini akan di  dijadwalkan rilis pada bulan juli 2023. info lanjut bisa visit SEIKO.