Kali ini saya coba bahas satu topik yang sering ditanya sama saya, mengenai sebaiknya saya memilih jam tangan microbrand atau mainstream??, terus apa bedanya? Dan apakah saya harus memilih jam tangan microbrand ataupun jam tangan mainstream brand..??

Langsung saja saya ambil dari beberapa sudut pandang, biar ada beberapa alternatif alasan, kenapa kita harus memilih jam tangan microbrand atau jam tangan yang mainstream brand, tapi sebelumnya, saya awali dulu dengan definisi dan karakteristik utama dari microbrand dan mainstream, biar paham dari awal...

DEFINISI MICROBRAND
Jam tangan microbrand adalah jam tangan yang didesain dan diproduksi oleh perorangan atau perusahaan skala kecil yang indenpenden, tidak terikat oleh satu perusahaan atau group perusahaan lain apapun, perusahaannya hanya dikelola beberapa orang dalam satu team, atau perusahaan kecil, dan skala produksinya pun terbatas, sekitar 300 s/d 2000 pcs saja dalam satu tahun.


 
DEFINISI MAINSTREAM BRAND
Jam tangan mainstream brand atau makrobrand, adalah merek-merek jam tangan yang diproduksi oleh perusahaan besar, atau dimiliki oleh perusahaan berskala besar, dan pastinya skalanya pun sudah sangat besar puluhan atau mungkin ratusan ribu dalam setahun.
Buat bagian ini contohnya ada merek SEIKO, CITIZEN, SWATCH, ROLEX, AUDEMARS PIGUET dan lain lain, kita bisa ambil contohnya dengan mudah, karena merek ini adalah merek yang sangat familiar yang sering kita dengar.



Sebelum memutuskan apakah akan membeli jam tangan microbrand atau jam tangan mainstream brand, ada tiga point utama yang saya rangkum yang bisa dijadikan pertimbangan..
 
#PERTIMBANGAN PERTAMA adalah PAHAMI IDE DAN KONSEPNYA
Dunia horology dari awal sudah melahirkan banyak merek-merek besar yang kita masih dengar sampai dengan sekarang ini, baik yang berlabel Swiss made seperti ROLEX, Bregeut, OMEGA dan lain-lain, maupun beberapa merek besar dari Jepang seperti SEIKO, Citizen, Casio, Orient dan lain-lain, juga dari negara lain, seperti German, French dan lain lain.
Ada dua kelompok merek raksasa yang menguasai dunia horology yaitu SWISS dan JAPAN, dan keduanya menyuguhkan konsep speksifikasi dan harga yang berbeda-beda. Dan faktanya kedua raksasa yang menguasai Horology yaitu Jepang dan Swiss, ternyata menyisakan jarak yang sangat lebar terutama dari sisi harga berbanding dengan speksifikasi.

Seiring dengan berkembangnya dunia horology, kehadiran revolusi Quartz juga telah berhasil menciptakan sebuah tren horology yang baru, yang pada akhirnya memunculkan banyak merek jam tangan yang berkonsep fashion dengan harga terjangkau.



Kehadiran banyaknya merek jam tangan Quartz yang berkonsep fashion dengan harga yang terjangkau ini, ternyata berhasil membuat tren baru dalam horology dan tren itu kalau menurut saya ada dua yaitu :
  • TREN YANG PERTAMA, adalah tren hobi ganti jam tangan, karena banyaknya jam tangan murah yang desain dan warna bervariasi.
  • TREN YANG KEDUA adalah tren antimainstream, karena yang sudah pakai jam tangan itu banyak sekali, dan banyak juga yang pakai merek-merek yang sama, bahkan modelnya pun sama, maka buat kalangan tertentu lebih memilih ingin berbeda dari orang lain, dicari yang unik yang orang lain tidak punya, Tren inilah, terutama tren yang antimainstream itu yang mendorong industri microbrand mulai tumbuh, karena para watch antusias, selalu dihadapkan dengan dilema, kalau mereka ada uang banyak pun mereka tidak akan beli ROLEX setiap minggu, apalagi yang harganya milyaran sementara watch antusias di level tengah beli SEIKO, CITIZEN atau brand lain setiap minggu itu juga membuat bosan dan banyak sama dengan orang lain dan kadang speknya juga tanggung dengan harga yang tidak murah, dari sinilah jam tangan microbrand itu lahir, Jam tangan yang didesain sendiri didukung dengan perdagangan bebas china melalui Hongkong dan dijual bebasnya mesin pihak ketiga seperti contohnya SEIKO NH35A, Selitta SW 200 juga ETA, maka beberapa orang atau kelompok tertentu memulai mendesain dan memproduksi jam tangan dengan desain sendiri diproduksi di china dalam jumlah terbatas, Dan inilah ERA lahirnya microbrand yang sudah ada sejak tahun 2000-an didukung oleh digital platform dan social media yang lebih memudahkan buat dikenal oleh dunia.


#PERTIMBANGAN KEDUA, sekarang hal kedua yang perlu kita pahami adalah, SPEKSIFIKASI BERBANDING DENGAN HARGA. Kalau menurut saya, ini merupakan salah satu keunggulan dari jam tangan microbrand yang membuatnya digemari oleh para watch antusias, karena banyak cost yang tidak dikeluarkan oleh produsen microbrand ini. seperti contohnya cost branding, advertising, dan marketing. Makanya produsen microbrand diberikan ruang yang luas buat lebih fokus ke speksifikasi dan build quality, solid material, Saphirre crystal, Ceramic insert, movement seiko atau ETA atau Selitta, high water resistant dan lain-lain dengan harga yang masih masuk akal, sebut saja beberapa merek dan model seperti, misalnya Zelos, Axios, Ocean X, Boldr, Nethuns, Phoibos, Ocean crawler, Hampton dan lain lain, mereka menyajikan speksfikasi yang tinggi bahkan sangat tinggi, tidak hanya itu didukung juga oleh build quality yang bagus.



#PERTIMBANGAN KETIGA, yang bisa kita jadikan pertimbangan juga adalah TARGET PASARNYA, dan ini kalau menurut saya hal yang paling penting yang harus kita tahu, sebelum memutuskan membeli merek microbrand ataupun mainstream brand, seperti yang saya bahas di atas, kehadiran jam tangan microbrand ini memberikan angin segar buat para watch antusias, terutama di level medium high, rata-rata para watch antusias termasuk saya, yang berada di level ini punya beberapa karakteristik,

#yang pertama adalah berorientasi kepada speksifikasi yang tinggi dan build quality yang bagus, makanya dilevel ini saya akan mencari alternatif jam tangan yang speksifiksinya tinggi tapi harganya juga tidak mahal. Dan karakteristik yang saya cari di level saya dan saya yakin juga para watch antusias di level saya, itu akan sama, yaitu alternatif untuk membeli jam tangan microbrand harganya terjangkau speksifikasinya tinggi.

#karakteristik yang kedua selain berorientasi kepada speksifikasi, para watch antusias juga biasanya ingin berbeda dari orang lain, atau antimainstream dan alternatif terbaik sejauh ini adalah dengan memilih jam tangan microbrand, mereknya tidak umum beda dari yang lain, Selain itu spek yang saya minta di point 1 terpenuhi dengan harga yang masuk akal.

#karakristik yang ketiga, biasanya para watch antusias itu suka dengan jam tangan yang punya cerita, mereka tidak pandang merek, saya ambil contoh saya sendiri, saya punya G-Shock sebuah merek yang punya cerita, saya pilih OMEGA Speedmaster Moonwatch, karena sejarahnya panjang, lalu untuk di medium range saya juga punya beberapa SEIKO seperti SKX dan Mini Turtle, selain itu juga ada Citizen Promaster, karena menurut saya, merek-merek jam tangan tadi itu punya sejarah, makanya saya beli, jadi jelas sekali memang target pasar dari industri microbrand ini, adalah bukan pemula bukan orang yang tidak tahu dunia jam tangan dan bukan orang-orang yang berorientasi ke fashion watch.

SARAN
makanya saran saya secara pribadi adalah PERTAMA, kalau kalian sama sekali tidak mendalami dunia horology atau tidak mau tahu dan menilai jam tangan sebagai kebutuhan fashion semata, jangan beli jam tangan microbrand bahkan jam tangan mainstream brand pun tidak perlu, Cari yang fashionable, affordable yang bisa diganti setiap hari.

Lalu saran saya yang KEDUA, kalau kalian pemula dalam dunia horology dan mau beralih dari fashion watch ke mekanikal watch, saran saya adalah pilihlah mainstream brand, karena itu akan lebih memudahkan kalian dalam branding diri kalian, atas jam tangan yang kita pakai, kalau ada relasi yang bertanya jam tangan apa yang sedang dipakai, lalu kita tinggal jawab SEIKO SKX, atau Citizen Promaster, dan kita tidak perlu menceritakan siapa itu SEIKO, siapa itu Citizen, karena semua orang sudah tahu.

Lalu saran saya yang KETIGA, kalau kalian pemula dan ingin berbeda dari orang lain, bolehlah kalian mencoba jam tangan microbrand, dan sebaiknya diskusi dulu dengan ahlinya karena belum tentu semua jam tangan microbrand bagus dan sesuai dengan kriteria untuk pemula. Kalau sudah ok, bersiaplah-siaplah untuk menceritakan merek jam tangan microbrand yang kita beli, karena tidak banyak orang yang tahu.

kemudian saran saya yang KEEMPAT, kalau kita ada di level watch antusias, microbrand sangat layak untuk diperhitungkan speksifikasi tinggi, harga bagus dan ada yang bisa kita ceritakan dari jam tangan yang sudah kita beli, sebagai bahan obrolan dengan rekan-rekan. Selain itu saya sarankan untuk membeli beberapa jam tangan mainstream seperti SEIKO di kelas dive, yang punya history seperti misalnya SEIKO SKX, Citizen Promaster, Orient Mako dan lain-lain.

Dan saran saya yang KELIMA, kalau kita sudah berada di level high level seperti Swiss Luxury brand, sebenarnya saya tidak bisa bicara lebih banyak tapi mencoba jam tangan microbrand yang bagus menurut saya perlu kita perhitungkan untuk menyegarkan koleksi jam tangan. Banyak diluar sana yang trennya juga sepert itu, atau istilahnya bisa juga menjadi watch kolektor.
 
Saya rasa cukup sampai disini, semoga tulisan ini saya bisa membantu memberikan gambaran apa perbedaan prinsip antara microbrand dengan mainstream brand dan selain itu juga bisa memberikan guidance buat memutuskan yang mana yang harus kita beli di level horology.

Secara pribadi saya suka dengan jam tangan microbrand, karena speksifikasinya tinggi harganya terjangkau, desainnya bagus, build qualitynya juga bagus, dan buat saya topik horology itu menarik, jadi saya butuh jam tangan yang bisa saya ceritakan, selain microbrand saya juga memilih beberapa mainstream brand yang saya pilih biasanya model-model yang punya history ataupun story yang bisa saya ceritakan ke orang lain.

tapi itu balik lagi, semuanya saya kembalikan ke masing-masing, dan semua berujung ke budget yang memaksa kita, ada dimana dalam dunia horology, posisi saya dalam horology bergeser ke posisi saat ini, karena level income pun sudah lebih baik, dulu pun saya pun tidak suka jam tangan sama sekali karena NO BUDGET, dan sekali lagi saya ingatkan, konsekwensi horology adalah budget.
ada dua opsi yang bisa saya sampaikan,

"WORK HARDER TO GET MORE INCOME, SAVE IT UP AND BUY HOROLOGY PIECES, atau KEEP DOING WHAT YOU DOING, AND BUY AFFORDABLE WATCH TODAY" 

Keduanya menurut saya tidak ada yang salah, Jam tangan mainstream brand ataupun microbrand keduanya sama-sama produk horology masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. masing-masing punya ide dan konsep, masing-masing punya prinsip dan masing-masing punya target pasar yangn berbeda.

Semuanya balik lagi ke target pasarnya yaitu ya kita. kembali lagi ke masalah selera, kembali ke masalah posisi kita dalam horology, kembali lagi ke masalah budget. Kembali ke masalah tujuan kita dalam membeli jam tangan dan bagaimana kita menilai jam tangan itu sendiri.
jam tangan microbrand buat saya hanya tambahan opsi dalam dunia horology yang punya identitas sendiri dan sangat layak untuk dipertimbangkan di level horology tertentu.