Rasanya saat ini kita sering di temukan oleh konsep design Retro vintage yang beredar di pasaran, tampaknya para produsen jam tangan mulai melirik kembali era keemasan dari design jam tangan yang ikonik pada tahun 60-70an.

Jam tangan ini salah satunya, mengingatkan kita kepada jam tangan Porsche Design Ocean Titan 2000, yang di buat pada tahun 70an. Jam tangan ini di rilis oleh AEROTEC sebuah brand asal Malaysia tepatnya kuala lumpur. dengan membawa kembali konsep design jam tangan iconik Porsche design di tahun 70an. 
Brand yang satu ini memang tidak banyak orang tau, tetapi merk yang satu ini sudah tidak asing untuk komunitas dan para bidder di platform crowdfunding. 
Merk yang satu ini adalah AEROTEC di model FORTE Ti, merk yang satu ini sudah ada sejak tahun 2015 dan sudah banyak mengeluarkan model-modelnya yang di dominasi oleh diver watch dan konsep vintage.


Untuk model FORTE Ti sendiri terdapat 8 varian dengan total warna dial ada 4, AF2 Pink dial Regular dan Black DLC, AF3 Black dial Regular dan Black DLC, AF4 White dial regular dan Black DLC, dan AF1 Blue Dial seri regular dan Black DLC yang saat ini akan kita review.
Mereka sendiri mengkalim kalau jam tangan mereka ini di adaptasi oleh model Porsche Design Ocean Titan 2000 yang ikonik di tahun 70an, dan nyatanya mereka berhasil mengeksekusi konsep designnya dengan sangat baik.


Casenya berbahan Titanium Grade 5, beratnya ringan hanya 47gr, dengan diameter 40mm yang termasuk standar ukuran orang asia. warna dialnya sendiri saya kebetulan suka. karena enak di pandang mata, warnanya warm dengan tekstur sand dial dan mereka menyebutnya 
Marker dialnya cukup simple, dengan layout hanya angka 12 aja yang di munculin sisanya memakai dot marker, ada date window di bagian angka jam 6, logo yang mereka tempatkan juga cukup simple hanya icon merknya yang di posisikan di bawah marker jam 12. minute tracker berwarna merah. 60 menit marker bezel khas diver, berbahan titanium 120 click unidirectional dengan aksen putar yang firm, tapi ada isu sedikit karena bezelnya itu tidak ada aksen gerigi jadinya bezel terasa cukup licin.


Double domed sapphire crystal dengan anti reflective, screw down crown. semi exhibition caseback yang hanya menampilkan lingkaran kecil di engrave bergambar penyelam jaman dahulu, di kelilingin lubang- lubang seperti sebuah jendela kapal selam, cukup unik karena mereka selalu memberikan engrave yang khas di beberapa model jam tangannya.


Jam tangan ini di tenagai oleh movement Miyota Cal.9015 yang sepertinya mereka pilih untuk mempertahankan ketebalan jam tangannya, yang membuat jam tangan ini mempunyai ketebalan di 12mm. running di frekuensi 28.800vph, dengan power reserve sampai 42jam.
Lumenya cukup untuk sebuah jam tangan diver, berbahan Super luminova BGW9 yang full lume ada di varian AF4 dan AF8.



Strap yang mereka tawarkan ada 2 jenis, untuk paket standarnya adalah balistic Nato/Zulu strap. dan mereka memberikan add on bracelet berbahan titanium. 
Jam tangannya di banderol dengan harga USD 617 atau setara dengan IDR 9 jutaan. Jam tangan ini bisa menjadi sebuah pertimbangan layak kalau kalian suka dengan konsep jam tangan diver bergaya retro design, dengan spesifikasi yang lumayan. berbahan titanium, casebacknya unik.



Overall jam tangan ini sangat bagus dari segi tampilan, memadukan konsep vintage dan modern di jam tangan ini. dan rasanya jam tangan ini sedang membangun icon dari sebuah merknya yang cenderung menggabungkan konsep vintage dan modern di semua tipenya, dengan berbahan titanium grade 5, sepsifikasi yang cukup advance rasanya jam tangan ini layak di perhitungkan. koleksinya bisa anda dapatkan di sini