BLUE SHARK adalah sebuah perusahaan yang dari awalnya fokus ke NYLON Material Strap Replacement dari Swiss, hanya saja saya kurang tahu strapnya ini dari swiss atau bukan, lalu apa kelebihannya ini karena kalau dilihat ini hanya strap NATO yang biasa saja, warna-warnanya juga kurang lebih mirip Nylon Strap NATO yang sering kita lihat atau yang kita beli tapi harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan strap NATO atau Zulu pada umumnya.
 
makanya mari kita lihat lebih dekat biar tahu apa bedanya
 
Foundernya dari Blue Shark adalah seorang pecinta Nylon strap atau Nato strap yang sering kecewa dengan kualitas strap yang dia beli, makanya dia mencoba mendevelop Nylon strap sendiri yang fokus pada kualitas materialnya, sehingga lebih nyaman kalau dipakai maka dibuatlah banyak opsi varian, dan material hasil kreasinya, ada original Blue shark, Alpha premier, Alphard shark dan lain-lain, banyak sekali variannya.
 
Selain itu mereka juga tidak buat Nylon strap saja, mereka buat juga rubber strap, canva strap dan lain-lain. sekarang kita fokus ke Nylon strap atau NATO strap, atau yang mereka sebut Pass-Through Watch Strap, kita lihat yang ini dulu Ini adalah varian original collection bergaya Bond yang berbahan High Grade Balistik Nylon yang punya kelebihan comfortable tetapi juga durable, finishingnya sangat rapi dan jahitannya juga rapi, tidak ada yang berantakan, harga lineup original collection ini ada di angka 18 USD atau setara dengan 250 ribuan.



lalu dua varian ini masuk di lineup Alfa Premier Seatbelt Strap, yang merupakan salah satu flagship Nylon strap dari BLUE SHARK, qualitas nylon yang smooth, tebalnya hanya 1,2mm, finishingnya mengkilap jadi kelihatan elegan, selain itu juga finishingnya rapi dan patternnya ini kecil-kecil, jadi kalau dibandingkan sama yang original kelihatan sekali beda teksturnya,sehingga yang ini jauh lebih lentur dan lebih nyaman, harganya juga beda yang lineup ini harganya 36 USD atau setara 500.000an, high quality Naren strecth strap material dengan stretching yang rapi juga hardware yang cukup berkualitas.



kemudian yang ini yang kelihatan mengkilap dengan pattern huruf W, lineup ini masuk ke new collectionnya mereka, yang mereka beri nama Sharkfin W-WAVE Straps. Bahannya halus sekali, patternnya rapi dan ini kelihatan sangat mengkilap, kelihatan berkelas, single sliding keeper, dengan hardware yang berkualitas juga dan yang satu ini mereka buat SINGLE PIECES NATO STRAP jadi tidak bakal kelihatan tebal kalau dipasang di jam tangannya, harganya di bandrol 32 USD atau setara dengan 450.000.



lanjut lagi ke yang ini lineup-nya mereka berikan nama Alphard luxury strap yang berbahan High Tensil Strenght Nylon jadi punya kekuatan yang bagus, nylonnya juga ditenun dengan rapi untuk menciptakan kesan lembut dan halus, juga sedikit shiny atau mengkilap, makanya kelihatan lebih elegan dipadukan dengan warna batch yang manis juga premium hardware,
harga varian ini sama seperti yang double W-Wave yaitu 32 USD atau setara 450 ribuan.

 
berikutnya yang ini lineupnya mereka berikan nama KNIT WEAVE FABRIC STRAPS, line up ini mirip dengan bawaannya TUDOR single pieces nylon straps. dengan tenunan yang unik yang menghasilkan tingkat kedalaman warna yang kompleks, sehingga jadinya mirip seperti kain rajutan, kombinasi warna hitam dan biru, dipadukan dengan garis berwarna orange, harga lineup ini  ada di 32 USD atau setara dengan 450 ribuan.

 
lalu sekarang kita lihat yang ini, yang ini juga cukup unik lineupnya mereka beri nama PAJAMA STRETCH STRAPS, sesuai dengan namanya strap ini dibangun dari material nylon yang super elastis, dan bakalan lebih nyaman dipakai karena mudah melar mengikuti kontur pergelangan tangan, finishingnya dibuat tidak mengkilap diberi sliding keeper dengan hardware yang juga berkualitas. lineup ini dibuat dengan single pieces, dengan harga 32 USD atau setara 450 ribuan.

 
Selanjutnya untuk varian yang ini, lineup mereka berikan nama Silikon Sport bergaya zulu berbahan silikon yang tipis yang tentunya sangat fleksibel dibuat single pieces jadi tidak akan tebal kalau dipasang di jam tangan hanya saja kalau menurut saya hardware-nya biasa saja, sesuai dengan harganya hanya saja 15 Dollar atau sekitar 200 ribuan.

 
Jadi itulah beberapa opsi strap bergaya NATO ataupun ZULU yang di profile BLUE SHARK, dan jujur saja saya juga baru tahu ternyata Nylon itu jenisnya banyak, Blue Shark ini, saya nilai berhasil dalam menyajikan banyak pilihan Nylon dalam menyajikan banyak pilihan dalamnya bagus finishing juga rapi dan ini nyaman dipakai, selain itu mereka juga kasih opsi double ataupun single pieces nato strap, opsi tingkat kelenturan dan juga opsi hardwarenya ada yang stainles steel polish ada brush bahkan ada titanium tergantung dengan selera.
sejauh ini saya punya pengalaman mengenal dan menggunakan beberapa jenis Nylon atau NATO strap tapi saya menilai buatan Blue Shark ini lebih baik dibandingkan dari yang selama ini saya pakai yang sebenarnya sesuai dengan harganya tapi biar lebih pas lagi saya coba contohkan bagaimana tampilannya jika dipasang pada jam tangan. 

 
Selain nylon strap blue shark juga buat model-model lain dengan material yang berbeda seperti canvas ataupun rubber, contohnya yang ini lineupnya mereka sebut Canvasoft 2.0 two pieces strap yang agak kaku, stretch style dengan lubang-lubang yang dikasih aksen bordir yang unik, quick release mechanism, qualitas teksturnya juga bagus, walaupun saya tidak terlalu suka karena agak kaku harga lineup ini dibanderol 18 USD atau setara 250 ribuan. inilah tampilannya pada jam tangannya sebenarnya kembali lagi ke masalah selera,
 
selain itu Blue Shark juga buat strap berbahan silikon rubber, contohnya yang ini nama lineupnya adalah SILICON RALLY STRAPS, desainnya bagus dipadukan dengan jahitan bagian atasnya dikasih lubang-lubang yang rapi bagian belakangnya juga rapi, Quick release mechanism berbahan super silikon yang super luntur jadi dipakainya nyaman, harga yang satu ini adalah 26 USD atau setara dengan 370.000. inilah tampilannya kalau dipasang pada jam tangan.



Lalu ada juga yang ini yaitu varian SILIKON QUICK CHANGE STRAPS, street style polos tanpa padding, super elastis dan tentunya juga tahan air pakai quick release mekanism dan harganya dibanderol 18 USD atau setara dengan 250.000 dipakainya nyaman. Inilah tampilannya kalau dipasang pada jam tangannya.
Menurut saya opsi nylon strap dari BLUE SHARK bagus-bagus kualitasnya sesuai dengan harganya, stylenya juga banyak pilihan, dan sangat ok buat opsi ganti strap terutama buat kalian para pecinta NATO strap ataupun Zulu Strap.