Ada satu pertanyaan yang menurut saya cukup unik, pertanyaan nya adalah
"Kenapa di beberapa jam tangan yang marker dialnya bergaya romawi atau roman marker terdapat penulisan angka 4 yang berbeda, yang seharusnya IV tapi kenapa bisa menjadi IIII?" lalu kenapa bisa beda penulisan angka 4 nya??



Sebelum saya jawab pertanyaan tersebut, saya akan jelaskan sedikit mengenai asal - usul ROMAN DIAL MARKER ini, Seperti yang kita ketahui kota romawi adalah salah satu peninggalan peradaban manusia yang tertua, yang dimana kita bisa banyak menemukan hal-hal yang sangat penting yang bisa digunakan pada masa ini, terutama di bidang sains, salah satu karya sains nya adalah JAM, sejak era tahun 800 - 900 sebelum masehi. Romawi kuno sudah mendevelop sebuah jam yang mengandalkan matahari, yang merupakan jam pertama yang pertama kali menggunakan dial yang disebut dengan SUN DIAL atau dial matahari.



selain itu Romawi kuno juga sudah mempunyai sistem angka sendiri atau yang biasanya disebut dengan Roman Numerals atau yang biasa kita kenal dengan sebutan angka romawi, maka otomatis penemu pertama untuk dial ditemukan oleh peradaban romawi kuno. dan marker nya juga sudah ditulis dengan angka romawi tentunya. Penulisan angka romawi saat ini sudah banyak ditinggalkan masa global saat ini, sekarang semuanya banyak berpatokan dengan arabic numeral seperti yang bisa kita lihat di jam tangan-jam tangan pada umumnya, angka 1,2,3 dan seterusnya.
Walaupun untuk penulisan marker yang menggunakan angka romawi masih bisa kita temukan pada dial di negara-negara eropa, tapi itupun juga jarang kita temukan.



Sekarang penggunaan tulisan roman numeral atau angka romawi ini biasanya hanya buat menambah aksen klasik, heritage atau vintage saja pada item-item tertentu yang mengeluarkan aksen klasiknya, 
dan salah satu jam tangan generasi awal yang menggunakan marker romans numeral adalah ROLEX, selain itu berkembang juga di brand-brand lain seperti SEIKO, CARTIER dan lain-lain. tapi apakah pernah memperhatikan, penulisan angka 4 nya, dengan bentuk seperti IIII.
lalu apakah merek-merek seperti ROLEX dan yang lain-lain salah menulis marker romawi angka 4 nya..?? ternyata hal ini juga sudah mengakibatkan ROLEX di bully habis-habisan karena dianggap salah dalam menulis marker angka romawi nya pada dial-dial jam tangannya.

 
Jawabannya ternyata tidak salah, saya akan coba jelaskan dari sudut pandang saya atau ada 4 teori yang mungkin bisa menjelaskannya,

TEORI yang PERTAMA, berikut penulisan angka 4 yang seperti IV dianggap tidak menghormati dengan DEWA JUPITER, walaupun sudah banyak penulisan angka 4 nya berbentuk IV tapi masih bisa kita temukan juga pada jam penulisan nya seperti IIII, karena penulisan nama dewa jupiter adalah seperti ini penulisan huruf depan nya seperti penulisan angka 4, IVPPITER, sehingga karena buat beberapa kalangan masih menggunakan angka 4 nya dengan tulisan IIII, karena mereka tidak mau terkesan tidak menghormati dewa Jupiter nya mereka. Dan menurut saya, teori ini berdasarkan ke tradisi saja. 



TEORI yang KEDUA, Tulisan pertama romans romawi kuno pada saat didevelop pertama kali 1000 sebelum masehi adalah seperti ini, jadi ini adalah romans romawi yang generasi awal, coba perhatikan untuk tulisan angka 4 dan 9 nya berbentuk seperti ini,        seiring dengan perkembangan dan aplikasi nya, angka romawi ini suka ketukar terutama dengan angka 9 ke tukar dengan angka 8, sehingga pada angka 9 sebelum nya ditukar menjadi bentuk IX, sedangkan angka 4 masih menggunakan konsep awal penulisan romawi kuno, dan penulisan ini masih digunakan pada jam dinding di eropa sekitar abab 13, maka masih bisa ditemukan pada beberapa produsen jam tangan yang masih menggunakan numeral romawi klasik yang angka 4 nya berbentuk seperti IIII, sehingga jika kita temukan pada jam klasik yang penulisan angka 4 nya berbentuk IIII itu tidak salah. 



TEORI yang KETIGA, penulisan angka 4 yang seperti IV dianggap tdak menghormati KING LOUIS XIV dan SUN KING, di Prancis pemikiran yang modern yang bernama LOUIS XIV, sangat dihormati dan KING LOUIS ini menjadi sosok yang sangat dihormati di negeri Prancis tersebut, bahkan disebut sebagai LOUIS LE GRANT, selain itu ada juga sebuah sosok yang sangat dihormati juga LOUIS yang ke 14 juga disebut dengan LE ROI SOLEIL yang disebut juga dengan THE SUN KING, LOUIS XIV, karena mereka menghormati dan merasa sungkan untuk menuliskan gelar LOUIS 14 pada sebuah jam.



TEORI yang KEEMPAT, penulisan angka 4 yang seperti IIII akan lebih mudah dingat dibandingkan dengan penulisan IV, terutama di negara eropa dulu atau di belahan dunia lain saat romans numeral masih digunakan, dari penulisan 1-3 akan jauh lebih mudah melihat nya dengan tulisan I, II, III... terkadang penulisan angka 4 yang seperti IV juga bisa ketukar dengan penulisan angka 6 yang VI, sehingga penggunaan angka 4 romawi yang lama masih sering kita temukan. 



Dan itulah 4 teori atau dugaan-dugaan yang berkembang yang mungkin bisa menjelaskan kenapa kita masih bisa menemukan penulisan marker angka 4 nya seperti IIII bukan yang terbaru seperti IV. diantara ke empat teori tersebut saya lebih cenderung ke teori yang ke dua, karena ada dasarnya. jadi sekali lagi, untuk penulisan angka 4 pada dial jam tangan klasik jaman dulu ditulis IIII itu bukan berarti salah, tapi ya kemungkinan besar karena produsen jam tangan tersebut memang mengikuti beberapa teori diatas, atau memang ada alasan tersendiri.