Di jaman ini sudah tidak ada tolak ukur dalam berpenampilan, seseorang semakin bebas berekspresi yang alih alih bisa di katakan sebagai Fashion, bicara soal fashion jam tangan erat di jadikan sebuah aksesoris pendukung yang pas dalam berbusana, lalu bagaimana misalnya seorang wanita memakai jam tangan khusus pria dan sebaliknya, pria memakai jam tangan khusus wanita? Something odd?.. i dont think so

Jaman dahulu kala seorang wanita di ukur dari tingkat keanggunannya dalam berfashion, dan seorang pria di lihat dari tingkat maskulinnya, dan perlu di ketahui Pada akhir abad ke-19, penunjuk waktu telah berpindah dari pocketwatch ke pergelangan tangan, dengan orang-orang mulai memakai jam di tangan setelahnya. apa yang tidak banyak orang ketahui adalah wanitalah yang sebetulnya untuk pertama kali memakai jam di pergelangan tangan. dengan gaya berpakaian wanita di era tersebut tentunya sulit untuk membawa pocket watch kemana mana yang akhirnya berevolusi sebagai liontin sebagai aksesoris dan kemudian di buatlah jam tangan dengan perhiasan gelang sebagai aksesori wanita, jadi dalam artian mereka juga mempunyai peran penting di dalam evolusi sebuah jam layaknya pria.

Balik di era saat ini, aksesori jam tangan untuk wanita sudah semakin berkembang pada umumnya wanita memakai jam tangan di lingkar 24mm sampai dengan 36mm, akan tetapi hal ini sudah tidak menjadi patokan wanita saat ini dan banyak dari mereka yang memakai jam tangan pria dengan lingkar 42mm. contoh besar seorang wanita memakai jam tangan Rolex dengan ukuran 42mm tetap akan terlihat feminim bila di bandingkan pria yang memakai jam tangan wanita dengan ukuran 36mm atau di bawahnya dan akan menurunkan tingkat maskulinnya, buat pria normal tentunya hal ini membuat tidak percaya diri. siapa yang tidak mau terlihat maskulin di mata wanita?

Sebagai contoh Michael Kors sebuah merk brand ternama banyak memiliki model jam tangan wanita dengan case diameter 42mm. dan hal ini yang menjadi sebuah alasan "pantas" jika wanita memakai jam tangan pria dengan diameter yang lebih besar. contoh ketika wanita memakai Rolex dan AP namun tetap terlihat anggun, jam tangan pria 36mm seperti Rolex Day-Date, Rolex Cosmograph atau Datejust pada dasarnya telah menjadi jam tangan yang banyak di pakai wanita di era ini. sedangkan jam tangan Rolex tersebut, tentunya adalah tipe jam tangan pria secara teknis. lalu kenapa wanita banyak yang memakai jam tangan pria saat ini?

STATUS SOSIAL


Banyak merk wanita dan brand yang bagus seperti Michael Kors, Olivia Burton atau Daniel Wellington, akan tetapi mereka tidak memiliki status simbol seperti jam tangan pria. kita sebut saja Rolex, Audemars Piguet, atau Panerai. Merk jam tangan pria tidak mempunyai banyak tipe untuk wanita dan itulah salah satu alasan wanita lebih cenderung memakai jam tangan khusus pria. mereka menginginkan jam tangan dengan image yang kuat yang menyatakan "inilah jam tangan terbaik" belum lagi status simbol dari brand tersebut yang tentunya akan naik level sosial bagi siapa yang memakainya. sebelumnya ada artikel mengenai status sosial jam tangan di tulisan ini.

FITUR 


Tidak di pungkiri jam tangan pria lebih menarik. biasanya jam tangan pria di buat lebih kompleks dan rumit seperti memiliki komplikasi dan fitur yang lebih unik daripada jam tangan wanita. jam tangan pria saat ini lebih cenderung memakai mesin Automatic daripada jam tangan wanita yang biasanya hanya memakai mesin Quartz, tentunya untuk wanita yang penuh aktifitas mereka tidak akan punya banyak waktu untuk servis baterai jam tangan mereka di bandingkan dengan mesin automatic yang bisa di pakai kapanpun hanya cukup di pakai "setiap hari". dan tentunya jam tangan pria lebih fleksibel sedangkan jam tangan wanita umumnya terlihat lebih seperti perhiasan daripada jam tangan. dan ini yang membuat wanita melirik jam tangan pria karena lebih sporty yang tentunya akan cocok dengan segala situasi. 

INVESTASI


Nilai dan tingkatan untuk di koleksi yang lebih besar adalah faktor ketika membeli jam tangan pria, kita bisa menjualnya kembali dengan harga yang sama atau bahkan di atasnya selama bertahun tahun. bisa di bilang jam tangan pria layak "investasi", dengan pertaruhan nilai yang lebih aman, di bandingkan dengan jam tangan wanita dalam hal ini kita beri contoh Rolex, ini adalah jam tangan yang memiliki nilai jual kembali terbaik hingga saat ini. seperti halnya pria tentunya wanita senang dengan investasi mereka yang biasanya lebih cenderung dengan tas dan aksesori wanita lainnya namun tentunya dengan tingkat harga yang tidak relevan, yang tidak berlaku untuk jam tangan pria.

Anggaplah seorang wanita memakai jam tangan pria seperti Rolex atau Audemars Piguet, jika orang lain melihat maka yang akan terlintas itu adalah jam tangan pacar atau suaminya. namun hal ini justru lumrah melihat wanita pantas saja memakai jam tangan pria dengan diameter yang besar sekalipun, enaknya mereka tidak perlu membeli jam tangan tersebut cukup pinjam punya pasangan dan akan terlihat elegan di mata orang lain.

Jadi bagaimana menurut kalian? apakah seorang wanita layak memakai jam tangan pria atau tidak pantas dan terlihat lebih macho?