Casio G-Shock merupakan salah satu model yang paling meguasai pasar jam tangan berkonsep casual sport berfitur digital dengan mengedepankan ketangguhan disegala medan.

Model G-Shock Square Tron GMW B5000CS-1 memiliki design yang liar dan unik dengan aksen grid atau garis-garis berbentuk kotak disekujur bodynya dari mulai case sampai ke bracelet, bahan yang digunakan adalah Stainless Steel dari mulai case sampai bracelet dengan dilapisi oleh IP Black atau Ion Plated yang merupakan teknologi terbaru setelah PVD atau DLC.

HS Magazine

Model ini diberi nama G-Shock Tron dengan model reference GMW B5000 CS yang terinspirasi dari film Tron tahun 1982 yang di dominasi oleh aksen grid atau garis-garis kotak. Harga jam tangan ini juga tidak murah, harganya $800 USD atau sekitar 12 jutaan.

Design & Inspirasi

HS Magazine

Model Tron ini inspiratornya adalah first G-Shock yaitu DW-5000 yang berbentuk kotak, sedangkan case constructionnya mengambil dari G-Shock steel di model reference GMW B5000D dengan material Stainless Steel yang berbeda adalah garis-garis atau grid yang ditanam lapisan IP Black nya yang terinspirasi dari film Tron tahun 1982 yaitu film science-fiction yang futuristik dengan dominasi garis grid atau kotak-kotak.

HS Magazine

Dalam video teaser jam tangan ini membuat penasaran seperti apa sebenarnya real dari jam tangan ini karena di video itu kelihatan tidak real, garis-garis yang tegas yang mungkin bakalan jauh beda sama aslinya tetapi ternyata setelah dilihat barangnya benar-benar mirip sama di video tadi. Semua garis grid nya berwarna putih yang sangat tegas dan ini di engraved di lapisan yang dalam bukan di lapisan yang paling luar. Jadi garis-garis ini kalau disentuh tidak akan terasa karena garis tersebut adanya di lapisan dalam. Mungkin tidak semua penggemar G-Shock suka jam tangan yang satu ini, karena desainnya unik dan liar tapi dari sejak launchingnya di Jepang bulan Mei 2020 seketika barang ini dikerubutin dan laku keras.

Packaging

HS Magazine

Berbeda dengan G-Shock lainnya packaging untuk model yang satu ini cukup ekslusif, dengan eksklusif box warnanya hitam yang bagian luarnya dihiasi garis kotak-kotak atau grid warnanya putih sesuai dengan aksen tunnel grid yang ada di jam tangannya dan bahannya juga bagus sekali.

Dial / Front

HS Magazine

Berbeda dari G-Shock square lainnya, bagian dialnya diberikan aksen tunnel grid selaras dengan aksen case dan braceletnya. Semua garis-garisnya dibuat sangat rapi terus dibagian tengahnya seperti G-Shock pada umumnya, ada layar atau display LED dan ini negatif display jadi kalau siang pun tetap terlihat.  LED backlight atau super iluminator full auto LED yang bisa dipilih durasinya yaitu 2 detik ataupun 4 detik, LED jam ini cukup terang dan terlihat tegas untuk angka-angkanya.

Untuk bahannya sendiri G-Shock menggunakan mineral crystal bukan sapphire crystal karena dari dulu G-Shock tidak pernah pakai sapphire crystal karena gampang pecah disamping keunggulannya yang anti gores.

Case & Caseback

HS Magazine

Bagian casenya full berbahan Stainless Steel dengan dilapisi oleh IP Black atau Ion Plating, selain itu juga dilapisi oleh mineral sehingga mampu memunculkan aksen glossy yang mengkilap. Semua garis-garis atau tunnel grid nya berwarna putih dan di laser engraved dibagian lapisan bawah jadi kalau di raba bagian atasnya tidak akan berasa karena adanya di dalam. Ini merupakan desain yang bukan selera semua orang dan G-Shock di model ini benar-benar berani dan liar, dari mulai bezel sampai ke casenya beraksen glossy black dengan grid putih yang tegas. Selain itu, dibagian sampingnya terdapat aksen gerigi di 4 sudut semuanya rapi sedangkan bagian samping casenya dibiarkan polos berwarna hitam tanpa aksen garis-garis putih.

HS Magazine

Tulisan protection nya  di engraved putih lapisan dalam bezel atas, finishingnya rapi banget dan tulisan G-Shocknya disimpan dibawah di engraved juga dibagian lapisan dalam, semuanya dibuat sangat rapi. Case G-Shock dibangun dengan sangat detail, jam ini dibuat full metal dengan struktur yang menjamin Shock Resistant atau tahan banting. Dibagian case sampinya masing-masing ada 2 tombol untuk setting dan mengoperasikan fitur-fitur yang ada di G-Shock satu ini, dan seperti biasa G-Shock mengaplikasikan Cylindrical Forged button yang lebih kuat dan menjamin ketahanan air atau water resistant sampai 200 meter.

Bagian caseback nya yaitu full engraved berbahan sama dengan casenya dengan finishing IP Black juga, semua detailnya mulai dari fitur dan spesifikasi lainnya di engraved penuh di bagian belakang caseback nya dengan finishing yang sangat rapi, bagian samping caseback nya dibuat sloping dengan tetap diberikan aksen tunnel grid yang detail.

Bracelet

HS Magazine

Mengadopsi G-Shock Square Steel di model GMW B5000D bracelet nya pun berbahan full Stainless Stell yang juga dilapisi oleh IP Black dan mineral sama seperti casenya jadi aksen glossy kentara sekali. Desain bracelet yang futuristik supersolid dengan tunnel grid berwarna putih yang sangat tegas, finishingnya juga rapi sekali. Braceletnya juga dilengkapi premium double push deployant clasp kualitasnya juga bagus, mekanisme buka tutupnya juga lancar, dibagian permukaan clasp nya diberikan aksen tunnel grid dengan logo G-Shock yang sangat rapi. Selain itu, G-Shock memberikan opsi 4 Micro Adjustment dan bisa untuk Small Adjustment apabila diperlukan.

Movement

HS Magazine

Bermovement Quartz Tough Solar yang powered source nya adalah cahaya matahari, rechargeable scale nya diklaim mempunyai ketahanan hingga 22 bulan dan kalau bicara akurasi movement quartz sudah tidak perlu diragukan lagi karena sangat akurat. Jam tangan ini memiliki banyak sekali fitur seperti Multiband 6 atau Atomic Timekeeping Solar Power, Time Calibration Signal Reception, Auto Receive Time Adjustment 6 kali sehari, selain itu juga bisa Manual Receive Time Adjustment dengan signal receiver dengan teknologi yang terbaru, Alarm, Kalender, dan lain-lain yang bias di setting secara manual atau di synchronize dengan aplikasi G-Shock connect yang dapat di download di Apple Store ataupun Play Store sehingga dapat disikronisasi secara otomatis dengan mengikuti panduannya. Apabila merasa malas atau ribet menggunakan aplikasi, jam ini juga dapat dilakukan dengan manual setting yaitu dengan cara hold button kiri atas setelah itu tinggal disetting secara manual.

HS Magazine

Dimension & Weight

HS Magazine

Lebar sampingnya total kurang lebih 43,4mm dan untuk tingginya sampai kebatas lug tip to lug tipnya hampir kurang lebih 50mm sedangkan ketebalannya kurang lebih 13mm yang terasa sangat pas di tangan. Jam ini memiliki bobot kurang lebih 170 gram yang supersolid. Jam ini terlihat sangat pas sekali dengan aksen uniknya dan sangat keren walaupun tidak semua orang suka model ini.

Kesimpulan untuk review jam tangan G-Shock Square Tron yang satu ini yaitu secara desain yang sangat fresh, unik, berani dan berbeda dari G-Shock lainnya. Selain itu, aksen glossy dan aksen gridnya membuat jam tangan ini terlihat berbeda sekali. Jam ini membuat penasaran konsumen dan ternyata ini sesuai sekali dengan kualitas, fitur dan spesifikasi lainnya sebanding dengan harga yaitu $800 USD atau sekitar hampir 12 jutaan walaupun ini bukan desain selera semua orang bahkan untuk pecinta G-Shock sekalipun.

Selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. !!