Kota Venice berada di wilayah VENETO ITALI Utara, kota peninggalan Romawi ini sepertinya terpisah dari daratan dan memiliki beberapa pulau kecil yang dipisahkan oleh Kanal, salah satu yang terkenalnya adalah The Grand Canal, Venice juga dikenal memiliki bangunan-bangunan yang bersejarah, peninggalan dari jaman Romawi dan inilah yang menjadi inspirasi dua bersaudara yang bernama Alberto dan Alessandro Morelli untuk membuat sebuah jam tangan yang kental dengan kota VENICE itu sendiri, maka lahirlah brand MECCANICHE VENEZIANE, lalu pada tahun 2017 brand nya dirubah menjadi VENEZIANICO.



Berawal dari platform Kickstarter, dua bersaudara ini, punya ide untuk membuat sebuah mechanical watch brand sebagai Tribute untuk kota kelahiran mereka yaitu kota Venice, makanya brand yang dipilih adalah Venezianico, yang merupakan penggabungan dari dua kata.
kata yang pertama adalah Veneziano yang artinya adalah "Everything about Venice" ditambahkan dengan akhiran "ICO" yang dalam bahasa latin artinya adalah "Way of being" atau Cara untuk menjadijadi singkatnya adalah "Cara untuk menjadi sesuatu yang kental dengan kota Venice" dengan memiliki semangat kota Venice, tentunya tidak ketinggalan ornamen-ornamen yang ada di jam tangannya pun harus mencerminkan kota Venice tersebut.

Hal ini bisa kita lihat mulai dari logo yang mereka pilih adalah seperti ini gambar dibawah ini, saya pikir logo ini mencontek logo brand Patek Phillipe, tapi ternyata logo ini terinspirasi dari sebuah Clock Tower yang ada di Saint Marks Square Venice, dan logo inilah yang menjadi identitas brand microbrand ini. Logonya ditempatkan pada dialnya dan juga di custom rotornya, hasilnya semua lineup yang pernah mereka buat tidak ada satupun yang menggunakan istilah bahasa Inggris melainkan aksen Itali.

 
Sejak pertama kali berdiri merek Venezianico, brand ini sudah punya beberapa retailer di beberapa tempat di Eropa lalu mereka juga sudah buat lima lineup, berawal dari lini Dive watch, di model NEREIDE yang artinya adalah Dewi laut, lalu model ini dikembangkan lagi, desainnya jadi model Nereide Ultra Leggero dan Nereide GMT, dilanjutkan lagi sama model Nereide yang lebih dressy dan terakhir mereka lagi develop yaitu model Bucintoro Mechanical Chronograph.





mengacu ke induk kedua jam tangan ini sebenarnya adalah model yang sama, yaitu model Nereide, hanya saja mereka pisahkan yang warna gelap adalah Ultraleggero sedangkan yang dial hijau diatas adalah Nereide GMT. keduanya sangat menarik, kalau menurut saya apalagi yang model GMT.

kita fokus ke Nereide Ultraleggero, karena diluar ada beberapa hal yang menarik dari jam tangan ini yang akan saya bahas, Ultraleggero kalau diartikan ke bahasa Inggris artinya adalah ULTRALIGHT atau ringan, sebenernya istilah ini tidak pas karena jam tangan ini sama sekali tidak ringan dan kompleksitas dialnya juga sama sekali tidak simpel.



Okelah apapun itu yang pasti model Nereide Ultraleggero, ini terinspirasi dari karya Leonardo Da Vinci yang kita kenal dengan THE VITRUVIANMAN, gambar orang telanjang dengan dua posisi tangan dan kaki yang terbentang dibatasin sama lingkaran dan kotak gambar ini diartikan sebagai body proportion secara general diartikan juga sebagai akurasi dan presisi nanti saya tunjukin apa korelasinya sama jam tangannya, selain dari bagian casebacknya sebaiknya yang di engraving gambar The Vitruvianman, Solid caseback oleh 6 baut dan semua engravingnya dibuat dengan sangat rapi, sekarang kita fokus ke bagian dialnya, desain jam tangan bergaya Skeleton dial memang bukan selera semua orang, tapi disisi lain, saya lihat brand ini mencoba membuat pattern skeleton yang sangat presisi.



Coba perhatikan baik-baik rangkanya dibuat mengikuti bagian rangka movementnya yang paling kelihatan adalah di bagian Balance Wheelnya, rangka dialnya dibuat mengikuti bentuk Balance Wheel, termasuk rangka-rangka yang dibuat melingkar seolah melingkari baut-baut yang ada di movement nya betul detail presisi dan finishing nya juga rapi,

warna Skeleton atau rangka hanya dibuat agak gelap lalu logo VENEZIANICO nya dibuat appllied di bagian atas dial, sementara tulisan Venezianico diprint kelihatan seolah mengambang, begitupun dengan marker marker nya yang bergaya stik market semuanya applied, dilapisi luminous dan eksekusi finishingnya juga rapi, simple pensil hands dan di bagian bawah dialnya diprint diberi nama modelnya yaitu Nereide Ultraleggero, yang kelihatan seolah mengambang juga.



Itu mungkin korelasinya antara gambar, The Vitruvianman karya Leonardo Da Vinci dengan pattern jam tangan ini yang betul-betul presisi, betul-betul mengikuti rangka movementnya, dan ini kalau menurut saya sangat menarik walaupun saya yakin bukan selera semua orang. DNA desain jam tangan ini adalah Dive Watch dan sebagai dive watch tentunya bezelnya juga harus tetap seperti Divewatch, bezelnya sangat solid berbahan stainless steel dengan circular brush stainless steel bezel insert yang di engraving dengan diving marker berwarna hitam.
sejauh ini yang saya lihat finishingnya bagus. sekarang kita tes bagaimana bezel aksennya, aksen putarnya sangat firm, aksen bunyi klik nya juga memuaskan, bunyi nyaringnya, sedikit ada backplat untuk adjustment agar tidak terjadi miss alignment issue, Selain itu konstruksi bezelnya juga solid, tidak ada bouncing sama sekali dan sebagai jam tangan yang DNA desainya adalah dive watch, sebenarnya tidak cocok dengan konsep gaya Skeleton pattern.



berikut adalah spek teknis dari jam tangan Nereide Ultraleggero ini.
Case material 316 Stainless Steel
Dimensions 42mm
Lug to Lug 49mm
Bezel 316L Stainless Steel 120 click
Bracelet Canova
Crystal Saphhire Glass With anti reflective coating
Lume BGW9 Super Luminova
Movement Automatic Cal, Seiko NH70A
Water resistant 20atm (200m)

Secara teknikal spek, ini masih bisa dikatakan masiih sangat ok, walaupun dialnya dibuat skeleton mereka tetap memberikan akses legibility karena ada marker-marker juga handsnya yang diberikan luminous berbahan Supermiluminova BGW9, warna biru, sangat responsif cukup terang dan tahan lama walaupun saya belum bisa kategorikan ini sebagai lume killer.



Diameter jam tangan ini adalah 42mm jadi sudah bisa dipastikan agak sedikit kebesaran buat tangan saya yang lingkarnya hanya 17cm, lug to lug nya juga rapat, tapi di luar itu bagian dialnya kelihatan unik, Skeleton dial yang tidak dibuat sembarangan, dibuat presisi dan jam tangan ini cocoknya buat yang punya ukuran pergelangan tangan besar, walaupun sebenarnya masih bisa diterima, kalau buat tebalnya di tangan saya tidak terlalu masalah masih normal, dan braceletnya ini solid sekali.



Langsung saja ada beberapa poin yang menjadi catatan menurut saya, pada jam tangan ini :
  • Desain casenya dibuat ergonomic dibuat menukik kebawah finishing juga rapi seperti yang bisa kita lihat, crownnya tidak terlalu besar juga dan ini dilindungi oleh crownguard, Tapi sayangnya bagian endlinknya ini ternyata male endlink, pada kelihatannya seperti female endlink. link yang pertama ini fix sehingga menambah efektif lug to lugnya dari 49mm bertambah menjadi 60mm cukup berpengaruh buat tangan kecil. 
  • Selain itu ada juga hal-hal positif dan negatif buat bagian braceletnya, positifnya adalah build quality dan finishing juga desain dari bracelet ini bagus, mereka menyebutnya Canova bracelet ya apapun bungkusnya sama seperti logonya tadi, kelihatan sekali dua bersaudara itu terinspirasi dari Patek Philippe, kalau kalian ingat model Patek Philippe Nautilus bracelet desain nya kurang lebih sama tapi dengan mengambil inspirasi dari jam tangan lain bukan sebuah hal yang buruk, bahkan justru membuat jam tangan ini akan berbeda. Selain itu kualitas braceletnya juga bagus finishing nya rapi, link tengahnya high polish dan finishing untuk link sisanya adalah Satin brush, bracelet ini dikasih doublepush butterfly clasp, kualitasnya juga premium tapi kalau menurut saya tidak cocok pakai clasp model seperti ini, akan lebih pas pakai diver clasp, minim microadjustment.
  • Ukuran yang agak kebesaran mungkin juga ini menjadi hal negatif untuk beberapa orang terutama yang punya tangan kecil tapi itu sangat subjektif kalau aja 40mm atau 39mm tentunya ini akan lebih oke, tapi ya itu semua kembali ke masalah selera
jam tangan Nereide Ultraleggero ini dibanderol 562.000 EUR atau setara dengan 9 jutaan, kalau kita hanya bandingkan antara harga dengan movementnya, memang membuat jam tangan ini menjadi kemahalan, tapi kalau dilihat dari bagaimana keseriusan mereka, membangun jam tangan ini mulai dari build qualitynya yang bagus, finishingnya rapi dan detail yang mereka suguhkan di bagian Skeleton dialnya, saya masih bisa katakan masih sangat masuk akal..

Bagaimana.... tertarik untuk membeli nya...??

Link TokopediaLink HS SHOP