KUOE OLD SMITH 9002 FIELD WATCH
Microbrand dari Jepang yang satu ini membuat saya cukup sulit untuk membaca brandnya, saya cari bagaimana cara membacanya, kurang lebih cara bacanya seperti ini “KUO” semoga tidak salah, KUOE adalah sebuah microbrand jam tangan yang sudah establish sejak tahun 2020 berasal dari kota Kyoto Jepang.

Didesain oleh seorang yang bernama Uchimara, yang terinspirasi dari sebuah model jam tangan dari British, yaitu British Military Watches yang sangat kental dengan desain yang klasik dan salah satu lineup yang dari brand KUOE (baca KUO) yang dibahas disini adalah model KUOE OLD SMITH 09-002, yang dibandrol dengan harga dibawah $500 USD atau sekitar 6jutaan.
Microbrand ini muncul dengan dimensi yang mungil, bergenre field / militer watch yang terinspirasi oleh jam tangan militer Inggris pada tahun 1940-an s/d 1970-an, dan model KUOE ini, sangat mirip dengan jam tangan militer Smiths W10 (oleh karena itu diberi nama "Old Smith"). Inilah alasannya kenapa KUOE Old Smith 90-002 berdampingan dengan jam tangan Smiths W10.
 


Lalu bagaimana desain dan qualitasnya??

Mari kita bahas..
  1. DESAIN
Desain KUOE ini sangat antik sangat klasik dengan spek yang cukup advance, dimulai dari kunjungan UCHIMARA ke sebuah toko di London, di mana dia menemukan beberapa model jam tangan antik, Uchimara terinspirasi, bagaimana desain jam tangan vintage yang begitu hangat dan masih dihargai hingga saat ini, idenya adalah untuk membuat sebuah jam tangan vintage dan klasik.
KUOE ini dijual dalam empat varian warna, masing-masing dengan desain klasik yang diterapkan pada setiap tema jam tangannya. yakni tema jam tangan bergenre militer watch yang muncul pada abad pertengahan. kalau di brand lain kita bisa menemukan lineup-lineup klasik pada sebuah jam tangan, tapi untuk jam tangan KUOE ini, kita bisa menemukan keaslian jam tangan vintage ke level selanjutnya.

  1. MOVEMENT
Movement yang digunakan di KUOE Old Smith 90-002 ini adalah movement Seiko NH35. ini adalah movement yang handal, ini adalah salah satu movement otomatis paling populer di dunia. Movement ini biasanya ditemukan di jam tangan-jam tangan microbrand karena nilai performa dan value for moneynya. movement ini pada dasarnya adalah versi yang tidak bermerek dari Seiko 4R35, yang dapat ditemukan di lini produk Seiko Prospex dan Presage. Sementara jam tangan militer antik abad pertengahan, pada umumnya berisi hand wind mechanical movement, namun tidak di KUOE, KUOE menggunakan movement otomatis untuk meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya.
Berikut detail movementnya
  • Diproduksi Jepang – NH35 diproduksi di Jepang dan Malaysia
  • 3 jarum penunjuk – Jarum waktu, menit, dan detik
  • Running di frekwensi 21.600vph
  • Power reserve 41 jam – saat terisi penuh, Old Smith akan terus berdetak selama 41 jam setelah diletakkan di laci atau meja
  • Regulasi mungkin – jika akurasi movement tidak sesuai, movementnya dapat disesuaikan untuk meningkatkan waktunya. Kita dapat menyesuaikannya sendiri dengan alat yang tepat
  • Hackable (stop second) – kemampuan untuk menghentikan semua gerakan saat kenop ditarik ke posisi full-out, memungkinkan pengaturan waktu yang tepat.
  • Hand-winding – kemampuan untuk mengisi main spring dengan memutar kenop.
  • 24 jewels
  • Akurasi – akurasi +/- 15 detik perhari atau rata-rata tingkat akurasi +/- 14,2 detik per hari
  1. CASE MATERIAL
Lalu bagaimana dengan case materialnya? material case nya, Stainless steel 316L yang dipoles di sekelilingnya, model case yang sederhana disetiap sudutnya, bentuknya bulat, dan ini belum termasuk crown guard. Untuk lebih memberikan nuansa vintagenya, dimensinya adalah sesuatu yang tidak biasa kita lihat di jam tangan era modern, namun ini sesuai dengan apa yang dapat kita temukan di era Perang Dunia II.
Case berdiameter 35mm, tinggi lug-to-lug hanya 41,8mm, dan tebal 9,1mm, ringkas (tidak termasuk kaca. dengan ketebalan crystal 12,5mm).
Agar sesuai dengan ukuran casing, lebar lug diatur pada 18mm, untuk proporsi yang sesuai untuk daya tarik visual secara keseluruhan. Lugs ini tidak dibor untuk mendapatkan tampilan yang rapi dan melengkung dengan lembut ke arah pergelangan tangan, KUOE ini mempertahankan fokus visual pada bentuk bundar utama casing dan untuk mentransisikan casing dengan mulus ke pengikat strap.
Bagian belakang casing adalah pelat baja tahan karat yang dipoles dengan sekrup, diukir dengan nama model dan fitur utama jam tangan, tidak ada yang mewah, seperti yang dapat kita temui pada jam tangan field vintage watches pada umumnya.

  1. DIAL
Sekilas tampak dari dial KUOE Old Smith 90-002 ini tampak sederhana. Tapi ada banyak hal yang bisa diapresiasi saat kita fokus pada detailnya.
Dialnya berbentuk datar dasar dengan tekstur berbintik-bintik yang sangat halus. KUOE menawarkan dial Old Smith 90-002 dalam varian matte black, matte ivory, matte dark navy, dan matte deep green. sebagai pelengkap sempurna untuk warna matte.
untuk markernya adalah angka Arab dalam jenis huruf polos dan tebal dan dibuat lebih besar untuk menonjolkan dial dan menarik perhatian pada waktu melihatnya. Warna putih bersih yang murni dan ukuran yang besar dari jam tangan ini membuatnya mustahil untuk dilewatkan dan memberikan tampilan khas yang bisa diharapkan dari sebuah jam tangan militer.
Untuk jarum penunjuk menit/detik diberikan warna putih dicetak dalam lingkaran gaya rel di sepanjang tepi luar. Cincin ini menampilkan cetakan persegi panjang lume berwarna kuning/oranye seperti patina pada posisi jam 12, 3, 6, 9 yang memberikan bantalan orientasi visual pada pelat jam, dan lingkaran lume yang serasi setiap 5 menit. Saya sangat menikmati warna kuning/oranye ini, memberikan kesan "usang" yang tua dan hangat seolah-olah jam tangan ini benar-benar bisa menjadi ikon dari 60 tahun yang lalu.
Dalam menjaga tema klasik jam tangan, KUOE melakukannya dengan sangat baik meminimalkan jumlah kata pada dialnya. Di bawah tulisan jam 12, kita akan menemukan logo "KUOE" dan "KYOTO" kecil, di atas jam 6 ada tulisan "MECHANICAL", dan akhirnya "JAPAN MADE" di sepanjang tepi bawah dial, semuanya dicetak pada dial berwarna putih teks - bagus dan rapi. Terakhir, ada jendela tanggal yang disertakan pada posisi jam 3 dengan teks hitam dengan latar belakang putih. Jendela ini polos tanpa batas atau dekorasi diterapkan – sempurna untuk jam tangan ini.

  1. JARUM JAM (HANDS)
Hands yang digunakan pada KUOE Old Smith 90-002 adalah aspek lain yang dapat ditemukan di banyak jam tangan vintage. Dengan warna perak yang dipoles dan diisi dengan lume kuning/oranye faux-vintage agar serasi dengan petunjuk dial, jarum jam dan menit menggunakan bentuk pedang untuk penampilan yang berani. Jarum detik adalah hands berwarna perak tipis panjang dan tipis dengan lingkaran berisi lume di sisi penunjuk dan lingkaran penyeimbang yang lebih kecil.
Bentuk jarum jam ini sangat cocok dengan nuansa militer jam tangan ini, dan warna kuning/oranye tidak hanya memberikan kesan tua tetapi juga menawarkan kontras yang mencolok dengan warna hitam dial agar benar-benar menonjol. Namun, aspek visual favorit saya dari tangan ini adalah ketika list perak yang dipoles menangkap cahaya, menghasilkan efek bercahaya yang istimewa.
  1. KACA
Kaca berbahan mineral doomed diaplikasikan pada KUOE Old Smith 90-002, dipasang ke casing dengan bezel baja tahan karat kecil yang dipoles. Menurut saya kejernihan kaca ini adalah yang terbaik dengan kaca mineral yang secara alami memiliki kualitas anti-reflektif. Kejernihan ini merupakan faktor kunci dalam visibilitas dial saat bentuk doomed digunakan. Hasilnya adalah elemen visual yang luar biasa saat melihat jam tangan dari semua sudut. Ini menghasilkan sedikit trik optik yang membuat jam tangan ini menjadi menarik dan membuat kita ingin terus melihatnya.
  1. CROWN
Desain crown yang sederhana. terletak pada posisi jam 3, diameternya 5,9 mm dan memanjang dari casing utama hanya 3 mm, ukuran yang sesuai dengan proporsi keseluruhan jam tangan. berisi gigi halus di sepanjang permukaan mencengkeram dan permukaan luar kubah lembut, yang dipoles perak dengan tulisan ukiran brand nya "KUOE".

  1. STRAP
Strap KUOE Old Smith 90-002, pada umumnya ada yang berbahan nilon namun ada juga yang berbahan leather, untuk yang berbahan leather warna strap yang disediakan adalah warna hitam, warna yang terlihat ramping yang dapat digunakan dalam segala suasana, untuk yang berbahan nilon, warna hijau adalah warna yang paling cocok dengan gaya militer (menurut saya) dan sangat pas dalam event-event casual. hampir semua warna pada strapnya, memberikan tampilan yang elegan dan kontras untuk keseluruhan jam tangan. bukle untuk strap terbuat dari baja tahan karat yang dipoles dengan tulisan brand KUOE terukir di satu sisi dengan detail yang sangat rapi.



Lalu hal apa saja yang menjadi dipertimbangkan di KUOE ini... (menurut saya)
ada beberapa hal yang menurut saya yang perlu dipertimbangkan jika ingin memilikinya, yakni,
  1. Cystal materialnya yang disayangkan masih menggunakan bahan mineral yang rentan terhadap goresan
  2. Daya tahan luminousnya yang tidak lama
  3. Untuk tulisan pada date nya, yang menurut saya kekecilan


Namun hal ini kembali lagi ke masing-masing selera, karena tema desain yang ditawarkan dari jam tangan KUOE ini adalah jam tangan yang bertema vintage dan klasik, sebuah karya dengan desain yang simple dan berasal dari sebuah kota di Jepang yakni KYOTO, sangat pas bagi penggemar-penggemar jam tangan vintage dengan spek teknis yang cukup memuaskan..

Bagaimana tertarik untuk membelinya??

  Link TokopediaLink HS SHOP