Sesuai dengan prediksi ketika Seiko membuat Movement GMT 4R34, pasti mereka akan membuat versi umumnya yaitu NH34 dan memang benar. Makannya, ini jadi angin segar untuk para produsen Microbrand untuk mereka bisa membuat line up mereka yang lebih affordable dibandingkan mereka harus menggunakan movement produksi Swiss, seperti ETA dan Sellita

Salah satunya ya ini, sebuah merek dari Hongkong yang sudah lama berada di industri Microbrand dan mengusung konsep Rolex Homage dari sejak awal yaitu merk OceanX di model Sharkmaster GMT

Salah satu merk yang sudah lumayan cukup lama diperkenalkan di Indonesia yaitu merk OceanX dari Hongkong. Merk ini mungkin bisa dikategorikan sebagai merk yang stabil dan sangat konsisten dalam mengusung Premium line up merk Rolex. 

jam tangan microbrand oceanx

Tahun ini mereka baru aja memperbarui line up Sharkmaster GMT mereka yang dulunya bermovement Quartz, tahun ini mereka bergerak cepat untuk multilize Movement GMT Seiko yang baru yaitu NH34.
Jadinya ya seperti yang kalian lihat, jam tangan merk Hongkong diproduksinya diyakini di Cina, memakai mesin Jepang dan inspirasinya adalah jam tangan Swiss yaitu Rolex GMT Master 2 yang sangat ikonik. Terdapat 4 negara di jam tangan ini. 
Baik, untuk first listnya OceanX membuat 8 varian Sharkmaster GMT, mulai dari kiri ada SMS GMT 551 Rootbeer, SMS GMT 541 Batman, SMS BMT 511 All Black dan SMS GMT 531 Sprite.

Sebenarnya ada juga yang Two tone yaitu SMS GMT 542 dan SMS GMT 552, tapi kebetulan yang dua itu di sananya habis jadi tidak bisa ambil.

Nah, varian-varian sebelumnya adalah varian Ceramic Bezel, karena mereka juga membuat varian yang Stainless Steel Bezel yaitu di model SMS GMT 501 Explorer Steve McQueen Homage dan SMS 502 White Dial.

jam tangan microbrand oceanx

Jadi, ya sudah tidak diragukan lagi siapakah inspirasi dari jam tangan-jam tangan ini, tidak lain dan tak bukan adalah Rolex GMT Master 2. Hanya saja untuk beberapa varian mereka membuatnya sedikit berbeda.

Selain itu dimensinya juga OceanX memilih 42 mm untuk line up GMT ini. Agak disayangkan terutama buat orang-orang yang punya pergelangan tangan kecil. Seperti yang kalian lihat ya beginilah jadinya kalau dipakai di tangan yang lingkarnya hanya 17 cm 

jam tangan microbrand oceanx

Terlihat agak kegedean dan ini cocoknya buat kalian yang punya ukuran pergelangan tangan gede. Buat kalian yang ngerasa kalau GMT Master Rolex itu terlalu kecil buat tangan kalian.

Selain itu tebal sekali, karena line up GMT ini punya kemampuan Water Resistant 500 meter. Berikut teknisnya secara detail

jam tangan microbrand oceanx

Jadi, secara spesifikasi teknis bisa dikatakan OceanX Sharkmaster GMT ini adalah spek monster untuk sebuah mekanikal GMT yang dibanderol harganya dibawah 10 juta atau lebih tepatnya 7,5 juta. Kurang satu lagi yang sangat konsisten dari merek ini adalah tidak ada kompromi kalau urusan quality, sangat premium malah makin kesini makin bagus kualitasnya.

Ada beberapa highlight dari jam tangan ini, baik negatif maupun positif. Langsung saja dimulai dari hal yang positif dulu, yang pertama adalah overall build qualitynya. Seperti yang diekspos sebelumnya, merk ini memang tidak terlalu sering mengekspos mereknya di sosial media ataupun di YouTube. 

Tapi, mereka sangat konsisten kalau soal kualitas, very solid build quality dengan finishing yang tidak main-main, finishing casenya memadukan brush dan polish yang dieksekusi dengan sangat baik. 

jam tangan microbrand oceanx

Solid caseback, screw down crown, selain itu mereka juga cukup bagus dalam mengeksekusi detail-detailnya. Seperti yang kalian lihat huruf-huruf yang ada di dialnya yang dibuat dengan sangat rapi, konsepnya memang sengaja dibuat ramai tulisannya ya cukup mirip seperti Rolex.

jam tangan microbrand oceanx

Lalu, untuk bezelnya juga mereka buat dengan baik, very solid bezel dengan ceramic insert yang marker-markernya yang dibuat dengan sangat baik juga.

Kemudian, hal positif yang kedua adalah bracelet qualitynya, bisa dikatakan kalau bracelet bergaya oyster yang ada di jam tangan ini adalah yang terbaik kalau dibandingkan dengan beberapa merk Microbrand lain yang pernah dipegang.

jam tangan microbrand oceanx

Bahkan, kalau dibandingkan dengan model-model OceanxX yang sebelumnya di tahun 2020-an. Berbahan solid 316 stainless steel dengan dual finishing yang rapi dan satu hal lagi yang sangat positif soal bracelet ini adalah artikulasinya, benar-benar fleksibel tidak ada yang stuck. Walaupun, ukuran braceletnya tebal hanya emang sayang ujungnya memakai male endlink. Jadi, menambah efektif lug to lugnya jauh lebih panjang. Kemudian, tentunya bagian claspnya juga memakai yang premium clasp. 

Berikutnya, hal positif yang ke-3 yang bisa dihighlight adalah tentunya luminousnya. Merk ini memang tidak pernah fail kalau soal ini, sadar betul kalau lineup-lineup yang mereka produksi mostly Dive Watch.

jam tangan microbrand oceanx
Begitupun dengan luminous yang mereka aplikasikan di jam tangan ini. Luminous benar-benar bagus. sangat terang, sangat responsif dan sangat durable dengan Superluminova BGW9. Bagian bezel markernya pun mereka kasih luminous dengan kualitas yang sama. Kecuali yang varian Stainless Steel Bezel.

Berikutnya adalah soal bezelnya, tidak tahu ini hal positif ataukah negatif. Karena GMT biasanya bezelnya bisa diputar dua arah atau bi-directional. Tapi OceanX yang satu ini malah bikin kaya Dive Watch, 120 click uni-directional rotating bezel walaupun tetap aksen bezel yang super solid sangat ferm dan tanpa backplay sama sekali.

jam tangan microbrand oceanx
Diyakini mereka tahu persis kelemahan China Factory, yang biasanya kalau bikin bi-directional rotating agak kurang bagus. Tapi tetap akan lebih pas lagi dengan konsep GMT kalau dibuat bi-directional rotating bezel.

Terakhir yang paling dihightlight dari jam tangan ini adalah dimensinya, sebenarnya tadi udah dimention karena kalau 40 mm is the best buat jam tangan GMT.

Tapi, mungkin karena pertimbangan toleransi buat orang-orang yang punya pergelangan tangan gede, makannya mereka memutuskan diameternya adalah 42 mm yang artinya mau sebagus apapun jam tangan ini, tidak bisa dipakai untuk pergelangan tangan yang kecil.

Cocoknya buat kalian yang punya pergelangan tangan gede dan suka jam tangan yang bobotnya berat karena jam tangan ini berasa heavy banget dengan bobot hampir 200 gram.

jam tangan microbrand oceanx

Secara konsep diyakini ini bakal tetap menuai pro dan kontra. Konsep lazy homage selalu jadi perdebatan sampai kapanpun.

Tapi yang harus diapresiasi adalah keseriusan mereka buat menempatkannya di kualitas premium dengan konsistensi yang selalu mereka jaga dalam hal kualitas dan detail finishing execution. Ditambah dengan spesifikasi teknis yang bagus banget untuk sebuah mechanical GMT yang dibandrol 7,5 jutaan.

Mereknya dari Hongkong, diyakini dibuatnya di China, movement Jepang dengan inspirasi jam tangan buatan Swiss itulah OceanX.

Untuk mendapatkan OceanX GMT, silahkan order dengan mengklik tombol berikut:

Tokopedia Horology Store