Kebanyakan orang menilai industri replika tidak hanya jam tangan, adalah kriminal, kejahatan yang besar dan kejahatan yang luar biasa, terutama kalau dilihat dari sudut pandang nilai intelektual atas hak cipta, lebih kelihatan benar lagi kalau dilihatnya dari sudut pandang pelaku-pelaku industri jam tangan asli, yang merasa dirampas ciptaannya dan dirugikan secara keuntungan.

Tapi jika kita lihat dari sudut pandang ekonomi, saya tidak melihat hal ini salah, sederhananya ADA DEMAND ADA SUPPLY, tidak tahu siapa yang mulai duluan, tapi semuanya berawal dari perdebatan antara SOSIAL STATUS, GAYA HIDUP dan KEUANGAN, inilah sumber mulainya, banyak pekerjaan yang kadang menjadikan jam tangan sebagai acuan level kehebatan dan kekayaan dengan mempertontonkan, merek-merek jam tangan terkenal, sebut saja pengacara, artis, manager sebuah perusahaan, bahkan sales, yang memaksa mereka untuk ketemu sama klien atau tampil di publik. akhirnya menjadikan jam tangan replika atau jam tangan kw menjadi solusi atas masalah aktualisasi identitas.



Beberapa hal, menurut opini saya pribadi mengapa diduga kuat China adalah sumber jam tangan KW :
 

#PERTAMA, hampir semua jalur distribusinya ada dibeberapa shopping center di China, biasanya di GUANGZHOU, atau TIANJIN, proses produksinya sangat dirahasiakan, pelaku-pelakunya juga sudah otomatis tidak pernah muncul di publik, ada yang pernah bilang katanya industri jam tangan KW itu adalah sebuah home industri, tapi saya tidak percaya, karena produk-produknya sangat konsisten, berkelanjutan dan diproduksi dalam jumlah yang banyak.

#KEDUA, saya yakin industri ini dikontrol sama satu penguasa besar, saya tidak tahu apakah itu disebutnya mafia atau bukan yang menggerakkan semuanya, bisnis jam tangan replika ini menjadi sangat rapi dan sangat terpola.

#KETIGA, saya sangat yakin produksinya ada di pabrik-pabrik yang memang memproduksi part-part jam tangan dari mulai case, movement, bracelet, crystal dan lain-lain, yang dikelola secara terpisah tapi tetap sinergik satu dengan yang lain apakah ada campur tangan pemerintah dalam mengontrolnya saya yakin tidak, tapi kalau dibilang ada kontribusi ke pemerintah, mungkin saja.

Selain itu jalur distribusi lain adalah juga melalui jalur online, banyak sekali website-website dari China yang menjual jam tangan jam tangan replika, ada juga yang melalui forum atau melalui platform market place yang membuat penyebarannya menjadi lebih masif ke seluruh dunia, selain itu juga didistribusikan secara masif ke negara-negara lain melalui importir importir di masing-masing negara sehingga hampir di masing-masing negara punya satu kota atau tempat yang sangat dikenal sebagai pusat penjualan jam tangan replika.

GRADING, adalah bagian yang paling yang membingungkan, karena terminologi yang dipakai dalam grading jam tangan replika ini banyak sekali, tapi saya coba merangkumnya menjadi 3 Grade :

PERTAMA, adalah Grade/level yang paling BAWAH, lazim disebut sebagai B-Grade atau Grade B atau lebih dikenal dengan istilah KW 1 atau KW 2, kisaran harganya mungkin dari mulai Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 500.000, movement yang dipakai adalah movement murah dari china dan ini jauh sekali aslinya.



KEDUA, adalah Grade TENGAH, lazim disebut dengan A-Grade atau Mid Grade, mungkin kalau di sini disebutnya KW super, harganya mungkin ada di kisaran Rp. 700.000 sampai dengan Rp. 1,5 juta, lumayan mirip build qualitynya juga jauh lebih baik, kebanyakkan menggunakan movement quartz jepang atau menggunakan movement automatic made in China.

KETIGA, adalah Grade yang paling TINGGI, atau biasa disebut juga dengan one to one grade, ini adalah grade yang paling bagus, dan grade ini kualitasnya juga sangat mirip, semua detailnya mirip, build qualitynya bagus dan movementnya bahkan benar-benar mengkopi aslinya, contohnya kedua jam tangan yang dibawah ini, bentuknya mirip, bobotnya juga mirip detailnya juga rapi dan movementnya pun mirip, bahkan ada satu buah pabrik yang khusus yang membuat movementnya sendiri, memang dikhususkan meniru movement aslinya.



itulah kira-kira gambaran saya mengenai tingkatan/grade atau level-levelnya, dan ini sudah saya rangkum menjadi sebuah bahasa yang umum karena memang istilah-istilah tersebut sering digunakan. Selain itu yang sangat perlu kita perhatikan, grade-grade yang tadi saya sebutkan tersebut tidak ada patokan formalnya, jadi sangat rawan dengan penipuan, hal ini bisa saja membuat kita membeli jam tangan replika yang paling mahal tapi sebenarnya kita mendapatkan yang mungkin level tengah, JADI KITA HARUS TAHU DULU ASLIINYA, maka kita bisa tahu, gradenya apa.

Dan ada beberapa mitos di seputar jam tangan replika yang mungkin perlu kita ketahui, antara lain :
MITOS YANG PERTAMA
, jam tangan Swiss replika adalah replika buatan dari Swiss dan menggunakan mesin Swiss, untuk mitos ini, jawaban saya 100 persen bukan, seperti yang kita tahu, China membuat movement replikanya Swiss seperti misalnya movement ETA dan keluarlah Movement yang dikenal dengan CHINESE ETA atau ASIAN ETA dan itulah kw-nya ETA, dan movement inilah yang biasanya dipakai buat grading paling tinggi, walaupun tetap ada yang pakai swiss ETA asli tapi tidak banyak dan harganya pun menjadi lebih mahal.

MITOS YANG KEDUA, replika Grade tertinggi secara fisik sama dengan aslinya, ini juga salah, paling mirip mungkin iya, itu juga kalau dilihat secara kasat mata, secara tampilan sangat mirip mendekati aslinya, detail-detailnya mirip dan sangat rapi, braceletnya juga solid, claspnya juga premium sama seperti aslinya, tapi kalau dipegang ya tetap beda sama aslinya, menurut saya kilaunya pun juga berbeda, kehalusan finishing-nya berbeda, feel braceletnya juga beda, tidak halus, tidak lentur, walaupun kalau dari sisi bobot kurang lebih mendekati,

MITOS YANG KETIGA, kalau kita datang ke China maka akan dengan mudah, menemukan jam tangan replika yang terbaik yang bisa kita dapatkan, kita bisa sangat mudah menemukan grade yang di bawah, tapi lagi-lagi sebagai orang asing, kita juga bisa ditipu dan diberikan harga yang mahal, tapi coba saja, kita bakal sulit menemukan grade yang tertinggi dari jam tangan replika yang beredar di sana dengan mudah, mereka seperti menyembunyikan, kalau ada yang tanya baru dikeluarin dan distribusinya dilakukan secara lebih khusus lagi, padahal di tempat-tempat penjualannya ditulis larangan memperjualbelikan counter fake items, sementara isinya dari trade center itu adalah barang-barang KW semua, tapi begitulah faktanya.



Dan menanggapi industri jam tangan replika yang berkembang saat ini, saya punya pandangan sendiri yang mungkin bisa berbeda, saya sering sekali sampaikan kalau jam tangan itu bukan seharusnya dijadikan perdebatan karena jam tangan itu adalah something yang bersifat sangat personal, bukan buat dipertontonkan ke orang lain, bukan sebagai status sosial, benar-benar suatu benda yang mencerminkan diri kita sendiri, saya tidak pernah menyalahkan keberadaan jam tangan replika, mereka hadir karena hukum ekonomi, bagi saya jam tangan itu bukan buat membodohkan orang lain, murni hanya buat diri sendiri.

jika kita sudah hobi sama jam tangan dan mengapresiasinya dari sudut pandang yang berbeda, saya yakin pasti ada saja ada yang membelinya di harga resminya, saya pun juga akan melakukan hal yang sama, saya akan membelinya dan akan memakainya.
ada hal yang saya sangat setuju dalam hal ini, yakni di pelanggaran merknya. dan hal ini tentunya membuat kerugian bagi pemilik brand / produsen jam tangan, jika ada orang yang masih menggunakan jam tangan replika ya mungkin mereka memang belum hobi jam tangan, belum tentu karena mereka belum punya uang, hanya artinya bukan jam tangan yang mereka apresiasi, KALAU KITA BISA MENGAPRESIASI KARYA YANG MENCIPTAKAN JAM TANGAN MAKA SAYA YAKIN KITA TIDAK AKAN MEMBELI JAM TANGAN REPLIKA.