Tak bisa dipungkiri jam tangan berkonsep Homage, adalah bagian dari dunia Horologi banyak merek-merek besar, yang desainnya bagian-bagian tertentunya mirip antara satu dengan yang lain dan para watch antusias pun menerima dengan konsep tersebut.

Tapi kalau bicara kita bicara konsep LAZY Homage contoh seperti yang ada di jam tangan San Martin, maka ceritanya lain…

Fenomena jam tangan berkonsep lazy Homage yang artinya desainnya mirip 98% dengan salah satu merek jam tangan tertentu memang selalu menuai pro dan kontra.

San Martin yang satu ini misalnya, desain nya mirip sekali dengan Rolex submariner 1266 10LN, orang-orang yang mendukung konsep Homage atau yang Pro Konsep ini jumlahnya juga banyak.

tapi yang kontranya pun tidak kalah banyak buat orang-orang yang Pro terhadap konsep Lazy Homage ini mereka bilang yang penting mereknya beda sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai PALSU, tapi buat orang-orang yang kontra terhadap konsep ini mereka tetap bilang ini PALSU karena desainya mencontek merek tertentu sama persis, tidak kreatif hanya beda dimereknya saja.

Saya sendiri bukan seorang penentang konsep Homage hanya saja, kalau buat konsep Lazy Homage, seperti yang ada di jam tangan San Martin, jujur secara pribadi saya tidak akan pakai bukan karena saya anti tapi saya merasa belum punya alasannya saja, Kenapa saya harus beli dan pakai jam tangan berkonsep Lazy Homage..??



tapi apapun itu ya masih bisa diterimalah, justru Ini yang ingin saya bahas di topik kali ini, kira-kira apa sih alasan orang-orang beli jam tangan berkonsep lazy Homage, kalau menurut saya ada lima, yakni :

  1. Yang PERTAMA, adalah ALASAN TIDAK TAHU, TAPI SUKA, orang-orang yang ada dalam kategori ini mereka tidak tahu kalau, jam tangan San Martin mirip dengan Sub Mariner 1266 10LN, tapi orang-orang ini tahu kalau desain seperti ini adalah desain yang sporty dan bagus, dan mereka sering lihat orang-orang menggunakan jam tangan dengan desain yang kurang lebih sejenis
  2. lalu yang KEDUA adalah ALASAN APRESIASI DESAIN, SESUAI DENGAN ARTI DARI KATA Homage ITU SENDIRI, yaitu TRIBUTE terhadap sebuah karya desain tertentu, ada orang-orang yang membeli jam tangan berkonsep Lazy Homage karena mereka sangat suka, sangat mengapresiasi desain dari inspiratornya, jam tangan San Martin SN019 misalnya, desainnya sama persis dalam hal mencontek desainnya Rolex Submariner terbaru yaitu yang model references 126610LN, dan desainnya Rolex submariner adalah sebuah desain yang ikonik hampir semua watch antusias suka dengan desainnya Rolex Submariner, simple, sporty, elegan dan berkarakter, inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang membeli jam tangan berkonsep lazy Homage, seperti contohnya San Martin, karena mengapresiasi desain ikonik dari Rolex Submariner.
  1. alasan yang KETIGA adalah ALASAN ENTRY POINT, orang-orang dalam kategori ini, biasanya adalah orang-orang yang baru masuk ke dalam dunia horologi, tapi tidak menutup kemungkinan juga orang yang sudah lama sebagai watch antusias, sebelum mereka memutuskan untuk membeli Rolex Submariner 126610LN yang harganya mahal, mereka berpikir ada baiknya saya mencoba dulu bagaimana rasanya, dengan cara membeli jam tangan berkonsep lazy Homage, karena desainnya sama, lugsnya juga sama, qualitynya juga bagus, dimensinya juga kurang lebih sama, jadi akan sangat representative sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sang inspiratornya.
  2. lalu alasan yang KEEMPAT kalau menurut saya adalah ALASAN FINANCIAL, simpelnya karena memang belum memiliki kemampuan untuk membeli Rolex Submariner 126610LN yang harganya super mahal, Belum mampu atau tidak mampu atau memang tidak punya rencana untuk membeli Rolex tersebut tapi suka sama model Rolex tersebut, daripada belum mampu, daripada tidak mampu, mending beli saja yang Homagenya. Lagipula ukuran lugsnya sama, hanya beda di mereknya saja.
  3. dan alasan yang KELIMA adalah ALASAN TIDAK PEDULI YANG PENTING BUKAN JAM TANGAN KW, ini saya rasa adalah alasan yang terbanyak yang setidaknya banyak saya temui, intinya adalah orang-orang ini suka jam tangan Rolex Submariner 126610, misalkan dan mereka sudah cukup terwakili dengan membeli jam tangan San Martin SN019, yang penting, menurut mereka, kategorinya bukan jam tangan palsu, mereknya beda, kemudian harganya juga terjangkau, kualitasnya juga bagus, buat apa beli yang mahal-mahal.


Itulah kira-kira 5 alasan menurut saya, kenapa orang-orang suka dan mau membeli jam tangan berkonsep Lazy Homage seperti yang ada pada jam tangan Sari Martin.

Buat orang-orang yang kontra, apapun alasan yang tadi saya sebutkan, buat mereka tetap, desainnya tidak original, design mencontek desain jam tangan yang lain, hanya beda di mereknya saja, dan rata-rata jawabannya hampir sama setelah saya tanya, saya males, kalau ditanya sama orang, “Kamu bayangin saja, kalau saya lagi pakai jam tangan San Martin, terus ada temen ketemu saya, terus mereka bilang wah pakai Submariner tuh, kira-kira bagaimana cara saya menjelaskannya…"

tapi ok lah diluar dari itu semua, Apakah kita salah, kalau beli jam tangan yang berkonsep Lazy Homage??, kalau menurut saya, SAMA SEKALI TIDAK ADA YANG SALAH, walaupun saya bukan seorang yang akan membeli jam tangan berkonsep Lazy Homage..

Dan ini kembali lagi ke pandangan masing-masing, apakah kita yang termasuk yang Pro maupun yang Kontra terhadap jam tangan yang berkonsep Lazy Homage..??
kalau kalian termasuk yang mana, Pro terhadap jam tangan Lazy Homage atau yang Kontra..??