Pada bulan Desember 1968, Astronot NASA Frank Borman, Jim Lovell, dan William Anders adalah seorang yang pertama melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan roket Saturns V. untuk memperingati misi ini, Omega Speedmaster Dark Side of The Moon Apollo 8 mendapat sambutan yang luarbiasa pada tahun 2018 dengan cepat menjadi edisi Speedmaster yang sangat disukai diluar seri Moonwatch.



Sebelumnya pada tahun 2018 Omega memperkenalkan Speedmaster Dark Side of the Moon Apollo 8 untuk memperingati 50 tahun misi di mana para astronot melihat sisi lain Bulan untuk pertama kalinya. Sekarang tahun 2024, dan jam tangan tersebut mendapatkan pembaruan, mengawali apa yang kami harapkan menjadi tahun yang luar biasa bagi para pecinta Speedy Series.



Omega yang sekarang memperkenalkan versi baru dari Speedmaster Apollo 8. Jam tangan ini tidak hanya memiliki kaliber baru (3869) dan sertifikasi Master Chronometer, tetapi kalian juga akan menemukan elemen desain pada jam tangan ini. Memiliki tingkat detail yang jauh lebih baik. Ditambah lagi, jam tangan ini memberikan penghormatan kepada penerbangan luar angkasa pertama yang menggunakan roket Saturnus V dengan cara rapih yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya.



Speedmaster Dark Side of the Moon Apollo 8 dengan no ref. 310.92.44.50.01.001 baru ini menggunakan kaliber baru 3869. Ini berdasarkan pada kaliber 3861 yang menampilkan representasi permukaan bulan yang dibuat melalui laser ablation. Dibagian depannya kalian akan melihat bagian bulan kalau dilihat dari bumi pada malam hari. Untuk casebacknya menunjukan “Dark Side” bulan yang dilihat astronot untuk pertama kalinya pada tahun 1968.



Lebih dekat ke bagian dialnya, kalau kalian perhatikan dibagian dialnya sangat detail dan rapih sekali. Ini karena finishing ablasi laser yang sudah maju dan sekarang menggunakan resolusi yang lebih tinggi. Memiliki detail tertentu mulai dari kawah bulan menjadi lebih gelap lebih detail dan sangat rapih, kalau kita melihat detail dialnya sejenak, kita juga melihat bahwa ruang di bawah sub-dial jam 9 lebih dalam dari pendahulunya. Dan ini memberi jarum detik kecil baru yang lebih banyak efek sangat nyata. Jarum sub-detik sekarang menjadi versi miniatur dari roket Saturn V. Hands ini terbuat dari titanium Grade 5 dan di bentuk menjadi roket melalui teknologi laser, Untuk semua finishingnya sangat rapih.



Selain jarum penunjuk sub-detik yang baru, jarum penunjuk menit dan jarum penunjuk detik kronograf berwarna kuning juga berubah; sekarang bentuknya lebih domed. Screw yang terlihat berada di tempat yang tidak terlalu menonjol. Dial semi-skeleton tetap sama, kecuali untuk penanda jam. Penunjuk jam ini sekarang miring dengan dua sisi. Logo Omega dan Speedmaster juga dibuat dengan pernis putih dan kuning.



Untuk bagian casenya kita dapat melihat bahwa bahannya ini ceramic case dengan ukuran 44,25mm memiliki bentuk yang baru juga. Sama seperti model Speedmaster Professional 42mm saat ini, edisi Apollo 8 yang baru ini menggunakan bentuk yang didasarkan pada generasi keempat Speedmaster (105.012). Casing ini memiliki ketebalan 12.97mm dan berukuran 50mm dari lug ke lug.



Kontruksi casebacknya sangat lah rapih. dengan versi baru berbasis kaliber 3869 ini dan pelat movement yang berbentuk bulan begitu nyata. Lalu bagian caseback ceramic hitam memiliki kutipan yang sama dari Pilot Komando Apollo 8, Jim Lovell: "We’ll see you on the other side." Namun, sekarang, warnanya hitam di atas hitam, dengan kontras yang cukup untuk membuatnya mudah dibaca.



Mesin jam 3869 menawarkan cadangan daya yang lebih lama dari 1869 sebelumnya dan dilengkapi dengan escapement Omega Co-Axial. Seluruh jam tangan ini telah diuji dan disertifikasi sebagai Master Chronometer oleh METAS. METAS sendiri adalah Master Chronometer bersifat komprehensif dan mencakup karakteristik fungsional utama sebuah arloji, termasuk presisi, ketahanan terhadap medan magnet, kedap air, dan cadangan daya. Standarnya sangat tinggi, dimulai dari ketepatan. Ini berarti jam tangan ini akan berjalan antara 0 dan +5 detik per hari secara rata-rata. Detail lain yang sangat bagus adalah ukiran berlian positif dari nama Omega dan nomor kaliber.

Jam tangan ini menggunakan Rubber Strap dibagian dalam dan di stich dengan warna kuning. terasa sangat nyaman. Dark Side of the Moon Apollo 8 kini menggunakan clasp yang terbuat dari titanium berlapis ceramic dengan mekanisme penutupan ceramic. Tali ini mengecil dari 21mm di antara lugs menjadi 18mm di bagian claps.



Jam tangan ini menggunakan water resistant 5 bar (50 metres / 167 feet), ketahanan air jam tangan ini sangat khas Speedmaster. Namun, sekarang jam tangan ini (seluruhnya) disertifikasi oleh METAS, maka jam tangan ini juga dijamin tahan air. Kalian bisa berenang dengan jam tangan ini, tetapi tidak bisa menyelam. METAS mengujinya hingga 50 meter + 10%, sama seperti model Moonwatch standar saat ini. Menggunakan Luminous Superluminova yang dilapisi bahan Enamel warna putih yang sangat terang dan durable.

Jam tangan ini dibandrol dengan harga US$ 14.300, jika kalian ingin mengoleksi jam tangan ini kalian bisa langsung kunjungi websitenya OMEGA, dan kalian ingin mengoleksi jam tangan chronograph lainnya bisa langsung cek website HOROLOGYSHOP