PACKAGE

Langsung aja kita lihat fFnal Product dari RZE Fortitude yang prototypenya sudah pernah direview sebelumnya. Seperti yang kalian lihat kotaknya masih sama kayak model-model sebelumnya, hanya saja ukurannya lebih ramping tidak selebar dengan model-model sebelumnya, yang artinya ukuran dompet di dalamnya pun lebih ramping.

Nah ini dia jam tangannya Fortitude Turboteal Final Product, perlengkapannya seperti biasa ada obeng dan yang satu ini dikasih kayak gini gantungan kunci Remove Before Flight.

Lalu di belakangnya bertuliskan model name, manufaktur serial number, manufacture date, type, contract number dan lain-lain very nice touch.



REVIEW

Kualitas jam tangannya ketika kedua jam tangan ini disandingkan, seketika kentara banget perbedaan overall finishing casenya juga braceletnya, yang final product kelihatan lebih shiny dibandingkan yang prototype

Ini bukan karena yang Prototype udah dipakai berapa minggu atau bukan karena perbedaan materialnya, tapi memang untuk final product model Fortitude ini finishing-nya berbeda dengan prototype.

Prototype finishingnya sandblasted sama kayak model-model RZE sebelumnya, sementara buat Final Productnya berikan finishing brush bukan polish dan keduanya sama-sama berbahan Titanium Grade 5, yang dilapisi oleh Coating signaturenya RZE yaitu Ultrahex, sehingga lebih mampu menahan goresan dan ini sudah terbukti 

Oke, secara desain tidak ada sama sekali yang berubah, konfigurasi dialnya juga tidak ada yang berubah dan bagian ini yang disuka, dialnya bertekstur, marker-markernya sandwich, garis-garis minute tracker dan angka-angka kecil yang dibuat sangat rapi.

Walaupun di permukaan yang bertekstur lalu dibuat sektor dial, very legible hands dan date-window berbentuk bulat yang dieksekusi dengan baik. Warna date background-nya match dengan font berwarna putih, semuanya dibuat benar-benar rapi banget, sama sekali tidak ada issue di bagian ini.

Model yang dibahas kali ini adalah varian Turbo teal yang diberikan sentuhan gradasi atau fume dari warna hitam ke warna teal, warnanya cakep ngedoff dengan dial yang benar-benar legible. Pas sekali untuk sebuah Pilot Watch, walaupun tidak ada angka yang besar-besar karena marker-marker utamanya berfinishing sandwich stick marker, untuk varian lainnya silakan cek di website-nya RZE.


Untuk bagian kristalnya memakai flat sapphire crystal dan anti reflective nya cakep banget, dialnya benar-benar clean bahkan kayak tidak ada kacanya. Dan satu hal yang unik juga adalah di bagian bezelnya, gerigi-geriginya dibuat menyamping dan ini Static alias tidak bisa diputar.

Finishingnya kelihatan lebih mengkilap dan ini dieksekusi dengan sangat baik sama seperti bagian case-nya, bagian sampingnya terlihat lebih mengkilap juga dibandingin dengan yang prototype dan eksekusinya juga cakep banget. 

Lalu ada satu hal lagi yang dihighlight di pembahasan sebelumnya adalah bagian crown-nya, big crown khasnya Pilot Watch bentuknya cakep geriginya rapi dan grippingnya ini enak banget, screw down crown dan begitu kuncinya terbuka crownnya seketika pop out keluar

Dengan gap yang lumayan dan dikasih aksen warna merah di bagian crown tubenya yang terinspirasi dari tagline Remove before the flight dalam dunia Aviation, garis merah ini sebagai penanda kalau crown-nya sedang tidak dalam keadaan terkunci. Pastikan setelah setting waktu di kunci lagi sehingga garis merahnya tidak kelihatan and You are good to go.

Seperti inilah Kalau Pilot Watch di desain oleh seorang Pilot profesional, sang founder dari merk ini adalah profesional komersial Pilot di sebuah maskapai penerbangan Internasional.

Oke, move ke bagian caseback, bagian ini dibuat Solid berbahan Titanium dengan engraving yang minimalis dan bagian braceletnya juga kelihatan lebih mengkilap berbahan Titanium yang dilapisi Ultrahex juga dan Kalau menurut pribadi sih ini bagus ya karena selama ini banyak juga orang-orang yang tidak terlalu suka Titanium karena aksennya terlalu ngedoff tidak kelihatan kinclong.

Nah yang satu ini adalah jawaban buat orang-orang tersebut, Titanium dengan finishing brush ini berhasil bikin aksen Titanium yang lebih mengkilap lebih kelihatan elegan tanpa mengurangi lapisan Ultrahex-nya, jadi lebih tahan goresan dibandingkan dengan Titanium yang biasa.

Movementnya tidak mengalami perubahan memakai Seiko NH35A, running di frekuensi 21.600 VPH, 24 jewels power reserve sampai dengan 42 jam, dan jam tangan ini hanya mendukung Water Resistant 100 meter.

Secara finishing kalau menurut pribadi, ini keputusan yang tepat untuk merefresh model-model RZE. Jadi, tidak semua model-modelnya ngedoff, tapi secara harga kalau menurut pribadi agak lumayan mahal, harganya 8,9 Jutaan.

Well, apa yang bisa dihighlight sebagai pembenaran dari harga tersebut untuk sebuah jam tangan yang ber-movement Seiko NH35 harganya hampir 9 juta. Kalau menurut pribadi ada beberapa hal lain yang masih bisa dilihat selain dari movementnya

It’s Titanium Grade 5 dengan Ultrahex Coating dan tentunya Titanium lebih mahal daripada stainless steel, extremely well build, Advance dial, Brush Finish Titanium yang hasilnya cakep luminous yang berkualitas dan sudah dilengkapi teknologi anti magnetik tech dengan ketahanan sampai 20.000 ampere per meter

Untuk mendapatkan RZE Fortitude, silahkan klik tombol berikut:

Tokopedia Horology Store