Trematic Watch Co. sebuah perusahaan jam tangan besutan Swiss made yang dahulu sudah sangat lama tidak beroperasi lagi karena kena dampak quartz crisis. Setelah itu merek Trematic dihidupkan oleh perusahaan dari Italy Pada tahun 2022 dengan tujuan menghidupkan kembali merek yang telah meninggalkan jejak di zaman keemasan pembuatan jam tangan. Trematic Maison, yang berbasis di Genève, telah membuat mahakarya sejati selama tahun lima puluhan dan enam puluhan: fase bulan, kalender tiga kali lipat, dan komplikasi luar biasa lainnya. Perusahaan ini telah mengambil bagian dalam operasi cobranding bergengsi dengan merek-merek besar di bidang perhiasan dan arloji. Seperti banyak rumah Swiss lainnya, rumah ini menghentikan aktivitasnya karena krisis kuarsa pada tahun delapan puluhan, tetapi sekarang jalan baru telah dimulai.



Trematic ini bukan lah merek baru, merek ini sudah ada di Swiss sejak tahun 1950 dan merek ini sangat misterius tidak banyak orang yang menceritakan merek ini dan tidak banyak data yang ditemui banyak orang. Trematic dulu terkenal dengan jam tangannya di model Triple Calendat Moon-Phase yang sudah susah untuk ditemui sekarang ini. Trematic juga merupakan independence watch brand yang menggunakan movement perusahaan lain dalam hal ini adalah movement yaitu Felsa.

Felsa adalah perusahaan yang berbasis di Grenchen (CH) yang lahir pada tahun 1918 dan menjadi bagian dari Ebauches SA pada tahun 1928. Saat ini, merek Felsa adalah bagian dari Swatch Group. Mesin jam ini adalah yang pertama, setelah paten Rolex berakhir, yang ditenagai oleh rotor belitan dua arah, sebuah inovasi hebat pada masa itu, yang sekarang digunakan pada semua mesin jam otomatis di seluruh dunia.



Sekarang merek ini dipegang oleh perusahaan Italy dan konsep jam tangan ini dibuat Swiss-Made. Model pertama yang dibuat oleh Trematic Watch Co sejak dibeli oleh perusahaan Italy adalah jam tangan yang berkonsep SKIN di model AC 14, dengan design yang tidak menciri khaskan Trematic watch jaman dahulu. Setelah realesenya model kedua ini baru bisa dibilang ini baru Trematic Watch walaupun tidak sama dengan model yang lamanya tapi setidaknya konsepnya sama yitu Retro Dress Watch dan ini adalah model ZY 6 varian PERSIANO sector dial style yang bikin aksen retronya sangat solid sekal.



Model ini mereka buat 7 varian yaitu Tortora, Avorio, Ossidiana, Sacremento, Borgogna, Antico. Semuanya dibikin limited edition masing-masing varian hanya dibuat 300pcs dengan individual serial number, diameter jam tangan ini adalah 38mm, dengan ketebalan 11,1mm including crystal, lalu lug to lug adalah 44mm dengan lebar lug 20mm, Swiss-Made watch 316L stainless steel, domed crystal memiliki 3 layer sector dial, solid caseback lalu strapnya menggunakan Vegan Leather Strap dengan Movement Swiss Selita SW-200 running di frequency 28,800vph, 26 jewels power reserved hingga 38 jam dan untuk jam tangan ini water resistantnya 100meters untuk keluruhan spesifikasi jam tangan ini sangat bagus sekali.



Bagian yang paling menarik adalah dibagian dialnya, memiliki Retro sector dial dengan perpaduan warna yang sangat kontras. Dialnya terdiri dari tiga layer, Layer paling bawah yitu main dialnya dibuat bertekstur memiliki finishing yang sangat rapih. Untuk main dial ini memiliki 4 garis dialnya yang dikenal dengan sector dial style seperti ini sangat Retro, lalu logo Trematic Watch Co nya ditaro dibagian atas main dial diprint berwana putih, diposisi jam 3 ada date window dengan frame biru yang sedikit overlap, dibagian main dial bawah hanya tertulis Automatic sangat simple. Untuk handsnya juga simple bergaya dauphine hands sedikit kasih ruang untuk luminousnya sangat rapih.



Lalu untuk sector yang kedua ada di atasnya main dial dengan finishing yang berbeda selain warnanya yang kontras bagian ini juga dikasih finishing circular brush yang sangat rapih, sementara dibagian terluarnya dikasih minute tracker yang diprint warna hitam tentunya ada tulisan swiss made dibagian paling bawah dialnya lalu yang ketiga sektornya marker jamnya dibuat applied berwarna silver shapenya menyeimbangkan dengan gaya douphine hands jarum-jarumnya selain itu disetiap markernya dikasih ruang kecil untuk luminous. Dan satu lagi yang menarik adalah dibagian re-out nya kalau jam tangan lainnya dibiarkan polos untuk jam tangan ini memilih melakukan ekstra effort dengan meng-ingrave bagian re-outnya dengan tulisan TREMATIC mengelilingin re-out sangat menarik finishingnya juga rapih dan cukup niat.



Untuk casebacknya di buat tertutup solid caseback, tidak memperlihatkan movementnya tapi walaupun begitu detail belakangnya cukup advance dengan 3D stamping dikuatkan sama 6 baut, ditengahnya dikasih logo icon Trematic yang berada ditengah tekstur sand blasted, sementara disekeliling casebacknya diingrave spesifikasi secara umum termasuk individual serial number.



Aplikasi luminousnya sangat simple berbahan Superluminova dengan kualitas yang sangat bagus, sangat terang, responsive dan sangat durable. Lalu terakhir dibagian strapnya memiliki Italy Leather Straps yang memadukan calf-skin dengan finishing tanaman atau sayuran yang bisa dikenal sebagai vegan leather strap dibuat padding tidak dibuat flat untuk keseluruhan built quality strapnya sangat nyaman kalau dipakai dipergelangan kita.



Untuk sebuah jam tangan Swiss-made dengan perjalanan merk Swiss yang cukup Panjang kemasan yang eksklusif. Spesifikasi dan kualitas yang bagus untuk jam tangan ini adalah yang terbaik untuk para pecinta jam tangan retro dress watch. Jika kalian mau mengoleksi jam tangan ini langsung saja kunjungi website TREMATIC WATCH CO & HSMARKET.