TRUE GMT VS OFFICE GMT.....

Apa itu True GMT dan apa itu Office GMT, sebenarnya itu hanya terminilogi saja atau sebutan yang disematkan para pencinta jam tangan buat membedakan kedua fitur GMT yang diwakili oleh kedua jam tangan otomatik GMT yang kebetulan ada di depan saya saat ini.

Dan buat menjawab ini, kita harus kembali ke sejarah, Kenapa jam tangan GMT ini dibuat?? 

sebenarnya kebutuhan jam tangan berfitur GMT ini berawal dari dunia penerbangan, di era di tahun 1950-an, dunia aviasi mulai masuk ke era komersial, dimana seluruh manusia di bumi ini punya kesempatan untuk bisa traveling lebih cepat dengan menggunakan pesawat komersial, artinya akan mulai bermunculan semakin banyak orang-orang dengan aktifitas baru yaitu sebagai Traveler, artinya juga selain dari pilot akan mulai banyak orang yang membutuhkan penunjuk waktu yang bisa mengakomodir dua atau lebih zona waktu, ketika traveling ke kota atau negara yang berbeda.

Paling tidak bakal akan butuh 2 waktu, yaitu HOME TIME dan LOCAL TIME, Home time adalah waktu rumah, atau tempat asal kita, Local time adalah waktu lokal ketika orang tersebut traveling ke suatu kota atau negara tertentu, maka lahirlah fitur GMT pada sebuah jam tangan mekanik yang dimulai oleh merek GLYCINE di model AIRMAN yang keluar ditahun 1953,

lalu dipopulerkan lagi oleh ROLEX, satu tahun setelahnya yaitu tahun 1954, melalui model yang sangat ikonik yaitu GMT Master,

kenapa nama fitur yang dipilih adalah GMT, bukan dual time, atau triple time, jawabannya adalah karena pada awalnya pilot lah yang sangat membutuhkan waktu-waktu di negara-negara yang berbeda. dan kalau urusan waktu, Greenwich Mean Time atau GMT lah yang menjadi titik nol, sebagai patokan. misalnya Jakarta GMT plus +7, Tokyo GMT +9, Newyork GMT -4 dan lain-lain. 

Tapi buat orang-orang yang bukan pilot atau sebagai reguler traveler saja. Waktu GMT mungkin tidak terlalu penting, yang penting adalah tahu local time dan tahu home time. dan pada aplikasinya, jam tangan GMT ini bisa mengakomodir kebutuhan itu. bahkan tidak cuma dua waktu, bisa tiga waktu atau multiple time zona, poin terpenting dari kegunaan jam tangan berfitur GMT adalah ketika sampai di sebuah kota, di sebuah negara misalnya, traveler harus diberikan kemudahan dalam setting waktunya, apalagi kalau yang frekwensi travelingnya sering, misalnya saya dari Jakarta harus bisnis meeting di Tokyo hari ini, lalu setelah itu saya harus langsung meeting lagi di Saint Pierre atau di negara lain. maka saya perlu sebuah jam tangan yang bisa di setting dual time nya dengan cepat. 

Itulah yang didevelop oleh merek-merek jam tangan seperti ROLEX, Grand Seiko, Longines, Tudor dan lain-lain, dimana mereka mencoba membuat movement khusus untuk mensupport easy time adjustment di kota-kota, di negara-negara yang berbeda, yang pada akhirnya movement yang mensupport fitur GMT pun berbeda-beda.

makanya ada yang disebut dengan True GMT watches, dan ada yang disebut dengan Office GMT watches. kedua jam tangan yang ada di saya misalnya, yang Tudor, saya bisa katakan ini True GMT, dan yang SEIKO ini bisa saya katakan, Office GMT, satu perbedaannya yang paling signifikan, adalah ketika setting waktunya

Jam tangan Tudor ini misalnya, Jarun GMT nya tidak bisa di set secara independent, jarumnya akan terus mengikuti pergerakan jarum jam dalam skala 24, yang bisa di setting dengan cepat adalah jarum jamnya. Seperti yang bisa kita lihat di gambar tanpa harus jarum jamnya berhenti. kita bisa setting jarum jamnya dengan cepat.

Coba kita simulasikan, misalnya saya ada di jakarta harus ke pergi ke Tokyo buat meeting. sekarang di Jakarta, jam 4 sore. Pertama saya set, jarum GMT nya menuju ke angka 16.00 yang ada di Bezel. selanjutnya jarum jamnya juga saya setting di jam 16.00 juga.

Misalkan saya harus pergi ke Tokyo perlu waktu dari Jakarta sekitar kurang lebih 7 setengah jam. Jadi 7 setengah jam ya. setelah sampai di tokyo kurang lebih jam nya menunjukkan seperti di gambar ini.

Jarum GMT nya menunjukkan jam 23.30, berarti di Jakarta adalah jam 11.30 atau setengah dua belas malam. lalu saya harus setting waktu lokalnya. di Tokyo pas saya lihat jam di bandara. adalah jam 1.30 dini hari.

maka saya tinggal setting jarum nya dengan cepat, ke jam 1.30. jadi dalam waktu cepat saya punya dua waktu. home time atau waktu rumah saya adalah 23.30. sedangkan waktu lokal time di Tokyo jam 1.30 dini hari,

misalnya saya meeting sampai jam 8 dan saya harus pergi lagi ke Saint Pierre jam sembilan. Dan itu kurang lebih butuh waktu 13 jam flight, berarti ketika saya di Saint Pierre, diperkirakan jam tanganya menunjukkan seperti gambar dibawah ini. artinya di waktu rumah saya atau Jakarta adalah jam 20.00.

Lalu saya harus setting waktu lokalnya pas saya lihat jam di bandara menunjukkan jam 11.00 siang. maka saya harus geser jarum jam nya ke  jam 11.00 seperti di gambar dibawah ini.

Jadi saya sudah punya dua waktu jam 20.00 waktu indonesia atau waktu Jakarta, sebagai home time, dan jam 11 siang waktu Saint Pierre, ditunjukkan sama jarum jamnya.

itulah kenapa jam tangan GMT dengan movement yang mampu mensupport indenpendent hours hands ini disebut TRUE GMT, artinya cocok sekali buat para true traveler, yang memang secara fisik berada di sebuah kota di negara yang berbeda bahkan mungkin bisa berpindah-pindah, dan mampu di setting dengan sangat cepat waktunya.

Dan tidak semua movement GMT mensupport, fitur Quick hours hands setting seperti ini, terutama di movement-movement yang dibuat oleh perusahaan movement tertentu untuk mensupport merek-merek jam tangan yang lain. seperti ETA atau Selitta atau yang baru yang dibuat oleh SEIKO, yang mereka sebut dengan Kaliber 4R34 yang ada jam tangan Seiko 5 Sport GMT ini, Movement nya tidak mensupport Quick Hours Hands setting. tapi yang bisa disetting secara indenpendent adalah jarum GMT nya seperti yang bisa kita lihat di gambar.

Coba kita simulasikan yang tadi dengan menggunakan jam tangan SEIKO, pertama kita setting waktu Jakarta dulu, yaitu jam 16.00, kemudian jarum GMT nya tadi di menunjukkan ke angka 16.00 yang ada di bezel, seperti di gambar bawah ini. berarti ini adalah waktu saya di jakarta.

lalu saya harus pergi ke Tokyo. dan ini memakan waktu 7 setengah jam. Berarti ketika saya sampai di Tokyo, saya sudah tahu bahwa di Jakarta itu adalah jam 11.30 malam, ditunjukkan oleh sama jam GMT. mengacu ke angka-angka yang ada di Bezel,

Dan sekarang saya harus setting waktu lokalnya, tadi pas saya sampai di tokyo adalah jam 1.30 dini hari, berarti disini jam 1.30,

tapi masalahnya jarum jam GMT nya ikut bergeser, maka saya harus setting ulang lagi jarum jam GMT nya, saya harus kembalikan lagi ke jam 23.30, jadi dua kali setting. yg pertama buat setting jarum jam nya dulu ke lokal time. karena jarum GMT nya ikut bergeser, maka saya harus setting jam GMT nya ke posisi home time saya jam 23.30.

Itulah kenapa jam tangan-jam tangan dengan movement GMT seperti yang ada di SEIKO 5 GMT ini, disebut Office GMT, karena memang tidak sepraktis, dan secepat setting waktu di Tudor yang sudah mendukung Quick Hours Hands Setting,

Dan kenapa disebut dengan Office GMT, yaitu sebenarnya hanya karena terminilogi yang bisa sematkan saja oleh orang-orang. mungkin karena sekarang ini, tidak hanya traveler atau pilot saja yang perlu tahu waktu yang berbeda-beda. 

Di era digital ini banyak orang yang punya aktivitas bisnis dengan berhubungan dengan orang-orang di kota lain. di negara-negara yang berbeda tidak harus secara fisik kita traveling ke negara tersebut, yang dibutuhkan hanya indikator waktu yang bisa menunjukkan dua atau lebih zona waktu didalam satu jam tangan.

Dan True GMT yang bisa di setting cepat sekali seperti yang tadi, sebenarnya ya tidak perlu dibutuhkan, karena movementnya juga tentunya mahal yang akhirnya jam tangan nya juga mahal.

Saya rasa cukuplah dengan GMT movement yang lebih affordable, yang penting fiturnya tetap berguna dan tidak perlu di setting harus cepat buat kita yang hanya sekedar perlu indikator waktu-waktu yang berbeda-beda.

Mungkin itu alasan nya kenapa disebut dengan office GMT, seperti jam tangan dive misalnya. yang sekarang ini sudah menjadi Desk Diver bukan lagi digunakan untuk tools untuk menyelam.

Kedua jam tangan ini memang pada akhirnya punya fungsi yang sama. Hanya bedanya yang Tudor, bezelnya statik. jadi relatif hanya bisa digunakan sebagai indikator dual time, sementara yang SEIKO ini, bezel nya bisa diputar dua arah. punya indikator dua puluh empat jam yang bisa menunjukkan tiga waktu sekaligus, atau bisa juga dijadikan sebagai multiple time zona indicator.